Hai beauty lovers, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "moisturizer". pasti muncul pertanyaan-pertanyaan tentang apa sih fungsi moisturizer itu? apakah benar ia bisa bikin awet muda? apakah kulit berminyak juga perlu moisturizer? 

Moisturizer atau pelembab adalah produk yang di desain untuk memperbaiki kualitas kulit, serta mengembalikan kelembapan pada stratum corneum kulit (lapisan kulit paling atas) sehingga kulitmu tetap halus, lembut, dan membantu mengatasi gejala-gejala kulit kering.

kulit kering itu tidak sehat dan  dapat memicu sensasi gatal, saat kulit terasa gatal otomatis kita akan refleks menggaruknya, akibat garukan tadi, keutuhan kulit jadi rusak dan mengelupas, sehingga  kuman dengan mudah masuk sehingga kulit dapat terinfeksi. kalau sudah terinfeksi kulit akan kemerahan, berair hingga bernanah dan terjadi penebalan , teksturnya pun menjadi tidak halus lagi. Hiiii.. seram kan? dan, mereka dengan kulit kering juga cenderung lebih cepat mengalami penuaan dini loh, akibat menurunnya kualitas elastin dan kolagen yang mana memiliki fungsi untuk menjaga kekencangan kulitmu. 

apakah mereka dengan kulit berminyak juga memerlukan moisturizer, tentu saja perlu! tapi dengan catatan jumlah moisturizer yang diaplikasikan disesuaikan dengan kebutuhan kulit. 

apakah benar moisturizer bisa bikin kamu awet dua? yep, moisturizer mampu memperlambat terjadinya proses aging (penuaan) . Menurut ahli dermatologi, saat barrier alami kulitmu terganggu , lingkungan luar yang jahat seperti polusi, bakteri, radikal bebas, radiasi sinar UV,  akan lebih mudah untuk menginvasi dan merusak sel-sel kulitmu yang sehat, dan mempercepat terjadinya proses penuaan, hasilnya  muncullah fine lines, wrinkles (keriput) , hiperpigmentasi dan kulit terlihat kendur. 





selain sebagai anti aging, moisturizer juga memiliki beberapa fungsi lainnya yaitu ;
a. mencegah inflamasi (peradangan) pada kulit,  jadi kemungkinan untuk terjadinya break out akan berkurang
b. moisturizer memperkuat barrier alami kulit
c, melindungi kulitmu dari iritasi akibat penggunaan make up (bila digunakan sebagai primer)
d. menghaluskan,  menutrisi, menyegarkan serta meremajakan kulit
e. Mengunci kelembapan kulitmu, sehingga produk skin care yang kamu aplikasikan sebelumnya (misalnya serum) bisa bekerja lebih maksimal 

nah, sudah tahu bukan apa saja manfaat moisturizer bagi kesehatan kulitmu. Jangan lupa gunakan moisturizer dua kali sehari ya beautylovers, pagi sebelum beraktivitas digunakan sebelum penggunaan sunscreen dan malam hari sebagai penutup dari rangkaian skin care routine-mu.