Beberapa tahun terakhir, matcha yang sudah dikenal sebagai bahan makanan dan minuman  di Jepang ini menjadi sangat populer di Indonesia. Berbagai jenis produk olahan matcha akan sangat mudah untuk ditemukan, misalnya seperti matcha latte, es krim matcha, bolu matcha, pie matcha, dan sebagainya. Jika matcha merupakan salah satu minuman atau dessert favorit kamu, ketahuilah, bahwa dibalik rasanya yang unik, ada banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Penasaran kan? Berikut adalah beberapa manfaat matcha bagi kesehatan tubuh:
1. Membantu proses detoksifikasi
Proses detoksifikasi merupakan proses yang sangat penting karena mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi matcha dapat membantu proses ini. Matcha memiliki kadar klorofil yang cukup tinggi . Klorofil pada matcha membantu membersihkan sampai tingkat sel tubuh dengan meningkatkan aliran darah untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi penting ke sel tubuh. Klorofil tak hanya memberi warna hijau yang cantik, tetapi juga dapat mengeluarkan racun dan zat tak berguna dari dalam tubuh.
2. Mengandung antioksidan yang tinggi
Menurut Dr. Mariza Snyder penulis The Matcha Miracle, matcha mengandung antioksidan yang jauh lebih banyak daripada the hijau biasa. Antioksidan dalam matcha sangat baik karena kandungan EGCG. Senyawa tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker dan juga diabetes tipe 2. Matcha juga memiliki kandungan L-Theanine ​yang memproduksi serotonin dan juga dopamin. Kedua zat ini berfungsi untuk meningkatkan mood, membuat kamu merasa lebih tenang dan rileks,  memperkuat daya ingat, serta meningkatkan konsentrasi.
3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Hal ini masih berkaitan dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, di mana matcha  diketahui mengandung flavonoid. Flavonoid bekerja sama dengan cathecin  dalam hal meningkatkan kekebalan tubuh kamu sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam memerangi infeksi virus maupun bakteri. 
4. Membantu proses metabolisme
Matcha dapat menciptakan efek thermagonik yang berarti akan meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga tubuh kamu bisa membakar lebih banyak kalori. Menurut, American Journal of Clinical Nutrition, cathecin yang terkandung dalam matcha bisa mengurangi timbunan lemak di tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat.
5. Meningkatkan energi tanpa efek samping
Matcha sangat cocok dikonsumsi di pagi hari karena mengandung kafein. Namun, kandungan kafein di dalam matcha tidak menyebabkan jantung kamu berdebar-debar karena adanya kandungan L-Theanine  yang bersifat menenangkan.
6. Membantu menjaga kesehatan kulit
Selain membantu proses metabolisme tubuh, cathecin  yang terkandung di dalam matcha juga mampu melawan radikal bebas , mengurangi produksi minyak berlebih, mencegah jerawat, dan mencegah kerusakan jaringan kulit.
7. Membantu meredakan depresi
Ketika kamu sedang merasa cemas, meminum segelas matcha dapat membantu meredakan stres dan mengurangi kegelisahan yang sedang kamu rasakan karena polyphenol yang terkandung dalam matcha  ini akan membuat kamu merasa lebih tenang dan senang. Yuk, rajin konsumsi matcha mulai sekarang!