Assalamu'alaikum. ...

Sudah setengah bulan saya ga update blog dengan tulisan terbaru. Alasan pertama karena blog saya kena jingling, padahal sudah https dan pasang anti jingling di dasbor. Tapi, entah kenapa kayanya mental semua, jingling masih bergentayangan hingga 3 pekan lamanya. Melihat traffic yang labil tuh rasanya malesin banget, karena kalo pas menjulang tinggi saya udah yakin pasti bukan visitor asli dan beberapa hari setelah itu traffic akan jatuh ke titik terendah. Asli labil banget. Padahal itu trafficnya lihat di GA. Asli labil, asli bingung juga.

Google Analytics koq bisa jingling???????? (Boleh ga pake tanda tanyanya 20x??)

Alasan kedua karena saya terlena dengan novel-novel baru. Kalo biasanya saya berteman dengan tuts gadget untuk nulis, sekarang saya berkelana di antara barisan kata dalam cerita. Kesenangan yang harus saya bangun di antara kesepian-kesepian karena nyaris ga punya tetangga. Hiks....

Alasan ketiga karena saya mulai kerepotan dengan urusan domestik, hihi, klise ah, semua ibu juga punya urusan di ranah ini, kan ya? Nothing special.

Begitulah ceritanya manceman, kenapa blog saya rada-rada berdebu, semoga masuk ke sini ga bersin-bersin ya..  

Yaaak, sekian curcolnya dan terimakasih 😹

🕌🕌🕌 

Memasuki bulan Mei ini saya ingin menulis sesuatu yang memang sudah berputar-putar di kepala saya, apalagi kalo bukan karena sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Bagi kita umat Islam, this is realy important month. Auranya tu beda banget. Oleh karena itu banyak yang berlomba-lomba mempersiapkan diri untuk menyambutnya.


Persiapannya apa saja? Di tulisan ini saya mencoba untuk membaginya menjadi 3; persiapan materi, persiapan fisik, dan persiapan tarbiyah.

1. Persiapan materi
Ini bukan melulu soal bagaimana menjatah budget bulan puasa. Iya, itu penting koq karena memang biasanya pengeluaran konsumsi di bulan puasa lebih banyak dibanding bulan sebelumnya (padahal kan puasa ya, koq jadi lebih banyak? Hehe, kalian jawab sendiri ya)

Dan mungkin bagi sebagian orang biasanya akan membeli baju dan alas kaki baru. Kita bisa manfaatkan di waktu ini, ya sebelum puasa. Selain ga mengganggu waktu ibadah juga biasanya harganya masih normal dan lalu lintas pasar masih manusiawi untuk dilewati.

Apa? Kamu beli online? Ga ada salahnya juga beli sebelum puasa, cause we know so well kalo sudah mendekati lebaran traffic ekspedisi luar biasa padat sampai over load.

Dan, naaah yang ini yang juga tak kalah penting, kita sangat hapal bahwa di bulan ini segala amal dilipat gandakan, maka siapkanlah juga materi untuk beramal. Bersedekah, berinfaq, dan yang pastinya berzakat fitrah.

Jadi, siapkan materi terbaikmu, ya gengs!
Can't agree more

2. Persiapan fisik
Persiapan fisik saya urai lagi menjadi 3 ya;

2.1 Persiapan jasmani
Persiapan jasmani penting banget, yah, kalau kurang fit ibadah juga pasti kendor. Kebetulan bulan puasa ini ada di peralihan musim alias pancaroba, walaupun sudah lebih sering terik sebenarnya. Jadi, kudu dijaga kesehatannya ya jangan sampai drop. Persiapan jasmani bisa dengan jaga pola makan (jangan jajan sembarangan), jaga gaya hidup (jangan begadang terus, olahraga mak olahraga 🙈😁), dan jaga pola pikir (stay positive thinking, jangan suka judging, hindari debat kusir).
Let's be 💪 guys! 


2.2 Persiapan dapur
Menyiapkan dapur untuk menyambut Ramadhan intinya adalah mengorganisir segala keperluan dan bahan pangan agar bisa efektif dan efisien. Misal, membuat menu buka puasa dan sahur selama Ramadhan menyetok lauk di dalam freezer untuk sepekan, membuat bumbu instan homemade, dan membeli persedian bahan pangan kering untuk sebulan.
Contoh menu buka puasa dan sahur
Kemarin teman saya mengunggah catatan menu Ramadhan keluarga kecilnya di instastory, full sebulanan plus budget tiap menu. Terrbaiik lah memang. Saya? Saya nyontek dia aja 😁. 



Saya pikir dengan menyiapkan segala hal di atas dapat memangkas waktu belanja dan memasak. Tidak lagi bolak-balik warung, tidak keseringan wara-wiri di pasar, juga tidak terlalu lama lagi mengeksekusi bahan pangan di dapur karena lauk, sayur mentah, dan bumbu instan sudah disiapkan. Alhasil banyak waktu yang bisa kita gunakan ke hal yang lebih berfaedah.



Ini contohnya ya, bumbu instan homemade. Punya saya menyusul
Sumber: monicsimplekitchen.com

2.3 Persiapan rumah
Maksud saya persiapan rumah itu lebih pada bersih-bersih perabot rumah tangga, seperti karpet, jendela, rak bagian atas, kulkas, taman dan bagian rumah lain yang sering luput ketika bebersih harian. 

Ngomong-ngomong kulkas, mungkin inilah waktunya kita men-set ulang kulkas. Yang biasanya kulkasnya bejibun dengan tetek bengek bahan makanan mulai sekarang bisa nih dirapiin lagi supaya mudah dan efisien. 

Seluruh perkakas dalam kulkas keluarkan aja dulu, pilih mana yang akan dibuang (siapa tau ada cabe busuk nyempil misal), lap hingga bersih, lalu atur lagi sedemikian rupa sambil mengorganisir bahan pangan siap eksekusi. Ini ada kaitannya juga dengan poin 2.2 di atas.
Kulkas siap diisi stok bahan pangan instan homemade 🤗


Apa manfaatnya? Membersihkan rumah saat sebelum puasa mengisyaratkan bahwa kita menyambut puasa dengan keadaan bersih lahir batin, semoga Ramadhan juga akan menyambut kita dengan baik.

Manfaatnya yang lain saat menjelang lebaran nanti kita tidak terlalu memvorsir tenaga untuk bebersih yang akan mengakibatkan kita dehidrasi atau bahkan pingsan 🤒.

3. Persiapan tarbiyah (pembelajaran)
Naah, inilah yang saya tunggu-tunggu sejak beberapa tahun lalu. Tahun ini saya pikir adalah tahun yang tepat mengenalkan sulung saya yang berusia 4 tahun tentang puasa dan yang segala berhubungan dengan Ramadhan. Tahun lalu saya masih disibukkan dengan suasana new mom karena kelahiran anak kedua, maka tahun ini akan saya sibukkan dengan membangun tarbiyah bersama anak.
Contoh aktivitas bersama anak selama Ramadhan
Sumber: guidebook Ramadhan for kids

Salah satu worksheet yang bisa digunakan untuk aktivitas Ramadhan

Selain anak, diri sendiri juga perlu ditarbiyahi. Jangan sampai bulan spesial ini dilewati dengan begitu saja. Supaya lebih terorganisir, siapkan jadwal ibadah dan kegiatan produktif lainnya, yuk. Biasanya kalo sudah kebayang planning ini itu kitanya jadi semangat 😊.


Itu tadi persiapan-pesiapan saya menjelang Ramadhan. Kalo kalian gimana, teman? Share yuk biar tambah semangat 🤗