sketch-1524106111303

Pakaian yang akan selalu kita kenakan, baik sejak saat kita dalam kandungan sampai ajal menjemput, yang menjadi ciri khas dan juga menunjukkan identitas suatu individu adalah kulit.. Kulit memiliki banyak keunikan yang wajib untuk kita ketahui. Tanpa adanya kulit, tentu saja produk produk yang kita kenal dengan istilah skin care, make up, atau personal care lainnya tidak akan exist. Karena itu ada baiknya kita tidak hanya mempelajari  produk saja, tapi juga belajar untuk mengenali organ kulit kita.  Fungsinya? agar kita tidak jadi konsumen yang ikut arus atau membelanjakan duit sia sia untuk skin care(produk kosmetik) yang tidak tepat, bukannya memperindah tapi akan berefek sebaliknya, karena segala sesuatu dilakukan coba coba tanpa ada dasar ilmu. Hati hati loh, jaga kulit baik baik ya guys.. Karena kalau sudah rusak, ribet urusannya. (Note : boleh sih coba coba asal ada dasar ilmu yang jelas, jadi  risikonya lebih rendah)

Fakta tentang kulit adalah sebagai berikut  :

1. Dengan berat 4 kg dan luas permukaan berkisar 1.8 m2 kulit menjadi organ terluas tubuh kita .

2. Ketebalan kulit berbeda beda, tergantung dari lokasi (bagian) tubuh yang di lapisinya (yang paling tipis adalah kelopak mata) yang paling tebal adalah telapak kaki.

3. Kulit akan selalu sinergis dengan organ dalam yang dilindunginya, apabila terjadi masalah pada organ dalam, maka kulitpun akan menunjukkan tanda. Contohnya, saat kita demam tinggi, maka akan muncul ruam ruam merah. Atau pada pasien yang mengalami lupus, maka pada kulit akan muncul ruam diskoid. Jadi, untuk mendapatkan kulit indah jangan hanya fokus pada perawatan luar saja, namun menjaga kesehatan dari dalam juga penting, terutama manajemen stress dan bahagia. Seperti pepatah, the happiest girl is the prettiest. I couldn’t agree more with this quote.

4. Kulit terdiri dari 3 lapisan yaitu dermis, epidermis dan hipodermis dengan berbagai macam fungsi seperti fungsi sensorik, metabolik (sintetis,ekresi dan absorbsi), proteksi, dan sebagai regulator suhu. Setiap lapisan ini memiliki fungsi penting bagi keindahan dan sehatnya kulit seseorang.

5. Kulit juga memiliki pori pori untuk jalur keluarnya air dan minyak melalui kelenjar minyak (apocrine) dan kelenjar keringat (ecrine).  Semua kulit wajib punya pori pori loh, tujuannya untuk mengeluarkan keringat atau air ( untuk regulasi suhu), jadi kalau ada perusahaan yang berkoar bahwa produk yang di ciptakannya dapat menghilangkan pori-pori, maka produk tersebut patut dipertanyakan.

6. Kulit wajah adalah daerah kulit yang paling sensitif, karena paling tipis dibandingkan area kulit yang lain, mudah mengalami iritasi dan alergi, tapi uniknya kulit wajah juga paling cepat mengalami penyembuhan, terkadang tak meninggalkan bekas apabila mengalami luka ( contohnya pada kasus oplas yang dilakukan ahlinya (bedah plastik) yang mana insisinya sesuai dengan garis wajah (dermatom) ( kalau luka yang ga beraturan pastilah mutlak menyisakan bekas) atau contoh lain pada kasus jerawat di wajah tapi tidak dipencet, apabila sudah mengering, bekas jerawat akan menjadi samar dan lama lama menghilang. ( pada kasus jerawatnya banyak, ukurannya besar, dipencet pula, serta proses perawatan wajah yang tidak tepat , jangan salahkan kulit jika ia menyisakan bopeng dimuka) (Penyebab kulit wajah mudah mengalami penyembuhan adalah ; karena kulit wajah pergerakkannya paling minim dan non weight bearing dan pada wajah terdapat banyak jaringan ikat kolagen dan elastin juga sehingga dapat menunjang wound healing (penyembuhan luka)

7. PH (potensial hidrogen = menunjukkan indikator keasaman). PH permukaan kulit Normalnya adalah asam yaitu dengan kadar PH nya antara 4.4- 5.6 (angka ini juga tergantung dengan individu serta lokasi tempat mukimnya). Ph asam penting bagi kulit yaitu untuk mencegah tumbuhnya bakteri jahat yang berlebihan dan membantu eksfoliasi alami jaringan kulit mati. Oleh sebab itu sabun atau pembersih wajah dengan pH tinggi sangat tidak dianjurkan karena dapat merusakan perlindungan barrier alami kulit. Sehingga dalam pemilihan cleanser baiknya dipilih dengan kadar pH 4,5- 5.5 (disesuaikan dengan pH alami kulit).

