Produk-produk skin care yang kita miliki, tentu tidak akan efektif jika kita tidak mengetahui urutan pemakaiannya. Menggunakan skin care dengan urutan yang tepat dan sesuai akan membantu kulitmu untuk mendapatkan manfaat penuh dari produk tersebut.  Langkah termudah pengaplikasian sebenarnya cukup menggunakan metode simple ini yaitu produk yang konsistensinya paling cair selalu berada pada urutan teratas, dan produk yang formulasinya paling padat berada pada urutan terakhir (rule of thumbsnya the thinnest consistency to the thickest ) atau dari cair ke minyak. sederhana bukan?

Penggunaan skin care pun, di bagi menjadi dua pada umumnya , yaitu dari day skin care routine dan night skin care routine. Pada pagi hari, para ahli menyarankan untuk menggunakan skin care dengan formulasi lebih ringan dan yang paling penting, ” don’t forget to apply your sunscreen product”. Pada malam hari, kita boleh mengaplikasikan lebih banyak produk aktif untuk perawatan kulit tahap lanjut.

Pada ulasan kali ini, saya hanya menjelaskan basic skin care rutin, yang cukup sederhana. pada tulisan selanjutnya nanti, saya akan menjelaskan mengenai skin care routine korea yang tahapannya bisa mencapai 10 langkah, wow….

But, if u don’t really have enough time, basic is more than enough.. 🙂

1.Cleanser (Pembersih Wajah )

Glow-Mud-Cleanser-29JUL15-web_grande
Gambar di ambil dari PIXI

Membersihkan wajah itu penting, tapi jangan terlalu sering. Dua kali sehari cukup, yaitu pagi dan malam hari. Baru-baru ini, bahkan ada penelitian terbaru yang mengatakan membersihkan wajah dengan pembersih cukup sekali saja yaitu pada saat double cleansing di malam hari. membersihkan wajah terlalu sering ditakutkan akan merusakan barrier alami kulit yang berakibat kulit menjadi kering dan mudah mengalami iritasi.

Mengapa , membersihkan wajah dengan pembersih dianjurkan dua kali sehari atau sehari sekali? karena, pada saat kita beraktivitas, baik di dalam atau pun di luar  rumah, akan banyak kotoran dan debu yang menempel di kulit, jika menyumbat pori-pori akan menyebatkan timbulnya jerawat dan permasalahan lainnya. membersihkan wajah dengan pembersih dapat mengangkat kotoran-kotoran dan kulit mati tersebut, sehingga kulit kita dapat bernapas lebih lega, dan akan produk yang akan di aplikasikan setelahnya akan jauh lebih mudah bepenetrasi ke dalam kulit sehingga dapat melakukan tugasnya dengan jauh lebih efisien.

Pembersih wajah pun ada banyak macamnya, ada foam cleanser, milk cleanser, cream,  gel cleanser, clay cleanser, oil cleanser, water cleanser (saya akan menjelaskannya nanti ya guys). Pada pagi hari, bagusnya menggunakan pembersih wajah yang ringan seperti milk atau cream cleanser (karena pada malam hari nya kita sudah melakukan double cleanser kan? karena itu pada pagi hari kita tidak perlu membersihkannya lagi secara berlebihan) , jadi gunakanlah produk dengan formulasi lebih ringan.

Oia, yang perlu diingat setelah membersihkan wajah, jangan mengeringkan wajah benar benar kering  (setengah kering saja) jangan menggosok wajah dengan handuk, cara benarnya adalah dengan menepuk-nepuk wajah dengan lembut (bisa menggunakan handuk, tissue, atau towel paper) (gently tap).

2. Toner

Toner, berdasarkan manfaatnya terbagi menjadi dua yaitu, acid toners dan hydrating toner ada juga yang membuat klasifikasi baru dengan sebutan balancing toner. Toner, memiliki banyak manfaat loh. Toner merupakan cairan yang berbahan dasar air dan berfungsi mengatasi permasalahan-permasalahan kulit yang spesifik.

