Assalamu'alaikum....

Senang sekali ketika saya melihat, membaca, dan menyaksikan para ibu yang tetap menyusui bayinya walau sedang di luar karena dengan kondisi ASI lancar tidak ada alasan untuk tidak memenuhi hak anak untuk mendapatkan full ASI selama 2 tahun, kan??

Tapi, bagi sebagian ibu menyusui bayi saat berada di luar ruangan, saat jalan-jalan atau shopping atau hanya makan di luar, adalah hal yang cukup merepotkan karena harus ada ritual "buka-bukaan" yang bikin rikuh.

Sebenarnya sih ga repot-repot amat, apalagi kalo tempat tujuan kita menyediakan ruang khusus menyusui atau nursery room. Tapi, memaaaang adakalanya ruangan menyusui yang disediakan itu kurang enak, entah pengap, kotor berdebu atau sempit dan ga bisa relax.

Pernah nih aku jalan-jalan ke salah satu kota hietz di pulau Jawa, mengunjungi beberapa destinasi dan salah satunya adalah taman kota nya dan saya lumayan kaget dibuatnya ketika melihat ruangan menyusui yang tak terawat. Kosong tak ada yang memakai. Padahal hari itu ramai sekali orang-orang berkunjung. Yah, siapa juga yang ingin menyusui di tempat berdebu seperti itu, ya kan?💔

Karena ga selamanya ketika kita di luar ada fasilitas ruangan menyusui dan sebagai ibu yang tetap ingin memberikan ASI kepada anak, maka pilihan penggunaan apron adalah satu yang bisa kita ambil.

Apron, tau apron kan yah?

Eh, ini mah celemek yah, hehe

Apron memang bisa dipakai juga di dunia perdapuran, istilah yang lebih lazim adalah celemek.

Maksud saya apron menyusui atau nursery cover seperti di bawah

Sumber: celemekindonesia.com


Dulu saya sempat punya apron menyusui tapi ga pernah dipakai karena saya ga merasa sreg makainya. Kenapa? Soalnya apronnya cuma menutupi bagian depan aja dan dikalungkan ke leher untuk penyangganya. Saya sudah membayangkan gimana ribetnya menyusui dengan apron itu, "Bagaimana kalau bayinya ga awet nyusu karena kegerahan? Bagaimana kalau disibak bayi tiba-tiba apalagi sisi samping ga terlindungi? 🙈 oh tidaaakkk...

Jadilah akhirnya si apron hanya teronggok manis di lemari baju. Padahal itu hadiah dari teman saat aqiqah anak pertama. Duh, maaf ya, Jeng!? 🙇

Setelah melahirkan anak kedua pun saya tak memasukkan apron sebagai barang yang wajib dibeli menjelang lahiran. Tidak juga berharap ada hadiah dari teman. Saya benar-benar hanya memanfaatkan kerudung lebar saya saja untuk menutupi bayi saat menyusui di luar.

Tapi, bayi saya ga suka cara itu, dia meronta-ronta ketika kerudung saya sempurna melingkupi badannya 💔 Mungkin karena gerah kali ya secara ASI itu hangat, ditambah diminum di "ruangan"  tertutup. ..  Jadi, satu-satunya cara adalah saya cari pojokan yang ga ada kemungkinan orang lalu lalang, baru deh bisa menyusui dengan tenang. Di kota saya belum ada trend fasilitas ruangan menyusui jadi ya saya akui memang rada ribet untuk kekeuh ngASIh di luar.

Hingga suatu hari saya terdampar di website brand perlengkapan ibu hamil dan menyusui dan menemukan jenis apron gaya baru. Apron yang dikombinasikan jadi scraf. Jadi, selain untuk menyusui apronnya juga bisa mempercantik penampilan busui. Aaww,  laaffff! 💖

Apron multi-using

Saya sukaak banget sama apron scraf ini, benar-benar bisa diandalkan sekali. Ketika menyusui aurat kita sempurna terlindungi dan anak pun ga gerah karena ada celah di bagian leher tempat kita mengintip "kegiatan" bayi.


