"Pah, gimana ini nanti ke KL, jadi jurnalis gak punya kamera DSLR" tanyaku pada suami
"Kamera Hp Mamah kan bagus, biasanya buat nulis blog juga pakai kamera hp kan" jawab suami menenangkan aku yang agak cemas.
"iya, tapi tetap aja bukan kamera DSLR, jurnalis kan biasanya bawa kamera itu"
"gapapa, yang penting hasil fotonya dan isi tulisan Mamah bagus, pasti tetep jadi artikel bagus kok" sahut suami lagi.


Itulah percakapan cemasku ketika akan menjadi Jurnalis tetapi tidak memiliki kamera DSLR. Kembali ke awal 2017 lalu, Siapa sangka, ketekunanku menulis blog dan menjadi content writer untuk website halal corner, akhirnya memberiku peluang menjadi Jurnalis Halal Corner untuk 2 event international sekaligus yang di helat di Kuala Lumpur, April 2017 lalu. Saat itu memang Halal Corner menjadi salah satu media partner dari Indonesia. Acara tersebut di gelar di satu tempat namun berbeda lantai. Yaitu Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) dan Malaysia Internasional Islamic Lifestyle (MILE). 

Lokasi acara MIHAS di KLCC

Ini event pertama aku menjadi jurnalis. Tentu saja aku ingin melakukan yang terbaik, termasuk memikirkan foto yang akan tayang di website nantinya. Karena itulah aku sangat kawatir menjalankan tugas hanya dengan mengandalkan kamera hp. Tapi suami meyakinkan aku bahwa kamera Hp ku yang bertittle selfie expert ini cukup bagus untuk menunjang kegiatanku saat itu.

Selain itu, Sebagai blogger yang menulis tentang travel dan gaya hidup, aku memikirkan untuk mengambil banyak foto jalan di Kuala Lumpur beserta kulinernya. Tentu saja aku ingin, selain bercerita tentang perjalanan, blogku nantinya juga berisi foto-foto dengan kualitas bagus untuk menggambarkan suasana di Kuala Lumpur. Karena belum tentu aku akan kesana lagi di lain waktu. 

Saat itu aku menggunakan Hp Oppo F1 selfie expert. Awalnya agak minder, ketika akan pembukaan MILE, ada area jurnalis tepat lurus di depan titik utama. Dimana sebelum acara dimulai, semua jurnalis bersiap dengan Tripod dan kamera canggih mereka di spot tersebut, sedangkan aku hanya memegang Hp. Tapi ternyata dengan kamera hp aku justru di taroh di depan, mungkin juga karena aku perempuan, jadi duduk aja posisi jongkok agar tidak menghalangi kamera para jurnalis lain. Alhamdulillah mindernya aku tidak beralasan, semua jurnalis saling berkordinasi baik meliput berita, tidak peduli dengan kamera Hp atau dengan kamera lainnya.


Alhamdulillah-nya lagi, ketika itu acara MIHAS yang di buka oleh Wakil Perdana Mentri Malaysia, lalu dari pintu masuk menuju ke panggung acara pembukaan aku berhasil mendapatkan foto selfie dengan beliau. Yes.. Kamera Oppo dengan jenis selfie expert memang jago untuk urusan selfie. Alhamdulilillah event pertamaku sebagai jurnalis di acara International saat itu berlangsung lancar meski hanya dengan Kamera hp. Di ruang pers pun, ternyata aku bisa menulis berita dengan lancar karena Hp Oppo-ku sanggup bertahan seharian tanpa di charge. Oppo memang dikenal punya ketahanan baterai cukup panjang. Hp Oppo ku bekerjasama dengan baik mensukseskan misiku saat itu. 