 Acid toner ini fungsinya sebagai eksfoliasi, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati atau sisa-sisa residu di kulit yang belum dibersihkan secara sempurna oleh cleanser, jadi ia dapat membantu mengurangi penumpukan kulit mati yang dapat menyebabkan wajah menjadi kusam sehingga kulit akan tampak lebih cerah. Nah, acid toners, bagusnya digunakan pada malam hari, dan digunakan selang seling (tidak boleh setiap hari) atau seminggu 2-3 kali untuk kalian dengan kulit sensitif (tujuangnya untuk mencegah eksfoliasi kulit yang berlebihan). Eksfoliasi kulit yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit loh.. Jadi gunakan dengan bijak ya guys.

pixi-glow-tonic
note : Gambar di ambil dari female daily 

Hydrating toner; fungsi utamanya adalah untuk hidrasi, namun ia memiliki fungsi penting lain yaitu untuk menyeimbangkan kadar PH, dan meningkatkan efisiensi skincare yang akan diaplikasikan selanjutnya. Hydrating toner ini dapat digunakan setelah acid toner (biasanya pada malam hari). Atau diaplikasikan langsung setelah menggunakan cleanser .

thayers-cucumber-side
Gambar diatas di ambil dari female daily

3, Moisturizer or Day Cream

 

vitamin-e-night-cream-1060710-vitaminenightcream50ml-3-640x640
Gambar di ambil dari The Body Shop

Moisturizer adalah salah satu step yang tidak kalah penting, dan karena sebegitu pentingnya, step ini pun tidak boleh dilewatkan. Moisturizer atau dalam bahasa indonesia kita kenal dengan istilah pelembab, yup, obviously fungsinya adalah untuk melembapkan kulit. Terlepas dari itu, ia memiliki banyak manfaat lain seperti ; memperlambat proses penuaan, mencegah inflamasi sehingga break out berkurang, memiliki ingredients aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulitmu, sebagai protektif barrier untuk melawan lingkungan luar kulit yang merusak (seperti radikal bebas), sebagai primer atau dasar make up, dan terakhir memperbaiki tekstur kulitmu. pada Malam hari moisturizer ini digunakan sebagai step (langkah) terakhir, namun pada pagi hari, langkah terakhir adalah tabir surya (sunscreen).  Ada tiga jenis Moisturizer, yaitu Moisturizer yang berupa Humectant, emollients, dan occlusiveketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Moisturizer yang berupa Humectant, mengandung ingredients yang berupa Glycerin (Glycerol), hyaluronic acid, propylene glycol, urea, dan sorbitol. Ingredients ini berfungsi untuk mencegah hilangnya kelembapan kulit dengan cara menarik air dari atmosfir ke bagian paling atas permukaan kulit. cocok digunakan untuk kulit berminyak dan kombinasi.

Moisturizer emollients mengandung ingredients yang berupa lanolin, mineral oils, ceramides, dimethicone , coconut oil, dan plants-based oil lainnya. Ingredients ini berfungsi untuk mengisi keretakan-keretakan kecil pada kulit dengan air, dan mengunci air di dalam kulit. sebagian besar moisturizer menggabungkan ingredients humectant dan emollients ke dalam produk mereka. Moisturizer ini cocok untuk kulit kering dan sensitif

Terakhir adalah Moisturizer Occlusive, yang mengandung. shea butter, petrolatum, beeswax, dan paraffin Occlusive  menyediakan protective barrier yang lebih tebal untuk mencegah hilangnya air. cocok digunakan untuk mereka dengan kulit yang sangat kering, atau bagian yang lebih tebal di area kulit, seperti telapak tangan atau kaki, lutut dan siku.

 

4. SUNSCREENS (TABIR SURYA)

 

bioree
Gambar di ambil dari allure.com

 

Sunscreens adalah produk yang AMAT SANGAT PENTING dan WAJIB digunakan di pagi, siang dan sore hari (kecuali malam) , dimanapun anda berada , baik indoor maupun outdoors dan pada cuaca serta musim apapun. Baik musim salju, musim panas, berawan, apapun ceritanya, TETAP HARUS APPLY SUNSCREEN. DID U GET IT? Kenapa? karena sinar matahari atau UV LIGHT mengandung radiasi yang berbahaya. Dan kulit kita memerlukan perlindungan ekstra yaitu produk sunscreen. sinar UVA dapat merusak jaringan dermis kulit, sehingga ia bertanggung jawab terhadap tanda-tanda penuaan dini dan kanker kulit. Sinar UVB merusak lapian epidermis dan bertanggung jawab terhadap terbakarnya dan menghitamnya kulit. Kalau mau kulit cerah dan tidak cepat tua, serta terhindar dari kanker, maka gunakanlah sunscreen ya guys. Sunscreen di bagi menjadi dua di pasaran (klasifikasi berdasarkan bahan dasar yang digunakan) yaitu mineral sunscreen dan nonmineral sunscreen.

