Assalamu'alaikum....

Halo apa kabar, teman? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya. Bagaimana kabar resolusi 2018 kalian? Sudah dijalankan?

Tentang Resolusiku


Melakukan travelling adalah salah satu dari sekian daftar resolusi 2018 saya yang sangat ingin saya tunaikan. Bukan sekedar travelling di sekitar tempat tinggal saja, tapi saya ingin sekali merasakan pergi ke luar daerah atau bahkan luar pulau. Karena apa? Karena, ehmm, jujur saya belum pernah naik pesawat terbang. Lebih dari itu, saya ingin mengetahui lebih banyak lagi budaya negeri ini dan bentang alamnya yang sungguh mempesona.

🌴🌴🌴



Akhir Maret kemarin saya berkesempatan melakukan travelling ke Malang. Sebenarnya tidak murni liburan karena mengikuti suami pelatihan di kota itu. Tapi, itu saja lebih dari cukup bagi saya.

Waktu itu saya meminta suami untuk memakai maskapai Garuda saja, demi kenyamanan istrinya yang sama sekali belum pernah terbang ini. Tapi, sayangnya tidak ada penerbangan dari Palangkaraya - Surabaya tanpa transit dengan Garuda. Saya pun akhirnya mengikuti saran suami, yang notabene sering bolak-balik ke Jawa, untuk memakai maskapai Citylink. Oke lah, tak apa-apa kata saya, reputasi "adik Garuda" ini juga oke punya.

Selama sepekan di Malang saya merasa cukup puas. Wawasan tentang kota-kota dan destinasi wisata di Indonesia pun jadi bertambah. Lumayan sekali buat refreshing pikiran untuk IRT macam saya yang rentan stress. Iya, rentan stress karena kekurangan udara segar dan sinar matahari. Kurang piknik kalau kata orang.

Oya, saya sudah pernah bahas hubungan antara stress dan kekurangan paparan sinar matahari di sini.

Jadi, bisa dibilang saya cukup puas untuk my very first time travelling ini, ya cukup puas, sebelum saya melihat foto-foto liburan teman saya di sebuah pantai terkenal di kepulauan Bangka Belitung. Foto-foto pantai dengan airnya yang biru jernih, pasirnya yang putih berserakan, dan batu pantai yang khas itu, aargghh....saya tau, dia pasti sedang ada di pantai "Laskar Pelangi". Seketika itu juga berkelebat dalam hati,  saya juga ingin ke sana!

Saya yang penyuka warna biru garis keras memang mudah takluk dengan segala sesuatu yang berwarna biru. Apalagi ini adalah kreasi Tuhan, ciptaan yang tiada banding.
Pantai "Laskar Pelangi". Biru biru biruuuu
Sumber: wikipedia

Di daerah asal saya, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, sebenarnya pantai bukan sesuatu yang susah dijumpai. Kota kecil itu setiap tahun bahkan sudah seperti kota metropolitan saja karena macet di mana-mana. Ya, apalagi kalau bukan macet karena liburan. Pantai-pantai di Pelaihari memang menjadi tujuan favorit masyarakat Kalsel bahkan hingga Kalteng.

Saya? Jangan ditanya. Saya sendiri sudah lupa kapan terakhir ke pantai di kabupaten saya. Hehe.

Jangan bayangkan pantai kami seperti pantai di pesisir Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, Maluku, Papua ya (coba sebutkan lagi pulau yang lain). Kalau biasanya pantai itu identik dengan warna biru-kehijauan, maka di pantai kami berwarna......cokelat. Ya, cokelat. Entah apa yang salah hingga pantai kami warnanya cokelat. Tentu bukan hal yang indah dipandang karena warna cokelat diasosiasikan dengan hal yang kotor. Bapak saya pernah bilang penyebab warna cokelatnya air pantai kami karena banyaknya endapan tanah dari aliran sungai yang bermuara di pantai, karena provinsi kami punya banyak sungai hingga disebut kota Seribu Sungai.

Itulah mengapa saya sudah lama tidak pernah mengunjungi pantai di daerah sendiri. Sudah "kenyang" dengan warna cokelat yang sungguh tidak memanjakan mata.
Pantai Takisung di Kabupaten Tanah Laut. Keruh ya?
4 pantai lainnya juga kurang lebih sama 😢
Sumber: wikipedia

Oleh karena itu, destinasi wisata luar pulau selanjutnya yang ingin saya kunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi "Laskar Pelangi" dan Pantai Tanjung Kelayan yang saling bersebelahan dan hanya berjarak 2km, seperti yang dikunjungi oleh teman saya itu. Saya ingin melihat pantai yang sebenar-benarnya pantai.

