sketch-1528190038979681374127.png

Pernah tidak saat kalian mencoba produk sunscreen tertentu ,kalian merasa tidak nyaman dan wajah terasa lengket , berat atau berminyak. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena sediaan dari formulasi sunscreen yang digunakan tidak cocok dengan kulit anda.

Mengetahui formulasi sediaan sunscreen penting, agar kita dapat mengetahui apakah sunscreen yang diformulasikan tersebut cocok atau tidak dengan jenis kulit kita. Formulasi sediaan sunscreen terdiri atas

Emulsi ( lotion dan cream

Untuk mereka dengan kulit normal – berminyak , sunscreen dengan sediaan lotion lebih disukai, karena viskositasnya lebih rendah , dapat diratakan dengan mudah dan less greasy (tidak begitu berminyak). Mereka dengan kulit kombinasi juga terbilang cocok dengan sediaan lotion. Namun, untuk kulit kering, sediaan krim lebih dianjurkan. Sediaan emulsi sangat ideal untuk sunscreen karena banyak ingredients aktif yang bisa berikatan dengan fase lipid pada emulsi. Produk dengan SPF yang lebih tinggi biasanya akan mengandung minyak yang lebih banyak, sehingga memberikan kesan tekstur yang terasa berat di kulit dan lumayan greasy.

OIL

Satu-satunya kelebihan , formulasi sunscreen dengan sediaan minyak adalah, paling mudah diratakan di kulit dibandingkan yang lainnya, Namun karena ia menyebar secara tipis di kulit, perlindungan terhadap sinar UV pun menurun. selain itu, sediaan oil membuat pemakainya tidak nyaman, karena terasa lengket dan greasy di kulit.

GELS

Mereka dengan kulit berminyak akan lebih menyukai sediaan gel, karena mudah menyerap di kulit. Tapi saat beraktivitas atau berolahraga, dianjurkan menggunakan water based gel, karena alcohol based gel jika terkena mata saat berkeringat akan menimbulkan sensasi terbakar dan menusuk.

jadi, pilihlah sediaan yang kira-kira cocok untuk jenis kulitmu ya guys 🙂

Sumber :

Leslie Bauman Et al. 2009. Cosmetics Dermatology Principle and practice. McGrawHill