8. Lapisan kulit epidermis terbagi lagi menjadi 5 lapisan ( yang terluar adalah stratum corneum dan lapisan terbawah adalah stratum basalis). Stratum korneum ini terdiri dari jaringan kulit mati (corneocyte) yang akan terus mengelupas dan diganti dengan lapisan sel kulit yang baru, lapisan kulit mati ini dikelilingi oleh zat yang dikenal dengan istilah intracellular lamelar lipid (yang sebagian besar terbuat dari ceramide , kolesterol dan asam lemak), matrix lipid inilah yang menjadikan epidermis menjadi waterproof, sehingga dapat mencegah dehidrasi (hilangnya kadar air yang berlebihan pada kulit) sehingga kelembapan jaringan startum korneum terjaga. Corneocyte ini juga dilindungi oleh selubung lipid lemak sehingga permukaan corneocyte menjadi hidropobik yang fungsinya sebagai water barrier. Keduanya penting dalam mempertahankan kulit tetap lembap.

Note : Untuk menjaga barier alami kulit, hindari over eksfoliasi ya guys,. Jangan terlalu sering mencuci muka. Maksimal mencuci muka dengan cleanser adalah 2 kali. Terkadang ada beberapa beauty expert yang menyarankan satu kali saja di malam hari. Dan jangan gunakan sabun wajah dengan pH tinggi. Fungsinya agar lemak lemak alami wajah tidak hilang dan pelembab alami wajah tidak rusak. Terakhir jangan lupa gunakan pelembab (moisturizer) ya, agar kulit tidak dehidrasi dan kering. 

Intinya epidermis memiliki beberapa fungsi  yaitu ; menjaga kelembapan kulit dengan cara mempertahankan kandungan air dan lipid agar tetap optimal (melalui proses yang dijelaskan di atas) serta  membatasi keluarnya air dari kulit, memberikan proteksi imunitas (sel langerhans), berperan sebagai barrier antioksidan dalam melawan RoS ( reactive oxygen species), mensintesa vitamin D, memberikan warna kulit (melanocyte), dan pengelupasan sel sel di stratum korneum.

9.Dermis terletak di bawah epidermis dan berfungsi untuk menyokong epidermis, memberikan suplai oksigen dan nutrisi bagi kulit melalui kapiler kapiler pembuluh darah. Dermis memiliki beberapa elemen seperti fibroblas yang menghasilkan elemen elemen interselular dan serat kolagen), saraf, organ sensorik, pembuluh darah, kelenjar minyak,kelenjar keringat, dan folikel folikel rambut dan juga jaringan ikat yang mengandung kolagen dan serat elastin.

10. Serat kolagen menjaga kekencangan kulit, sedangkan serat elastin  bertanggung jawab akan elastisitas kulit. Jika serabut serabut ini mengalami masalah (kerusakan), misalnya akibat penuaan, kulit pun menjadi longgar, tipis dan muncul keriput.

11. Hipodernis terletak di bawah dermis yang merupakan jaringan ikat longgar dan menyimpan lemak di dalam sel -sel lemak. Fungsinya untuk melindungi organ tubuh dari trauma dan memberikan perlindungan terhadap cuaca dingin.

12. Kandungan air di epidermis dan dermis berkisar 80%, dan yang terendah adalah pada stratum korneum (kadar airnya 10-30%). Hidrasi kulit itu penting ya guys, kulit yang dehidrasi akan kelihatan kusam ,kuyu, kering dan tertarik, apabila kulit terhidrasi dengan baik maka kulit akan terasa lembut, halus dan terlihat bercahaya. Minum cukup air putih , dan gunakan produk hidrasi atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

demikian fakta fakta unik mengenai kulit. Semoga bermanfaat ya..