Selain aman ketika dipakai meng-ASI-hi di luar rumah, apron scraf ini juga penolong saat saya memilih kerudung pendek untuk hang out dan bagi saya yang muslimah apron scraf ini sempurna menutupi bagian dada dan punggung yang ga tertutupi dengan baik oleh kerudung pendek saya. Lafff lagi! 💖

Ga tau lah pokoknya, pertama kali pakai apron scraf ini saat diajakin suami buka puasa di luar kemarin benar-benar nyaman dipakai. Karena nyaman inilah saya merasa kepercayaan diri meningkat beberapa kali walau dengan make-up seadanya - karena status sebagai mommy rempong berbuntut 2- plus "anugerah" mata panda, kerutan tipis, dan bekas jerawat yang kompak barengan numpang eksis 😂.

Apron yang ga terlihat seperti apron 👏

Kalau kalian kepoin, ternyata apron ini multi-use loh alias banyak fungsinya. Ok, akan saya jabarkan kegunaan apron jenis ini yang sekaligus menjadi nilai plusnya.

1. Selain berfungsi sebagai apron dan scraf (kalo saya scrafnya dilebarin yah, jadi ga keliatan bener-bener scraf), apron ini juga bisa dipakai untuk melindungi bayi dari debu, angin, dan sinar matahari saat moms bepergian dengan sepeda motor.

2. Bahannya lembut, jahitannya rapi, adem juga karena terdiri dari 95% katun dan 5% spandek yang pastinya berkualitas tinggi. Campuran serat spandeknya membuat apron ini fleksibel dan enak ketika tersentuh kulit. Jadi, bayi ga merasa gerah walau menyusu di "ruangan" tertutup.

3. Desain trendy minimalis. Ini apron saya akui minimalis banget tapi desainnya bikin pede banget makainya. Pokoknya ga bakal takut terlihat jadul deh

4. Mudah dipasang dan dilepas dan ga ribet untuk memastikan semuanya tertutup saat menyusui di luar

5. Bisa digunakan sebagai alas duduk bayi di troly belanja dan car seat untuk melindungi bayi dari kuman karena penggunaan fasilitas umum.

6. Selain untuk nursery cover juga bisa buat stroller cover alias penutup stroller saat cuaca dan angin ga bersahabat bagi bayi kalian yang sedang tertidur.

7. Setelah menyusui selesai apron scraf ga perlu dimasukkan dalam tas, dipakai dari awal berangkat sampai pulang ke rumah juga ga masalah karena memang style nya fashionable banget.

Bahannya lentur dan adem, jahitannya rapih! 

Seperti biasa kalau ada suguhan review produk selalu ada pros and cons nya ya. Nah, kalo cons nya alias nilai minusnya produk ini hanya bisa dibeli di websitenya langsung. Dijamin ori, asli, no kw. Eh, ini nilai minus atau plus yah 😅.

Ngomong-ngomong dari tadi saya cuap-cuap tentang apron scraf ini tapi belum kasih tau brandnya yah 🙈.

Multi-use apron scraf ini adalah salah satu produk andalan dari brand premium Mooimom, salah satu brand perlengkapan untuk ibu hamil dan menyusui yang recomended banget.

Bagaimana cara pesannya?

1. Kalian buka dulu websitenya di sini Mooimom Indonesia

2. Cari kategori yang kalian inginkan, misalnya kalau apron saya ini ada di kategori Aksesoris Menyusui

3. Pilih produk apron yang kalian inginkan. Jika ingin deskripsi lengkap produknya kalian bisa klik gambarnya, misalnya jenis Multi-use nursing scraf seperti punya saya. 

4. Setelah memilih warna, kemudian masukkan keranjang, checkout, dan bayar. Selesai, tinggal duduk syantik di rumah nunggu barang datang 🤗



Banyak pilihan motifnya, moms suka yang mana? 


Selain via website, Mooimom juga bisa kalian kepoin produknya di fanspage Facebooknyadan instagramnya.


Hello, mahmud pejuang ASI yang ingin tetap kece menyusui di luar dan tetap ingin terjaga, welcome to our style 🤗😘