Hai guys akhirnya gue bisa nulis lagi di blok ini. Kali ini gue mau sedikit berbagi cerita tentang hal yang gue alami pada tanggal 9 juli 2018 pada saat gue ikut acara workshop and seminar dari festival kampung berseri astra kewirausahaan 2018 goes to UNLAM.

Jadi waktu itu nih gue mau daftar seminar kewirausahaan lebih tepatnya yang gue incar itu workshop belajar kain sasirangan.

For you information guys jadi kain sasirangan itu salah satu kain khas banjarmasin yang udah punya filosofi baik dalam pembuatan dan motifnya tapi gue gak bakalan bicarain hal itu kali ini.

Jadi gini waktu itu gue daftar nih dan taunya gue di abaikan sama si contact person registrasinya ya mungkin karena gue daftar personal seharusnya gue daftar berkelompok karena memang yang berkelompok yang bakal diutamakan. Dikarenakan gue dikacangin duhh sakit banget yah. Guepun muter otak hubungin temen –temen gue dan gue milih teman yang punya banyak group sama forum. Akhirnya gue segera deh hubungin mereka dan gotcha temen gue bawa  atas nama forumnya dan gue numpang nama sama tuh forum dan berhasil daftar.

Cobaan pertama sudah terlewati next di hari minggu gue dateng ke kampus gue buat ambil gue dateng pagi rada celingak celinguk juga bingung akhirnya ada satu orang yang lagi dalam gedung serbaguna kami tanyain dan akhirnya bisa dapet tiket. Besoknya pas hari senin 9 juli gue dateng Pagi ke TKP dan gue gak bisa masuk guys. OMG pas gue registrasi gue gak bisa ikut karena ternyata harus sama kelompok yang daftarin .  Akhirnya gue nunggu temen gue dan setelah dia datanga kita registrasi ulang sma-sama dan nih yah padahal gue sma temen guekan daftarnya workshop eh taunya nama kami gak ada di daftar peserta workshop padahal sudah daftar dan cuman bisa ikut seminar doang. Duh pas di sana hati udah rasa kesel dan sakit hati banget padahal ngincarnya workshopnya bukannya apa-apa nih guys kebetulan ada bisnis yang mau gue bangun dan gue perlu belajar secara mendalam masalah kain sasirangan walaupun gue sudah tau ada beberapa hal yang gue masih bingung.

Akhirnya kami ngikutin seminar dengan damai pas masuk nih kami duduk di depan dan terusir karena yang didepan ternyata untuk peserta marketing competition kamipun pindah  kebelakang. Seminarnya banyak membahas tentang produk kreatif atau orang yang bikin usaha kreatif dan usahanya juga punya sosial inpact yang satu namanya Nurahmi Yanti Finalis Satu Indonesia Award 2017 dengan usaha katalis yang bantuin anak-anak eksak buat bikin percobaan sama praktek such good idea dan out of the box banget sederhana tapi keren satu lagi muhammad aripin ilham finalis Satu Indonesia Award 2016 dengan rumah kreatifnya yang mengubah barang bekas jadi barang bernilai jual dan dia memberdayakan orang-orang kurang mampu di sekitarnya. Jelas gue terinspirasi banget sama mereka.

Akhirnya setelah seminar selesai, gue ketempat workshop nanyain masalah pendaftaran kami karena emang kami udah daftar dan namnaya gak masuk dalam daftar. Panitiapun nyuruh gue daftar ulang  jadi gue ikutin dan Alahamdulilah gue bisa ikut workshop. Selama workshop gue bnyak nanya karena kebutulan teknik pewarnaanya pake pewarna dingin itu hal baru menurut gue jadi gue nanya mulu gak berhenti-henti untunya sih mayan bisa gue inget yang penting gue tau diman beli alat dan perlengkapannya nya buat bkin percobaan hihihi. Sama gue nyatet dalam kepala tuh perbandingan dari zat napthol sma garamnya.

Akhirnya gue selesai di pewarnaan tuh gue orang yang angkat tangan buat ikut nyoba nyemplung warnain langsung tuh kain setelah itu kami ngeringin sambil nunggu giliran buat warna kedua sempet bertengkar sama yg lain gue mau warna coklat yang lain mau warna biru malam. Akhirnya warna biru malam yang di pake karena ternyata coklatnya habis. Setelah itu gue nyoba sendiri pewarnaan keduanya. Sambil nanya-nanya lagi hahaha.

Setelah workshop selesai ada pengumuman pemenang lagi sam acara hiburan stand-up comedy dan gue gak nyangka nama gue keluar sebagai peserta terbaik pertama workshop kreasi kain sasirangan. Entah itu karena gue banyak nanya, atau emang bikinan gue hasilnya mayan. Gue seneng banget karena bawa pulang duit alhamdulilah bisa buat nambah-nambah modal usaha Ellsy.

Oke itu aja cerita dari gue dulu yang gue bisa petik emang bener kata Allah sesudah kesulitan ada kemudahan dan gue benerin dilancarin selama belajar bikin sasirangannya. Yang gue anany-nanyamulu juga mereka jawab dengan senang hati. Sampai terhura gue. Ini juga bisa jadi pembuktian sama ortu gue kalo gue bakal bisa buka usaha di tekstil.

Special thanks buat satu Indonesia dan astra indonesia yang udah ngadain acara yang keren dan tim komunitas pecinta sasirangan yang udah ngelatih kami di workshop dan senag hati menjawab pertanyaan gue yang gak ada berhentinya.

 

btw kain sasiranganya bakan gue bkin baju di otak udah ada desainnya next kalo sempet bakal gue share di sini juga hihi.

#astraindonesia #satuindonesia #seminarkewirausahaanastra #workshopkreasikainsasirangan #kainsasirangan #kainkhasbanjarmasin #fashion #myworld #ceritaunfaedah #kisah-kisah #berbagicerita