Assalamu'alaikum
ketika awal saya tinggal di Samarinda, saya mencoba mencari apa yang menjadi khas dari daerah ini membandingkan dengan kota asal saya Banjarmasin yang merupakan tetangga propinsinya, karena saya lihat kuliner dan oleh-oleh makanan antara Kaltim dan Kalsel cenderung sama saja. Akhirnya saya menemukan Sambal Gami khas Bontang ini yang menjadi kuliner favorit warga Samarinda.

Sambal Gami Kerapu

Bagaimana saya bisa menyebutnya favorit? karena depot yang menjual sambal gami ini cukup banyak tersebar di berbagai area di Samarinda, saya mengartikan banyaknya jumlah penjual ini menandakan banyaknya peminat kuliner ini.

Nah, di sambal gami favorit saya yang dekat rumah, sambal gaminya cukup laris manis juga, jadi bila kita datang kesana agak malam dikit maka kita harus siap dengan menu yang sudah banyak habis dan kita hanya bisa mencoba sisanya. ketika saya makan sambal gami di depot lain pun sama, menunya cepat sekali habis. dari situlah saya menyimpulkan bahwa sambal gami ini merupakan kuliner favorit warga Samarinda.

Baca juga : 10 Kuliner Enak Seputar Samarinda ala Ojek Online

sebenarnya Sambal Gami ini bukan sambal khas Samarinda, melainkan khas dari kota tetangganya yaitu Bontang. Namun karena peluang usaha yang menjanjikan, menunya di sukai banyak orang, wajar saja jika akhirnya menjadi kuliner favorit di kota sebelahnya, Samarinda. Di Samarinda sendiri, penduduknya terdiri dari berbagai suku pendatang. Banyak juga yang orang Banjarmasin seperti saya, suku Jawa juga dominan sekali, pendatang dari Kutai, Bontang, Tenggarong, yang merupakan kota-kota sekitaran Samarinda juga etnis tiong hoa.

Menu

Kalau di Bontang sendiri, sambal gami biasa disajikan bersama ikan Bawis. yang konon katanya hanya mudah ditemukan di perairan Bontang sendiri. Benar saja, selama saya makan sambal gami di Samarinda, menunya belum ketemu ikan Bawis. Yang tersedia biasanya sambal gami di masak dengan Telur, Ikan Kerapu, Tuday, Ceker, Ayam, Cumi, dan jenis ikan lainnya. oh iya, tau tuday gak? itu bukan nama ikan loh. Ternyata tuday itu nama lain untuk Kerang Dara, pecinta seafood pasti tau kerang dara kan?

Cara Memasak

Inilah yang menjadi khas banget, karena sambal Gami ini di masak seperti hotplate namun media yang digunakan adalah cobek. Ya, cobek di letakkan diatas api, sambal di masak bersama ikan yang akan di sajikan. Cesssssss.... Makanan disajikan diatas meja dengan masih meletup-letup karena mendidih, persis seperti sajian hotplate. Uniknya lagi, cobek yang digunakan harus cobek tanah liat, gak bisa pakai cobek batu atau batang kelapa. Kalau mengikuti tradisi sih sebenarnya cobeknya juga di masak diatas kayu bakar. cuma untuk saat ini sudah sulit menggunakan kayu bakar. selain kurang higienis dan sulit mencari kayu bakarnya, juga efisiensi waktu pemasakannya.

Bahan

bahan yang digunakan untuk sambal cenderung sama seperti sambal terasi, bedanya sambal gami menggunakan gula merah. bawang dan tomatnya dipotong kasar agak besar, jadi tidak di uleg sampai halus gitu.

Harga

Harga sambal gami bervariasi tergantung lauk yang dipilih. gami dengan lauk telur, ceker, cenderung murah di bawah Rp.20.000 sudah bisa disantap bersama sepiring nasi hangat. Yang harganya menengah pilih saja lauk Ayam sekitaran Rp.25.000. yang lebih tinggi biasanya jika memilih lauk cumi, tuday, kerapu, nila, dan sejenisnya biasanya diatas Rp.30.000.

Dimana belinya ?

Di Samarinda banyak banget yang jual sambal gami. kalian bisa mencarinya di google maps atau di aplikasi go-food. Kalau favorit saya di Sambal Gami Mamah Alif, ada di jalan rambai, Samarinda Ulu. bukanya hanya dari sore hingga malam. kalo datang agak kemalaman siap-siap pada habis menunya.

Favorit saya

Rasa

Rasa ini kan soal selera ya, cuma kalau versi saya karena ada beberapa sambal gami yang saya coba kan favorit saya jatuh ke sambal gami mama alif di jalan rambai itu. Saya penyuka pedas, cukup memilih yang pedasnya sedang itu cukup membuat perut tetap aman. rasanya tidak seperti sambal terasi meski bahan relatif sama. Ada rasa asam-asam dari tomat yang di potong kasar, ada  manis-manis dari gula dalam sambalnya. bawang merahnya membuat gurih dan aromanya menggugah selera makan. Untuk saya yang suka selera asin pedas, ini rasanya pas.

Sambal Gami Telur dan es teh manis


Minus
- tidak disajikan bersama sayur. mungkin kandungan sayur yang kita dapat hanya dari potongan tomat dan cabai.
- minyak melimpah, kalau lagi batuk memakan menu ini mungkin kurang cocok
- sama seperti sajian hotplate, jika tidak hati-hati, cobek panasnya bisa melukai kulit.

Secara keseluruhan, minusnya tidak mengganggu sampai mengurangi selera makan kok, no problemo, kecuali kalau lagi batuk.  Bisa makin parah batuk karena ini berminyak dan pedas.  Jadi kalau kalian mau bertandang ke Samarinda atau Bontang, jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini, enak!