Hi Readers,
Akhirnya berkesempatan blogging juga, postingan pertama nih maaf ya kalau ada kekurangan :)

Aku mau cerita pengalaman beberapa waktu lalu photoshoot di "JONAS PHOTO". Mungkin sebagian dari Readers sudah familiar dengan nama itu ya? Secara ngehits banget, kalian yang tinggal di Bandung pasti tahu deh. Sebenarnya sudah lama mau foto couple di sana, tapi berhubung jauh jadi pending terus karena susah dapat libur. Eh, gak lama kemudian pacarku cerita kalau JONAS PHOTO ternyata punya cabang di Tangerang, yaitu di Summarecon Mall Serpong tepatnya di Unit GF-01 persis depan pintu masuk Lobby Utara dan posisinya bersebrangan dengan Starbucks Cafe.

Akhirnya kami langsung planning ke sana karena kebetulan dekat dari rumah. Nah, perginya itu kan tanggal 28 Februari 2016 pas banget weekend, dan ternyata...RAMAI bukan main. Kami sampai Mall sudah siang sih sekitar jam 13.30 WIB. JONAS PHOTO memang tidak menerapkan booking by phone, dengan kata lain FIRST COME FIRST SERVE.

Sesampainya di sana kami langsung disambut ramah oleh staff yang menyodorkan booklet berisikan paket-paket yang nantinya bisa kita pilih sesuai keinginan. Karena tujuan kami ingin foto couple jadi pilihannya adalah PAKET "STUDIO CASUAL" yang terdiri dari beberapa pilihan dengan harga bervariasi mulai dari Rp. 155.000 s.d. Rp. 350.000; Menurutku sih masih dalam kategori affordable price, apalagi buat kalian yang ingin foto prewedding dengan tema indoor JONAS PHOTO bisa jadi salah satu alternatif nih karena harganya yang sudah pasti cocok di kantong sehingga bisa menghemat sebagian budget kalian.

paket "STUDIO CASUAL" untuk 1-2 persons / couple

Ada juga booklet dengan pilihan paket lain yang biasa digunakan untuk kepentingan foto wisuda, foto keluarga, dan foto lainnya dengan kapasitas di atas 2 persons.

pilihan paket lainnya

Setelah berunding, kami memutuskan untuk memilih paket "ACTION 9" untuk 1-2 persons. Paketnya itu terdiri dari 9 foto pilihan, 9 lembar foto ukuran 4R, 1 lembar foto 40x40 + Lam + Blok, dan 1 buah CD. Kemudian kami ke kasir untuk konfirmasi pengambilan struk kode booking dan nomor antrian. Saat itu kami mendapat nomor antrian 24A dengan urutan antrian berjalan kalau tidak salah sekitar nomor 14. Staff di sana memberitahukan bahwa 1 nomor antrian itu pengerjaannya kurang lebih 20-30 menit. Jadi prediksi kami mulai pemotretan itu sekitar 5-6 jam lagi. Lama banget kan, tapi OK lah! karena masih dalam area Mall hajar terus kapten...hahaha.

Ya sudah, jadinya kami berkeliling Mall sebentar lalu mampir ke restoran untuk makan siang, jajan ice cream, dsb lah sampai bingung mau ngapain lagi, hahaha. Selepas solat magrib aku coba telepon untuk menanyakan antrian, dan staff-nya bilang "sudah nomor 22, ibu". Akhirnya kami kembali turun menunggu di JONAS PHOTO daripada di skip karena belum stand by di studio dan dilanjutkan ke nomor berikutnya, malah jadi lebih lama lagi nanti.

