Assalamu'alaikum

Orang tua mana sih di dunia ini yang tidak ingin dikarunai seorang anak? Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa memiliki momongan itu merupakan impian bagi setiap pasangan suami istri, terutama bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Anak perempuan sangat berbeda sekali dengan anak laki-laki, dimana anak perempuan lebih peka perasaanya dibandingkan anak laki-laki.

Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua harus memahami betul bagaimana cara mendidik anak perempuan sejak dini yang sangat peka terhadap perasaannya. Seperti yang dikutip dari salah satu situs parenting terpopuler di Indonesia bernama Popmama.com, ada beberapa tips yang tepat dalam mendidik anak perempuan.

Tips-tips seperti apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Ajarkan Si mungil Sifa-Sifat yang Terpuji

Karena anak perempuan sangat peka perasaannya, maka anak perempuan lebih senang jika dipuji atau diberi penghargaan terhadap apa yang mereka lakukan. Oleh sebab itu, ajarilah anak perempuan mu dengan sifat-sifat terpuji.

2. Beri Pengajaran Supaya Menjadi Anak Yang Rajin

Suatu hari nanti setelah dewasa anak perempuan kita akan menikah dan mempunyai suami, sehingga pada saat mereka berumah tangga akan mengurusi suaminya. Oleh sebab itu, ajarilah putri anda sejak dini supaya rajin untuk membantu ibunya mengurus rumah tentunya dengan kadar kemampuannya.

3. Ajarkan Anak Akan Harga Dirinya

Seorang anak perempuan harus mengetahui betapa berharganya dirinya, terutama aurat mereka. Ajarkan mereka untuk tidak mengumbar auratnya. Seharusnya sejak dini mereka diajarkan untuk menutup auratnya dengan baik, sehingga diharapkan mereka dewasa nanti menjadi wanita yang bisa menjaga dirinya terutama auratnya dari laki-laki yang bukan mukhrimnya.

4. Jangan Terlalu Membentaknya
Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan di atas tadi, bahwa anak perempuan itu sangat peka terhadap perasaan. Maka dari itu, anda sebagai orang tua jangan terlalu membentaknya. Pasalnya, hal tersebut akan berdampak buruk pada kondisi psikisnya. Dengan kata lain, disini anda harus memiliki ketegasan dan bukan dengan cara kekerasan seperti membentaknya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips yang ampuh dalam mendidik anak perempuan.

Lain waktu akan saya ulas lebih mendalam lagi ya karena belajar tentang parenting artinya never stop learning.

Semoga bermanfaat ya tulisan singkat kali ini🤗