Selfie sama Wakil Perdana Mentri Malaysia
Datuk Ahmad Zahid Hamidi

Sekian waktu berlalu sekarang aku menggunakan hp Oppo F3 tetep dengan selfie expert dan suamiku menggunakan F3 plus. Kami memang keluarga pecinta Oppo sejak ia hadir di Indonesia beberapa tahun lalu. Karena memang kami selalu puas akan fitur-fitur yang dimilikinya.

Hingga pada beberapa waktu lalu, aku dan komunitasku Female Blogger of Banjarmasin (FBB) mendapatkan undangan untuk menghadiri launching Oppo F5 yang bertema “OPPO F5 Perfect Companion For Travelers”. Duh girang banget deh ah ada peluncuran seri Oppo terbaru. Sebagai pecinta Oppo, aku penasaran Sekali bagaimana kecanggihan Oppo F5 ini. Karena yang F1 dan F3 saja sudah sangat bagus, apalagi yang terbaru.


Tim squad FBB akhirnya menghadiri acara yang di helat di Hotel Mercure, Banjarmasin. Saat itu juga dihadiri banyak komunitas yang sangat update pada lifestyle dan gadget, barulah bisa menyaksikan sendiri canggihnya Oppo F5 ini.

Sebagai pemilik blog dengan niche traveling dan gaya hidup sekaligus merangkap content writer, tentu saja peluncuran Oppo F5 ini sangat dinantikan dimana tulisan-tulisanku memang sudah seharusnya menyajikan fotografi terbaik untuk setiap perjalanan atau kuliner yang aku review. Fokus utamaku pada produk ini tentu pada spek kamera dan fitur penunjangnya seperti filter, tampilan warna dan ketahanan baterainya. Juga sebagai wanita, tentu saja tidak lupa designnya stylish dan elegan atau tidak. Berikut sudah aku rangkum penilaiannya.

Ini Gue Banget

Oppo F5 ini benar-benar memanjakan pecinta fotografi dengan kelas tinggi. Dimana pada Oppo F5 di lengkapi dengan fasilitas AI Beauty Recognition. AI adalah singkatan dari Artificial Intellegence. Teknologi ini dibuat dengan saran para fotografer professional dan make up artist ternama sehingga Foto yang dihasilkan dari Oppo F5 menjadi juara diantara Hp lain dengan harga sama.

Dimana dengan teknologi ini, Oppo F5 dapat mengenali bentuk dan struktur yang unik dari setiap wajah, dapat membedakan jenis kelamin pria wanita, usia anak atau dewasa, dan menyesuaikan pencahayaan yang ada. Kaya akan warna, Lalu mengolah hasil foto menjadi lebih cantik dengan sangat alami alias fotogenik. Dengan Oppo F5 ini sepertinya kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan dari pihak ketiga dan filter lainnya untuk membuat foto lebih cantik. Saat kalian mencobanya, kalian akan tau bedanya dengan Hp fotografi lainnya. Takjub

Teman-teman FBB menjajal Oppo F5

Tidak selalu membawa Powerbank

Hampir semua wanita tau, bahwa powerbank itu tidak ringan meski ukurannya kecil. Dan tas wanita sebisa mungkin di buat ringan, bukan? Biasanya jika membawa powerbank, aku harus meninggalkan properti touch up ku di rumah supaya tas tidak berat. 

Tapi dengan Oppo F5 sepertinya tidak harus selalu membawa powerbank karena baterainya bisa tahan hingga 12 jam saat sedang aktif digunakan. Biasanya kalau banyak berfoto maka baterai hp akan cepat habis, jadi biasanya para wanita selalu sedia powerbank. Kali ini tidak lagi. Kalaupun harus mengisi, fast chargingnya tidak akan membuat kita menunggu lama. Ah fasilitas ini penting banget untuk para pecinta foto dan sosial media.

Design-nya membuat Percaya diri

Ketika berkumpul dengan banyak orang terkadang kita merasa canggung ketika kita menggunakan hp dengan design jadul atau tidak elegan. Meskipun sebenarnya orang tidak akan mempermasalahkan itu, namun elegan tidaknya Hp sedikit banyak mempengaruhi percaya diri ketika menggunakannya.

