Assalamu'alaikum....


Drama pergantian template blog belum berhenti. Setelah mengganti dengan template yang baru, saya menemukan 2 masalah, pertama Google Analytics yang tidak terbaca oleh template yang baru dan kedua ada kredit bawaan template yang lumayan mengganggu.

Untuk yang Google Analytics sudah terpecahkan. Saya harus memasukkannya di kode script. Lengkapnya ada di tulisan saya sebelumnya.

Baca juga: Ketika Google Analytics Tak Terbaca

Untuk yang masalah kedua saya sempat bingung 7 keliling gimana solusinya. Kredit templatenya itu ada di bagian bawah setiap blogpost, isinya tentang copyright template.

Ini kredit yang saya maksud. Bisa diedit dengan profil kita, tapi saya lebih milih delete aja


Saya bukan mau menghilangkan hak cipta nya loh, sama sekali bukan. Saya hanya ingin merapikan blog saya dengan menempatkan "interior" dengan benar. Menurut saya lebih pas kalo copyright pembuat template ada di bagian footer blog saja, jangan di setiap blogpost.

Ini bagian footer blog, isinya copyright template. Masih asli 👌


Pertama yang saya lakukan adalah saya cari di bagian "tata letak" di menu dasbor, bolak balik keluar masuk hasilnya nihil, saya tidak mendapatkan di mana kolom yang bisa saya ubah deskripsi profilnya.

Pergilah saya ke website asalnya si template ini, berharap ada secuil pencerahan.  Ubek sana ubek sini ga ada juga, duh!

Lalu, saya kepikiran untuk membuka kode script, siapa tau ada? Akhirnya saya beranikan diri scroll scroll ke bawah sampai ke baris 3099 tiba-tiba mata saya mendapatkan barisan kalimat yang saya maksud. Yes, dapat!

Mayaan.... kriting jari scroll sampai baris 3000an

Simpel aja sih tapi bagi saya si amatir ini, membuka dan mencoba utak atik kode script seperti menantang teror, salah sedikit bakal kacau balau halaman blog.

Ok, kembali ke masalah yang tadi. Jadi, saya sudah dapat tulisan kredit yang mau saya hapus itu, tapi eh tapi ternyataa kode script ga bisa diedit lewat hp.

Saya baru tau, hiks!

Biasanya kan saya memang pakai PC kalo urusan koding-kodingan yah

 *haha *sok bisaaa,

Tapi saat itu modemnya ga ada kuotanya, jadi gimana donk??

Padahal sejentik lagi ini saaayy! *tiba-tiba gemes sendiri 😣

Akhirnya setelah gugling sana-sini saya dapat solusinya. Ternyata memang kode script blogger ga bisa diedit langsung di dasbor lewat hp. Melainkan harus mengunduh aplikasi editor script dulu di playstore.

Long story short, saya mengunduh Quickedit Editor untuk bisa mengedit kode script lewat hp.

Punya aplikasi Quickeditor memang sangat sangat sangat membantu *laafff

Gimana caranya?

1. Unduh template kita via dasbor blogger
Buka di thema > back up > klik download thema

2. Lalu, buka aplikasi Quickedit Editor
3. Buka unduhan
Bula berkas unduhan dan klik file tema berupa xml
4. Lautan koding is ready to utak-atik 😂 (saya senyum-senyum dulu liatnya supaya ga nervous, haha)
Find and delete
5. Save html template baru, kasih nama ya biar mudah mencarinya

6. Buka lagi dasbor blog, masuk ke thema dan upload template yang sudah diedit. Well done!

Jadi, kredit template tadi saya hapus deh pakai aplikasi itu. Sudah selesai,  yeaaaay 🎉

Gitu doank yah?

Iyaaah, gitu doank 😂 tapi kubahagiaaa bisa menyelesaikan masalah template ku sendiri *alhamdulillaah

Ini bagian yang mau saya hilangkan

Setelah melalui tutorial singkat di atas, sekarang kreditnya sudah hilang 

Mungkin ini terlihat sederhana dan sangat mudah bagi kalian, tapi karena saya baru di dunia blogging dan jujur zaman sekolah kalo ada pelajaran TI bawaannya bosan bin suntuk (dan sekarang saya menyesal!) jadi pencapaian semacam ini rasanya "waah" banget di saya. Oleh karena itu, saya ingin menulis dan membagikannya, semoga yang sedang mengalami hal yang sama bisa terbantu.

Oya, selain Quickedit Editor ada juga aplikasi android lainnya untuk editing html, hanya saja saya tidak mencoba yang lain, jadilah saya hanya mereviewkan dan mencontohkan ini saja. Mungkin kalian bisa mencoba aplikasi editing lainnya, siapa tau lebih mudah.

Ok, gengs, sekian review plus tutorial singkat kali ini. Semoga bermanfaat yaaa 🤗

**Tips**
Oya, untuk informasi  bersama, sebelum mengunduh template yang sudah diedit coba kalian terapkan dulu di blog lain terlebih dahulu, blog kosong lebih baik. Kalo sudah ok tampilannya dan sudah sesuai baru deh kamu unduh untuk blog kamu.

Oya(2), mengubah koding di aplikasi Quickeditor tidak akan mengubah koding blog kamu kalo kamu belum mengunduh template yang diubah itu.