Apa yang kamu ingat jika menyebut nama Bali? Pantai romantis, laut indah, pegunungan sejuk, persawahan teras sering atau water sport? selain semua itu, Bali punya 1000 burung dari 250 species, dalam 7 habitat alam, yang bisa kamu jumpai semuanya dalam 1 hari. Kemana kita kali ini?
Tempat terbaik bercengkrama
Dengan burung-burung cantik

Ya, yang saya bicarakan tentu saja tentang eksotika Bali Bird Park atau dalam bahasa Indonesia di sebut "Taman Burung Bali" adalah sebuah taman wisata sekaligus area penangkaran burung terbaik di Bali. Bagi pecinta burung, kalau ke Bali pasti tau tempat ini. Area burung yang di sediakan seluas 2 hektar ini sukses mencengangkan saya melihat isinya yang bertabung bintang (baca : artis-artis di dunia burung). Saya ulas lebih lengkap ya.

Salah satu wisata yang paling terkenal di Gianyar, Bali ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1994. Tapi saya baru mengetahuinya justru baru-baru ini, lalu menyesal kenapa baru tau. meski bukan pertama kali ke Bali, tapi kali ini karena membawa anak-anak saya, maka saya dan suami fokus ke wisata edukasi dan masuklah Bali bird park ini sebagai salah satu destinasi.


Ketika masuk, respon saya masih biasa saja, terlihat gapura masuk yang designnya pun biasa saja. Begitu masuk, saya surprise sekali karena burung-burung disini semua di biarkan bebas di alam dan semua berada di area yang di buat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Yang di kurung atau di kandang hanyalah burung-burung yang kiranya bisa mengganggu pengunjung saja.

Melewati region demi region, rasanya membuat saya nagih. berikutnya apalagi dan apalagi, penasaran. apalagi di sepanjang lorong jalan setapak yang kita lalui akan ada keterangan kita sedang berada di area mana. dan di pinggir jalannya ada pertanyaan-pertanyaan mengenai burung. contoh misalnya pertanyaan di gambar di bawah ini. Siapa yang bisa jawab, hayo?

Pertanyaan di region 2
Coba tebak

Sambil berjalan di jalan setapak itu, kita tidak akan berdesakan dengan pengunjung lain karena jalan di buat satu arah. Bentuknya seperti berputar, jadi terakhirnya tentu saja akan nongol di pintu keluar. Jika kalian berencana kesana, pastikan setiap region di lewati dengan khidmat (duh bahasanya kenapa pakai khidmat segala) agar tidak menyesal dan kehilangan moment. Karena kalian akan sulit berbalik arah jika sudah terlewati karena jalan searah itu tadi. Nanti adakalanya bertemu jalan lapang, burung bertengger santai atau melalui lorong-lorong dengan pelindung jaring tempat burung berterbangan dengan bebas di atas.

Pertanyaan di region 6
Hayo apa jawabnya? 

Sebagai informasi, tujuh habitat yang dibuat di Bali bird park ini mewakili wilayah Indonesia dari paling timur hingga paling barat, dan tentu saja mewakili setiap pulau Indonesia dari kalimantan, jawa, bali, hingga Sumatra dan papua. Bukan itu saja, tapi juga burung dari belahan dunia lain seperti Afrika selatan dan Amerika selatan.

Sedikit review detilnya ya

  1. Harga : harga tiket masuk terupdate silakan cek di websitenya. Menurut saya harganya sedang, tidak mahal tidak murah. Yang mahal adalah biaya cetak foto, kalau mau hemat, bawa kamera sendiri atau abadikan dengan hp. Souvenir juga mahal, ketika disana saya tidak beli apa-apa. Hanya menyimpan kenangan di foto (Emak irit). Di dalam ada rest area jika lelah berjalan. Bisa beli cemilan dan es krim dengan harga wajar. 
  2. Lokasi : Bersih, tidak akan melihat kotoran burung berserakan karena petugas cukup sigap membersihkan. Kalaupun ada, tidak sampai mengganggu kenyamanan. Toilet banyak tersebar di berbagai area, kalau kebelet tidak susah mencari toilet dan toiletnya cukup bersih.
  3. Layanan : petugas baik-baik, ramah, bahkan tak segan membantu kita untuk berfoto. Dari loket hingga keluar, semua manis. 

Tempat ini sangat cocok untuk pergi mengajak keluarga terutama anak-anak untuk sarana edukasi. Kapan lagi bisa mengajak anak melihat 1000 burung dari 250 spesies dalam satu lokasi termasuk area konservasinya juga. Anak saya saat itu sangat antusias, terutama jika menemukan burung yang boleh di pegang. Saat itu, meski boleh di pegang, saya tidak mengijinkan putri saya memegang semuanya. Karena burung-burung itu pada cantik-cantik, saya hanya kawatir bisa di remas-remas anak saya saking lucunya. Sedangkan adeknya, malah bobo di temani burung-burung cantik. Burung-burung disana jinak sekali, seneng bisa berbaur bercengkrama.

Burungnya memandangi
Qowiy bobo

Untuk kalian yang mau ke Bali dan mengunjungi Bali bird park ini, saya cerita sedikit perjalanan saya ya dari Banjarmasin. Dari Banjarmasin ke Bali, kami harus transit dulu di Surabaya baru bisa menuju ke Bali. Transit itu gak tentu lama atau sebentar. Karena itu saya dan suami memutuskan memilih maskapai Garuda Indonesia untuk maskapai yang menemani kami liburan dengan pertimbangan kenyamanan anak-anak.
Selain karena Garuda Indonesia adalah anggota skyteam dengan layanan bintang 5 dan termasuk  dalam daftar maskapai terbaik di dunia, Garuda juga memiliki kenyamanan luar biasa untuk semua penumpang terutama untuk penumpang cilik yang banyak permintaan seperti anak saya, dimana ulasannya di setiap website pencarian rata-rata penilaiannya sudah mencapai 5 bintang untuk skala 5.


Untuk siapa saja yang berminat ke Bali dan bertemu mereka para burung cantik dari 250 species, silakan rencanakan mampir ke Bali bird park, jadi tujuan kesana tidak cuma pergi ke pantai atau pegunungan ya. Nih saya berikan juga list atraksi yang bisa di nikmati disana.

Jadwal atraksi Bali bird park

Bali selalu punya surga-surga tersembunyi di balik alamnya, jadi temukan saja. Tempat ini salah satu tempat terbaik untuk bertemu para burung. Sekian dulu ulasan Bali bird park versi saya. Yuk Traveling