Elegan, ramping, sederhana
www.oppo.com

Design elegan dan ramping Oppo F5 bisa menambah kepercayaan diri ketika kita berkumpul dengan komunitas. Terutama di FBB dimana membernya semua perempuan dengan lifestyle update. Tampilannya sederhana dan melengkung, membuat nyaman untuk di genggam tapi tetap terlihat modis. Ini yang membuat aku tidak tahan untuk tidak terpikat dengan F5 ini.

Selfie tanpa batas

Masih dengan selfie expert-nya kali ini Oppo memuaskan keinginanku yang suka selfie dengan kamera depan 20 MP dan kamera belakang 16MP, mendadak terpana dengan kamera ini. Di Oppo F5 juga di ceritakan kalau F5 punya fasilitas less Noise dan gambar tajam meski sedang kekurangan cahaya. Are you kidding me? Dengan Oppo F5 sepertinya keinginan membeli kamera DSLR atau Mirrorless bisa di ubah untuk membeli Hp ini saja. Jelas sekali menunjang selfie dan kebiasaanku untuk mengabadikan kegiatan traveling di dalam tulisan blog.

Selfie dengan efek bokeh
www.oppo.com/id

Efek bokeh yang di hasilkan dari Hp ini pun benar-benar menunjang kegiatan berselfie ria. Sehingga dimana pun dan bagaimana pun kondisi di tempat selfie, akan tetap keluar keindahan fotonya.

============

Nah kalau buat aku pribadi sebagai perempuan sih ini sudah oke sekali, semua yang ku butuhkan sudah terpenuhi. Tapi Kalau buat kalian yang masih membutuhkan kecanggihan di hal lain ga akan kecewa juga, karena Oppo F5 juga tetap menyediakan RAM 4GB (ada juga varian 6GB) dan Triple slot card-tray.

Triple slot card-tray
www.oppo.com


Setau aku juga, F5 ini menunjang sekali untuk para pecinta game online. Dimana saat peluncuran saat itu, hadir juga komunitas game Mobile Legend Banjarmasin yang terpuaskan dengan fitur 'jangan ganggu' ketika bermain game.

Itu adalah fitur mencegah munculnya notif-notif di layar ketika kita sedang asyik bergaim game. Tapi kita tetap tidak melewatkan panggilan penting saat game berlangsung.

Oppo F5 untuk para gamers
www.oppo.com/id

Sesuai dengan temanya, Oppo F5 ini merupakan perpaduan sempurna untuk para traveler. Meskipun jalanku masih belum jauh-jauh sampai ke berbagai negara, sepertinya jika di tunjang dengan gadget yang perfect, jalan di pelosok Nusantara pun akan terasa luar biasa. Terbukti saat acara juga menghadirkan bintang tamu seorang travel blogger yaitu www.kadekarini.com dimana dia sudah berkeliling banyak tempat di Indonesia dan menghasilkan banyak sekali foto cantik hanya dengan Oppo F5 ini. 

Akhir kata, setelah launching Oppo F5 selesai dan berbagi kisah dengan suami. Lalu pak suami memberi wejangan. Bahwa fotografi dalam dunia menulis memang sangat penting, tapi ada banyak cara mendapatkan foto terbaik tanpa harus membeli kamera DSLR. Yang selalu di utamakan juga adalah kemampuan kita mengambil gambar, mencari angle terbaik, itu semua berkaitan dengan feeling. 

Dan tak lupa juga suami mengingatkan sebagai blogger dan content writer untuk terus menjaga kualitas tulisan. Apa gunanya foto bagus jika tidak di tunjang dengan artikel yang bagus. Semua harus saling menunjang, bukan? Oke, aku siap untuk traveling dan melanjutkan misi sebagai travel blogger, content writer ataupun jurnalis.