Jumat, 23 Februari 2018, akhirnya tercapai juga keinginan saya untuk berkunjung ke Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci. Kapal tersebut dikabarkan berlabuh di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin sejak hari Rabu (21/2) dan kembali berlayar pada Jumat siang (23/2). Kapal ini terbuka untuk dikunjungi oleh masyarakat.


Saya yang memang sedari kecil menyukai wisata edukatif akhirnya berangkat dari rumah sekitar pukul 7.30 pagi. KRI Dewaruci menerima kunjungan mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore waktu Indonesia Tengah. Cuaca pagi Jumat itu lumayan mendung & dingin namun tak menyurutkan masyarakat yang begitu antusias berkunjung. Mayoritas yang berkunjung adalah para siswa sekolah baik TK, SD, SMP & SMA, selebihnya adalah mahasiswa & masyarakat umum yang datang atas nama individu, keluarga, komunitas & lembaga.

KRI Dewaruci sendiri adalah kapal latih untuk kadet/taruna Angkatan Lait yang berlayar ke berbagai wilayah. Kapal ini diproduksi di Jerman pada tahun 1953. Dihiasi berbagai ukiran khas nusantara serta bendera-bendera dari berbagai negara yang berhasil dikunjungi memuat kapal tersebut terlihat keren!

Di KRI Dewaruci kita boleh berfoto baik di atas kapal bahkan berpose bersama para prajurit TNI AL yang berseragam lengkap. Selain itu juga ada bazar yang menjual baju kaos, topi & gantungan kunci khas KRI Dewaruci & Angkatan Laut. Mantap!!

KRI Dewaruci, masyarakat Banua menanti kembali kedatanganmu.
Jalesveva Jayamahe.