hai ladies..

Pada tahu kan kalau kulit kita memiliki pelindung alami, alias natural skin barrier yang terletak di Stratum corneum (lapisan terluar epidermis) fungsi utama dari natural skin barrier ini adalah untuk mempertahankan kelembapan kulit, yaitu dengan cara mencegah keluarnya air yang berlebihan dari kulit. Nah , yang perlu teman-teman ketahui Di kulit kita ada senyawa higroskopis (yang mampu menyerap molekul air) dikenal dengan istilah NMF (Natural moisturzing Factor), yang di dalamnya memiliki komponen-komponen penting untuk menjaga hidrasi kulit.

Nah, NMF itu di lindungi oleh lapisan lipid (lemak memiliki sifat yang takut air) sehingga dapat mencegah luluhnya komponen NMF saat terpapar dengan air (soalnya, NMF bisa ikut hilang saat mencuci muka apabila tidak dilindungi oleh lipid ini loh ladies…) . Makanya pemilihan face/body cleanser sangat penting, karena ternyata dari hasil penelitian ada beberapa kandungan cleanser yang beredar di pasaran telah terbukti dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan barrier alami kulit kita terganggu ( dan salah satu kandungan itu adalah surfaktan).

Selain dilindungi oleh lipid, lapisan stratum korneum juga dilindugi oleh PH nya yang asam (4,4- 5.5) . Fungsi pH kulit yang asam ini adalah untuk membunuh mikroba (jamur, bakteri, virus) yang jahat dan berbahaya, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi. Lapisan asam ini dikenal dengan istilah Acid Mantles. jadi Kalau hendak memilih cleanser pilihlah yang PH nya berkisar di antara 4.4 – 5.5 nya. 🙂 agar barrier alami kulitmu terjaga

acid-mantle-1

hal-hal apa saja sih yang harus kita lakukan agar barrier alami kulit kita terjaga, saya akan merangkumnya menjadi 5 tips di bawah ini :

 

Sebaiknya memililih Cleanser (body wash/facial wash) yang tidak mengandung surfaktan) Hindari surfaktan anionic seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS) , Sodium laureth sulfate, (SLES), disodium laureth sulfosuccinat yang memiliki potensi mengiritasi kulit. bahkan pada sebuah review jurnal (Ananthapadmanabhan, K. P., et al., 2013), dikatakan bahwa 2% larutan dari Sodium lauryl sulfate dapat mengangkat 7% dari kandungan lipid di stratum korneum dalam waktu 20 menit (akibatnya barrier alami kulit terganggu)

Bersihkan wajah dengan cara yang tepat, yaitu tidak boleh terlalu sering, sehari dua kali (pagi dan malam) dan facial wash tidak boleh dibiarkan terlalu lama di kulit (tidak boleh melebihi 30 detik.. segera bilas dengan air bersih hangat-hangat kuku.Gunakan produk cleanser (facial/body wash) dengan pH yang sesuai ph kulit (4.5-5.5)

Jangan over eksfoliasi. Gunakan lulur badan satu minggu sekali, dan gunakan produk eksfoliasi untuk wajah (misalnya yang mengandung scrub atau acid) minimal 1 minggu sekali (tidak boleh setiap hari).

Keringkan kulit dengan handuk bersih dan kering after cleansing dengan cara di tepuk (tepuk) tap-tap, jangan di gosok (don”t rub)

Hindari berendam terlalu lama atau mandi dan mencuci wajah dengan air yang terlalu hangat (panas).

extra tips :

Gunakan moisturizer (pelembab) setelah membersihkan kulit
jangan Lupa minum air putih yang cukup ya,,,

 

nah, semoga dengan memahami barrier kulit dan mengikuti tips-tips di atas dapat membantu teman-teman untuk memperoleh kulit yang lembab dan glowing 😉