Saya pikir setelah film Laskar Pelangi rilis tahun 2008, pantai itu akan segera kotor setelahnya karena kunjungan wisatawan ke pantai meningkat drastis. Nyatanya tidak. Pantainya masih biru bening sejauh mata memandang. Ah, benar-benar seperti magnet yang besar yang menarik saya dengan kuat.
Pantai Tanjung Kelayan
Sumber: dokpri Eko Ariyadi


Adalah Pulau Lengkuas yang menjadi tujuan favorit pengunjung pantai Tanjung Kelayan. Pulau yang memiliki mercusuar 18 lantai ini mempunyai pasir putih dan batu granit raksasa juga. Mercusuar peninggalan Belanda yang ada di pulau ini pun masih aktif sebagai navigasi laut, walau berumur lebih dari 120 tahun. Masih kokoh ya? Iya, karena menurut sumber terpercaya kalau ingin naik ke atas sana, pengunjung harus membilas kaki dengan air tawar karena air laut yang menempel di kaki pengunjung akan merusak bangunan mercusuar karena kandungan garamnya. 
Selain itu konon katanya di Pulau Lengkuas ini terdapat spot diving yang bagus dan menawan yang sayang dilewatkan. Waah, makin tambah pengen, deh. Pasti bocah-bocah pada senang karena bisa melihat biota laut dengan mata kepala sendiri. 
Perjalanan menuju  Pulau Lengkuas dengan mercusuar yang masih terawat
Sumber: dokpri Eko Ariyadi

Saya yakin mereka akan sangat menyukai ini. Di usia mereka yang masih dominan tahapan sensori tentu bermain pasir dan berkejaran dengan deburan ombak adalah sesuatu yang sangat membahagiakan hingga mereka akan mengenangnya sampai dewasa. Hangatnya sinar matahari, hembusan angin laut, bermain di sela-sela batu di pantai laskar pelangi, serta melihat langsung kehidupan bawah laut akan menjadi momen berharga di memori masa kecilnya.

Yuk nak, kita travelling lagi, ke pantai!?

🌴🌴🌴

Bersyukur sekali di zaman digital ini kita dipermudah dengan kecanggihan teknologi, termasuk pula dalam kemudahan mencari tiket pesawat. Ditambah dengan tuntutan kehidupan yang semakin tinggi dan beban pekerjaan yang semakin berat membuat orang ingin melepas penat dan stress dengan melakukan travelling. Sehingga, tidak heran jika situs travelling semakin menjamur.

Bagaimana Memilih Situs Travelling yang Baik


Ada beberapa tips dalam memilih situs pemesanan tiket pesawat dan hotel atau biasa disebut situs travelling, di antaranya;

1. Gratis dan terpercaya
Situs travelling yang baik tidak akan menyulitkan traveler dalam transaksi. Pembebasan biaya admin adalah salah satu parameter bahwa situs tersebut murni bertujuan untuk memudahkan travelling sehingga menaikkan trust para traveler pada situs tersebut. Istilahnya, making the best first impression. 

2. Hemat waktu dan uang
Situs travelling yang baik juga mempunyai aplikasi yang mudah digunakan dan tepat sasaran sehingga penggunanya langsung dapat memanfaatkan situsnya secara efisien. Situs travelling yang baik juga menyediakan tiket murah dan berbagai promo untuk traveler.

3. Menjangkau belahan dunia lain
Tidak hanya "jago kandang", situs travelling yang baik juga mempunyai link ke berbagai negara di dunia sehingga para traveler yang ingin melancong ke negara orang memanfaatkan satu situs yang sudah terpercaya dalam taraf internasional.

Dan dari ketiga poin tersebut, situs travelling Skyscanner mempunyai semuanya.

Skyscanner adalah situs yang wajib dikunjungi para traveler yang ingin mencari akomodasi saat melakukan travelling, seperti tiket pesawat, hotel, dan juga sewa mobil tanpa dikenai biaya admin sama sekali. Gratis dan terpercaya.

