10-step-skin-care-routine-from-Korea-k-beauty-Europe-825x510
SUMBER : K BEAUTY BLOG

Skin Care Routine Korea telah menjadi daya tarik khusus bagi para pecinta skin care dunia. Dan popularitasnya pun kian menanjak tajam seiring waktu. Produk-produk dari negeri gingseng tersebut juga mendapatkan banyak sambutan positif oleh para pecinta skin-care (worldwide) karena hasil akhirnya yang bisa dikatakan sangat tidak mengecewakan . 

bagi Wanita asia, (terutama korea dan jepang), kunci utama dari kecantikan itu adalah wajah yang flawless, yaitu memberikan kanvas yang terbaik sebelum melukis sesuatu di atasnya. Jadi agar make up terlihat bagus maka skin care adalah kunci utamanya.  Sebagian besar wanita pada umumnya, akan menggunakan skin care saat aging telah terjadi, namun wanita asia sebaliknya, mereka merawat kulit mereka dengan telaten bahkan SEBELUM tanda tanda aging itu muncul.

Metode skin care korea yang paling dikenal adalah konsep layering, yaitu menggunakan skin care secara berlapis-lapis. Dengan Tujuan utama  untuk hidrasi.

apa manfaat Layering Products? Karena beberapa lapisan dari produkl-produk yang digunakan dianggap lebih efektif dalam menjaga hidrasi kulit dan membuat kulit terasa supple dalam jangka waktu yang lebih lama, daripada hanya mengaplikasikan satu lapis krim saja.

konsep pengaplikasikan multi-step korean skin care routine  sebenarnya sama saja dengan basic skin care yaitu from the lightest formula to the heaviest (dari formula yang paling ringan ke yang paling  berat)

 

Berikut adalah 10-steps Korean Skin Care Routin

  1. Double cleansing ( yaitu pertama sekali menggunakan oil cleanser, yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan sisa make up, caranya dengan cara mengaplikasikan oil cleanser pada wajah yang kering, pijat perlahan secara sirkular, kemudian bilas dengan air hangat-hangat kuku.  Kemudian dilanjutkan dengan WATER BASED CLEANSER (seperti cream, gel, foam ,cleanser) bertujuan untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa di kulit. tuangkan cleanser secukupnya pada telapak tangan kemudian oles dan pijat area wajah dan leher dengan gentle dan bilas dengan air hangat-hangat kuku. Setelah selesai keringkan wajah seadanya dengan cara menepuk nepuk wajah secara gentle dengan handuk bersih.
  2. Exfoliating (bertujuan untuk mengangkat sisa sel-sel kulit mati, sehingga memungkinkan produk-produk lain untuk penetrasi ke kulit). Langkah ini bisa dilakukan setiap minggu, atau dua kali seminggu. Bisa dengan menggunakan chemical exfoliator  seperti AHA atau BHA (yang mampu berpenetrasi ke dalam kulit dan membersihkan pori-pori lebih dalam) atau mechanical exfoliant (seperti scrub atau gula yang diaplikasikan dengan cara menggosok permukaan kulit secara gentle )
  3. Toner (berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH kulit dan menjadikan kulit tetap terhidrasi) dapat diaplikasikan dengan menggunakan kapas wajah atau dengan menggunakan telapak tangan dan jari-jari (setelah diaplikasikan ke seluruh wajah, tepuk-tepuk wajah pelan dengan menggunakan jari-jari).
  4. Essence, produk ini membantu turnover sel sambil menghidrasi dan memperbaiki kulit. (cara penggunaanya ialah  tepuk-tepuk ke wajah hingga meresap).
  5. Serum atau ampul ( berfungsi untuk mengatasi permasalahan kulit yang lebih spesifik, dengan teksturnya yang lebih kental dan konsentrasi yang lebih tinggi, cara penggunaannya sama dengan toner atau essence)
  6. Sheet Mask,  fungsi memaksimalkan proses nutrisi kulit ,  digunakan 1 atau 2 minggu sekali, dikenakan pada wajah dan didiamkan selama lebih kurang 15 menit. Biasanya sheet mask terbuat dari cotton sheet atau gel sheet yang sudah direndam di dalam serum atau essence, dan jenisnya di pasaran bermacam macam yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit.
  7. Eye Cream, berupa krim yang berfungsi menghidrasi dan melindungi area mata yang tipis dan sensitif. Cara penggunaan : gently tap, never rub (jadi ditepuk tepuk di area yang akan di aplikasikan, jangan di gosok-gosok )
  8. Moisturizer , mengunci kelembapan kulit dan menjaga agar produk yang diaplikasikan sebelumnya bertahan lebih lama di kulit dan juga memudarkan garis- garis halus ( cara penggunaanya dengan cara di tepuk-tepuk ke permukaan kulit).
  9. Sleeping pack a.k.a Sleeping mask (gunakan satu-dua kali seminggu) , memiliki fungsi yang sama dengan moisturizer yaitu untuk menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit.
  10. SUNSCREEN (TABIR SURYA) dengan SPF dan PA+  (mencegah aging dan skin cancer) Gunakan setiap hari (day time) sebagai rangkaian terakhir dari skin care routine mu.

Demikian, rangkaian 10 langkah skin care routine Korea, selamat mencoba , tidak mesti produk dari korea loh, produk dari negara apapun asalkan memiliki fungsi yang sama juga bisa dijadikan alternatif. 🙂