Mineral sunscreen disebut juga (physical sunscreen), mengandung bahan dasar zinc dioxide dan titanium dioxide. jenis sunscreen ini dianggap tidak begitu iritatif karena ia hanya memberikan perlindungan di lapisan terluar kulit dan tidak berpenetrasi ke dalam kulit.

sementara non mineral sunscreen atau dikenal dengan sebutan chemical sunscreen mengandung chemicals filters seperti avobenzone, oxybenzone, Tinosorb M, dll bekerja dengan cara menyerap (mengabsorbsi) sinar UV dan mengubahnya menjadi panas.

 

5. SERUM

vitamin-c-serum-12-8940.jpg,qv=2018052301.pagespeed.ce.Oocx5wqBq5 (1)
Gambar di ambil dari SINI

Serum adalah salah satu produk skin care dengan formulasi zat aktif yang lebih poten (lebih tinggi) ( dan juga dengan konsentrasi lebih tinggi), bertujuan untuk menanggani permasalahan-permasalahan spesifik kulit. Misalnya, serum vit C untuk mencerahkan kulit, serum tea trea untuk mengatasi permasalahan berjerawat, dan lain-lain.  Serum mampu berpenetrasi lebih dalam dan hasil akan jauh lebih maksimal. Biasanya di aplikasikan setelah semua langkah dilakukan (sebelum moisturizer).

 

6. EYE CREAM ( KRIM MATA)

Krim mata adalah krim yang diformulasikan khusus untuk mengatasi permasalahan di area sekitar mata (kelopak mata atas dan bawah). Krim mata harganya biasanya mahal – sangat mahal. Dengan Tube atau jar yang sangat kecil berukuran 0,5 atau 1 oz. Benefit dari krim mata ini sendiri di dunia kosmetik masih menjadi perdebatan (Pros and Cons) Ada ahli yang mengatakan bahwa kita tidak perlu membeli eye cream, karena eye cream is waste a money, ada yang berpendapat bahwa komposisi moisturizer yang digunakan di wajah juga sama dengan komposisi eyecream, dan diambilah kesimpulan bahwa moisturizer biasa dapat digunakan juga sebagai eye cream. Namun ada juga yang menolak pendapat tersebut, yang pro eye cream mengatakan bahwa jaringan kulit kelopak mata lebih tipis  lebih fragile , lebih mudah kering, lebih mudah menunjukkan tanda tanda penuaan dan kelelahan (seperti puffiness dan dark circle) sehingga diperlukan krim dengan formulasi khusus untuk mengatasi hal ini.  Sunscreen dapat digunakan pada pagi dan malam hari, setelah penggunaan toner, serum atau essence. Sebaiknya pada siang hari, tetap aplikasikan tabir surya di area sekitar mata, karena kulitnya yang tipis membuat ia lebih rentan mengalami kerusakan akibat sinar UV.

 

Jadi dari  penjelasan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa langkah  basic skin care routine adalah sebagai berikut :

DAY (pagi hari)

  • FACE CLEANSER
  • HYDRATING TONER
  • MOISTURIZER (DAY CREAM)
  • SUNSCREEN

NIGHT (MALAM HARI)

  • FACE CLEANSER (DOUBLE CLEANSING –> OIL CLEANSER/ BALM CLEANSER + OTHER CLEANSERS (GEL/FOAM/CREAM, WATER, ETC)
  • ACIDS TONER
  • HYDRATING TONER
  • SERUM
  • EYE CREAM
  • MOISTURIZER (NIGHT CREAM, FACE OIL)

 

Semoga bermanfaat 🙂