Situs ini juga menyediakan pilihan untuk mengetahui harga tiket pesawat dalam satu bulan sehingga traveler bisa memilih pesan pada tanggal termurah.
Harga tiketnya sudah tertera, tinggal pilih mau yang mana. Hemat waktu dan uang, kan? 

Kalau jiwa saya sebagai emak-emak melihat tampilan daftar harga seperti itu rasanya senang karena transparan sekali harga yang diperlihatkan, sehingga kita bisa mengatur kapan kita akan berangkat dan pulang. Budget pun bisa diperkirakan dengan jeli.

Situs ini juga mencangkup destinasi luar negara juga. Beberapa kantor cabangnya juga tersebar di beberapa negara, seperti; Spanyol, India, China, Singapura, Hungaria, dan Bulgaria. Karena ternyata, Skyscanner sendiri pusatnya ada di Inggris, jadi tidak heran kalau pelayanannya pun sudah taraf dunia.

Sebagian pilihan maskapai internasional. Diurutkan dari A - Z, tinggal scroll tinggal pilih

Berdasarkan pencarian mode bulan termurah, inilah harga tiket pesawat dari Jakarta ke Italia. Yuk, siapa mau ke Roma? Hihihi

Segala macam maskapai, baik dalam maupun luar negeri, tersedia lengkap di sini. Untuk destinasi dalam negeri dengan pelayanan maksimal juga ada, apalagi kalau bukan penerbangan dengan Garuda Airlines. Jadi, yang mau cari tiket pesawat Garuda di situs ini jelas mudah sekali.

Deretan maskapai terpopuler dari dalam dan luar negeri yang tersedia di Skyscanner. 

Mau dapat harga promo? Bisa banget! Coba kalian cari pilihan maskapai penerbangan yang tersedia di menu utama situs Skyscanner, misal Garuda, kemudian klik saja,  nanti kalian akan bertemu dengan promo-promo yang akan ditawarkan.

Atau kalau kalian penasaran langsung aja klik di sini Tiket Pesawat Garuda .
Salah satu promo di Garuda pada situs Skyscanner 

Selain info promo, di dalamnya juga ada ketentuan refund, jadwal penerbangan, serta syarat dan ketentuan penumpang yang diizinkan oleh maskapai yang memiliki rate 5/5 dari 400 lebih reviewer. Lengkap banget!

Mempunyai dua anak yang masih kecil membuat saya selektif memilih tujuan wisata termasuk pesawat yang akan mengantarkan kami. Perjalanan yang cukup lama harus diimbangi dengan kenyamanan yang sepadan agar anak-anak pun enjoy menikmati perjalanannya. Bagi kita dewasa mungkin sebentar, tapi bagi anak-anak waktu terbang 1 - 2 jam itu adalah waktu yang sangat lama. Oleh karenanya saya ingin nantinya menggunakan maskapai yang pelayanannya juara, fasilitasnya memadai hingga anak-anak terhindar dari kebosanan, dan juga jarang delayed. Ya, masalah keterlambatan juga momok bagi penumpang yang punya anak kecil. Bukannya berlibur ingin menghilangkan stress eh yang ada malah tambah stress karena anak rewel dalam perjalanan. Jangan deh, ya!

Nah, dari semua maskapai yang ada di Indonesia saya dari dulu memang suka dengan Garuda Airlines. Berdasarkan cerita suami saya (suami saja yang pernah, saya belum, hiks), di Garuda disediakan makanan minuman gratis, ada gadget yang bisa ditonton, pesawatnya bagus dan terawat, kabinnya nyaman dan lega, penerbangannya hampir tak pernah delayed (kecuali gangguan cuaca yang membahayakan penerbangan)

Benar-benar mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang.  

🌴🌴🌴

Setelah melihat dan mencari tau lebih dalam lagi tentang situs travelling Skyscanner ini saya langsung bersemangat untuk menyusun rencana liburan selanjutnya ke pantai keren itu, terutama karena ada pilihan "bulan termurah" yang membantu saya mengira-ngira tanggal keberangkatan.

Menurut saya, situs ini tidak hanya menyediakan tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil saja, tapi lebih dari itu.



Semoga saya aada rezekinya buat ke sana sekeluarga ya. Aamiin.....

Kalau kalian mau merencanakan liburan kemana? 🤗




Artikel ini diikutsertakan pada lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner


Sumber referensi:
1. www.skyscanner.co.id
2. www.visitbangkabelitung.com
3. www.wikipedia.com