JONAS PHOTO menyediakan beberapa kursi panjang agar customer dapat menunggu antrian dengan nyaman, tapi kalau sedang ramai saat weekend atau libur tanggal merah dimaklumi saja Readers kalau kalian harus berdiri untuk menunggu antrian. Oh iya kalau kalian merasa lelah dan ingin reschedule jadwal pemotretan di hari berikutnya kalian bisa konfirmasi ke staff di sana. Waktu itu sih biar gak bete aku berkeliling store untuk melihat hasil-hasil jepretan mereka. JONAS PHOTO juga menjual banyak bingkai foto lucu-lucu yang beragam ukuran dengan kisaran harga mulai dari Rp. 30.000 ke atas. Aku tunjukin ya...

hasil foto paket "STUDIO CASUAL" 

hasil foto untuk paket lainnya atau group

ada foto untuk baby & kid juga 

beragam variasi frame / bingkai foto yang dijual



"Antrian Nomor 24" teriak staff yang keluar dari studio, finally tiba giliran kami. Ketika masuk, ternyata studionya cukup besar dengan berisikan banyak properti dan cermin besar agar kita bebas bergaya dan berekspresi. Kami diberi waktu beberapa menit untuk merapikan diri.  Di dalam hanya kami bertiga (aku, pacarku, dan seorang fotografer). Lalu kami diarahkan oleh fotografer untuk rileks saja dan juga diberikan arahan pose begini begitu. "Maaf mas tangannya boleh gini gak, matanya fokus ke cermin ya mba, bla bla bla". Oh iya, jangan juga kesal atau bete karena merasa lama menunggu antrian ya apalagi di saat ramai karena percuma, memang prosedur pemotretan butuh waktu agak lama agar hasil jepretannya juga bagus, kan untuk kepuasaan kalian sendiri. 

Hmmm gak terasa ternyata photoshoot sudah selesai. Kami keluar dan menemui staff untuk memilih hasil pemotretan tadi. Setelah melihat-lihat ternyata fotonya ada 12x jepretan. Lalu staff memberikan kami pilihan apakah mau ditambahkan caption pada foto atau tidak, apakah kolasenya ingin yang teratur atau model acak. Kebetulan ada 1 foto lagi yang kami suka, maka kami tambahkan ke dalam orderan dan dikenakan biaya tambahan (retouch) Rp.35.000 per foto. OK! orderan kami selesai dan lanjut untuk melakukan pembayaran. Nah setelah selesai membayar jangan lupa simpan struk kalian ya, karena itu dibutuhkan saat pengambilan hasil foto. Di dalam struk juga tertera tanggal pengambilannya, ya sekitar 1 mingguan deh.

Taaaaraaaaa!!!! Anggap saja sudah lama tak bersua, hahaha lanjut cerita pengambilan hasil foto ya. kurang lebih seminggu deh nunggu telepon dari JONAS PHOTO, tapi akhirnya inisiatif buat langsung telepon sendiri dan ternyata sudah bisa di ambil. Aku kesana lagi tanggal 9 Maret pas tanggal merah juga, ya lagi-lagi suasana ramai. Tapi berhubung aku cuma mau ambil pesanan hanya sekitar 20-30 menit, dan ini dia beberapa hasil fotonya ^.^

hasil foto asli kamera

hasil foto editing untuk cetak 4R

Dan ini yang aku dapatkan dari paket "STUDIO CASUAL" ACTION 9 yang aku pilih kemarin

1 lembar foto 40x40 + laminasi + blok putih, 1 buah cd, dan foto cetak 4R

foto cetak ukuran 4R 

struk pelunasan order, 1 buah cd dalam amplop coklat, dan catatan produksi

Kertas pink yang di atas itu merupakan catatan produksi yang berisi tanggal penerimaan dan tanggal selesai pengerjaan, catatan orderan kita, nama fotografer dan tim editing juga tercantum di dalamnya. Sedangkan di dalam CD berisi hasil asli foto dari kamera, dan juga hasil foto editing dari JONAS PHOTO yang dicetak untuk ukuran 4R seperti foto yang aku cantumkan di atas. File hasil pemotretan hanya disimpan di JONAS PHOTO maksimal 1 bulan setelah pemotretan.

amplop coklat berisi CD dan juga alamat studio JONAS PHOTO

Terima kasih sudah membaca cerita ku ini, semoga bermanfaat ya dan bisa jadi salah satu referensi kalian yang ingin melakukan photoshoot :) Baiklah, mungkin ada beberapa yang akan aku simpulkan bahwa JONAS PHOTO itu :

  • Affordable price
  • Service??? OK lah...karena staff SPG dan SPB nya ramah, juga friendly
  • Best quality
  • Konsep store-nya unik, lucu, dan juga colourful