Hello, Hello, Readers...
Gak terasa sudah memasuki bulan Ramadhan, sesuatu...ya (Kalau si Inces bilang, hehehe). Back to moment puasa hari pertama, kalian punya cerita apa? Kalau aku sih ngabuburit bareng Indonesian Female Bloggers dan NYX Professional Makeup Indonesia di Best Western Premier The Hive. Ngapain aja sih?

Jadi, Sabtu lalu tuh Aku mengikuti workshop bertemakan “Grow Your YOUTUBE Channel” yang mana pembicaranya adalah mba Yonna Kairupan, Founder dari Indonesian Female Bloggers/Vloggers sekaligus juga merupakan Beauty & SFX (Spesial Efek) MUA yang baru saja merampungkan project Film layar Lebar Horror Indonesia.

Seru banget deh, sebagai kaum yang masih awam di dunia per-YOUTUBE-an (Duh...ngomong apa sih, mbar :D) aku jadi punya bekal ilmu yang nantinya bisa dipraktikkan. Yowis...daripada penasaran, langsung aja ya aku ceritain.



Berawal dari "WHY DO YOUTUBE?" 

  • Hidup tuh cuma sekali
Kalian bisa memanfaatkan media YOUTUBE untuk mengexplore hal-hal menarik dalam kehidupan kalian melalui visual. Eitsss tapi semua itu hal yang positif ya! Misalnya, yang punya hobi travelling bisa sharing culture, kuliner, dan juga destinasi yang kalian kunjungi.
  • Networking
Lewat Media YOUTUBE ini kalian bisa punya banyak kenalan teman baru. Bisa jadi viewers kalian itu memiliki minat yang sama, atau bahkan ternyata orang-orang penting yang bergelut di bidang yang sama dengan kalian, sehingga bisa membuka peluang untuk mendapatkan tawaran kerja sama atau previlege tertentu.
  • Menambah skill
Melakukan editing video dengan aplikasi tertentu, public speaking, dsb baik secara otodidak maupun dengan keahlian khusus untuk membuat performa YOUTUBE channel kalian lebih menarik, hal tersebut otomatis dapat melatih meningkatkan skill kalian dengan sendirinya.
  • Money, money, money
YOUTUBE channel yang kalian miliki bisa menjadi sumber pendapatan loh, Readers... Tapi itu semua butuh proses ya, tidak semudah membalik telapak tangan. Kalau YOUTUBE channel dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan kalian bisa mendapatkan Endorsement dari pihak brand untuk bekerjasama mempromosikan produk dan jasa mereka.
  • Tough
Tidak semua video yang diunggah akan selalu mendapat respon positif, kalian juga bakal merasakan bad respon seperti thumbs down, komentar "nyinyir" dan sejenisnya yang akan membuat kalian mengelus dada. Tapi, semua itu manusiawi. Anggap saja sebagai latihan kesabaran ya :p





Gimana nih, sudah mulai semangat untuk membuat YOUTUBE channel? Tapi, sebelumnya apakah kalian sudah memahami hal di bawah ini:
  • Why you want to do youtube?
  • What impact to achieve?
  • What benefit?

So, the point is "Have the great reasons and know the right reasons" Mba Yonna said.