Assalamu'alaikum ....


Hailoo.... Apa kabar?
Sudah 4 hari blog saya 'ganti baju' alias berganti template alias tema.

Ih, ganti-ganti terus yah,

Iyah, haha....

Saya memang termasuk yang paling sering ganti tema. Kalo blogger lain bertahun-tahun sanggup ga ganti tema, saya kayanya 6 bulan aja udah rekor terlama ga ganti tema.

Ya elah, emang berapa lama sih sudah nge-blognya??

Baru 13 bulan 😂

Sebagai newbie di bidang blogging membuat saya secara ga langsung ingin belajar seluk beluk blog, termasuk template dan tetek bengeknya. Dari 13 bulan menjadi seorang blogger, baru 9 bulan yang meng-handle sendiri termasuk mengganti templatenya, sebelumnya saya minta tolong temen yang ahli.

Entah bisa dibilang kemaruk atau keranjingan, selama 9 bulan itu mungkin 10x ada kali ya saya mengganti template, hahaha, ngeriii....

Rempong ga sih? Rempong bangett, apalagi awal-awal belajar, subhanalloh, rasanya tu horor tiap kali mau ganti, tangan kaki macam orang demam panggung, tapi ga diganti koq tampilan blognya kurang sreg di mata dan di hati.

Akhirnya, dengan pengalaman-pengalaman yang sejentik itu saya punya kriteria tersendiri ketika memilih template gratis. Sudah pernah saya ulas lengkap yaa, monggo pinarak,

Baca juga: Hal-hal yang Harus diperhatikan Ketika Memilih Template Ala Pemula

Sebenarnya sih saya sudah cucok lah dengan template terakhir sebelum ini, tapiii karena saya pernah sok coba-coba untuk mengganti font body-post dengan mengikuti tutorial di internet dan hasilnya gagal, font saya malah jadinya aneh, spasinya dempet, ga enak banget dibaca. Kasian yang sudah berkunjung kalo fontnya bikin sakit mata apalagi tulisannya panjang-panjang karena kebanyakan curcol. 

Akhirnya sodara-sodara, template saya resmi berganti dengan yang ini. Yeaaah🎉 please give me - the amateur one- keprokkeprok 👏 *LoL 😂

Saya menjatuhkan pilihan di template ini karena semuaa yang ada di sini masuk dalam kriteria template yang saya inginkan, terkecualii.....

GA FRIENDLY GOOGLE ANALYTICS!!!

Sudah sreg banget sama semua komponen tapi pas dicek....  eng ing eeeng, Google Analytics alias GA nya NOL sodara-sodara sekalian! *zoonkk

Panik?? Lumayan... Soalnya saya termasuk blogger yang suka pantengin traffic di GA, yaah walaupun jalannya kaya siput. Apalagi biasanya job-job datang dengan melihat GA si empunya blog.

When GA meet up with nol, aku kudu piye? 

Tapi, karena saya punya pengalaman sebelumnya jadi saya sudah bisa memperkirakan di mana masalahnya. Kalo waktu itu solusinya saya ganti template lagi tapi, untuk kali ini, hmm, saya rada berat melakukannya. Jadilah akhirnya saya ubek-ubek sendiri tutorial ini itu daaan voilaaa.....  Traffic GA langsung jalan.

AlhamduliLlaah 💖💖💖.

Kamu, kamu, kamuu, pernah punya masalah yang sama?? Atau lagi sedang dalam masalah yang sama? Lanjutkan bacanya yaa....

GA Nol, Aku Harus Apa??

Saat kalian ganti template apa yang harus dilakukan pertama kali? Kalo saya sih selalu nge-cek traffic GA, karena dari pengalaman yang sudah-sudah ada template yang ga GA friendly alias kudu rempong masukin kode GA ke kode script.

Jadi, sebenarnya di menu dasbor blogger itu ada tempat naruh kode GA. Tapi, ada beberapa template yang ga mau membaca, dan harus dimasukkan ke kode script.

Cara pertama, pastikan dulu kode GA sudah dimasukkan ke dasbor

Jika dengan cara itu belum bisa terbaca trafficnya, gimana?

Maka, pakai cara kedua, yaitu dengan masuk ke editor html. Tapi, sebelumnya kalian harus ke akun Google Analytics kalian dulu ya.

Di dasbor GA, buka admin > setelan properti > info pelacakan > kode pelacakan

Menu admin itu letaknya di paling bawah ya gengs

Sudah?

Naah, sekarang perhatikan yang di kotak itu, copas yaa, lalu buka kembali dasbor blogger kalian, masuk ke menu template lalu edit html,

Setelah sudah terbuka 'lautan koding" cari <head> lalu masukkan di bawahnya copasan koding dari GA tadi,
Cara kedua, koding!
Santai aja, buk, mukanya, kaya di pantai 😅


Struktur awal 


Ga perlu ctrl+F, karena ternyata letaknya di atas, tepatnya baris ke 4. Jangan lupa disave ya.

Sudah?

Nah kalo sudah, sekarang balik lagi ke Google Analytics dan perhatikan trafficnya. Menurut saya setelah memasang kode GA ke script traffic blog akan langsung terbaca, tidak perlu menunggu 1x24 jam.

Hanya saja memang setelah berganti template traffic agak menurun dari biasa, hal itu katanya sih masih wajar, karena blog kita mengalami perubahan struktur sehingga mesin pencari harus ekstra kerja keras lagi mengenali struktur baru blog kita.

Semoga setelah ini saya bakal awet deh dengan template yang ini, udah cucok lahir batin, insya Alloh *apa siih. Dan memang seharusnya jangan terlalu sering gonta-ganti tema sih ya, karena selain merepotkan search engine, juga akan mempertaruhkan nasib DA kalian alias bisa anjlok. Aih, sereeem 😧.

Naaah, itulah ya manceman tutorial singkat bagaimana mengatasi GA yang tidak terbaca. Ternyata ga se-horor yang saya kira. Apakah drama pergantian template sudah selesai? Beluuumm, masih ada lanjutannya 😌

Finally, semoga bermanfaat yaa tulisan kali ini.