Assalamu'alaikum....

Blogwalking untuk para blogger adalah sesuatu yang lazim didengar dan biasa dilakukan. Yaa, mirip-mirip stalking gitu sih, intinya jalan-jalan ke akun orang, tapi bedanya kalo stalking lebih karena kepo dan kalo blogwalking lebih karena kewajiban, hahah.  Loh? Eh, ga juga dink, blogwalking (BW) mah suka-suka blogger aja, ga mesti semua merasa wajib kudu harus BW ke blog orang.

Tapi, tau ga kalian manfaat BW? Ok, berikut beberapa hal terkait benefits of BW dilihat dari kacamata pemula nan amatir ini 😎 *lah bangga

1. Menambah teman

Pastinya donk kalo kita berkunjung ke blog lain jadi menambah daftar teman blogger kita, dengan catatan kita meninggalkan komentar di blogpostnya (biar ada rekam jejaknya)  dan biar mereka bisa melakukan kunjungan balik.

Kalo pas ketemu blog yang tulisannya asik pasti deh kita akan sering-sering ke sana. Syukur-syukur kalo BW kita berbalas alias si empunya juga mengunjungi balik blog kita. Nah, kalo saling berkunjung ini selalu berbalas lama-lama kita pun merasa berteman walau hanya sebatas di dunia blogging, ya ga?

2. Memperkaya kosakata dan gaya tulisan

Nah, ini yang paling saya sukai dari BW. Saya suka banget kalo ketemu blog yang punya kosakata baru dan ajaib, tulisannya renyah tapi bermutu, yang isinya kena banget, dan biasanya jadi saya kunjungi berkali-kali walaupun si empunya ga pernah BW balik, kutakpapa 😂. Yang penting saya dapat banyak ilmu dari blognya. Saya mah siapa atuh, hanya debu kosmik yang melayang-melayang di angkasa *eaaaa

3. Membuat tau banyak hal

Nah, yang ini lebih keren. Dengan BW saya jadi tau banyak hal yang sebelumnya saya belum tau.

Misalnya, sebelumnya saya cuma taunya kalo bunga sakura hanya bisa hidup di Jepang, ternyata dia bisa juga hidup di negara 4 musim lain, seperti di AS, bahkan bisa juga di Indonesia, dan itu setelah jalan-jalan ke blognya mba Dian Safitri yang menuliskan tentang bunga sakura di Kebun Raya Cibodas 🌸.
The survival sakura
Sumber: www.dianravi.com
Sayangnya, beberapa hari sebelum kedatangan mba Dian ada hujan berangin dan lumayan kencang yang mengguyur Taman Raya Cibodas, jadi sakura yang bermekaran akhirnya berjatuhan ke tanah, huhuhu, so sad. Padahal kalo itu ga terjadi mungkin blog mba Dian sudah dipenuhi oleh gambar bunga sakura di mana-mana.

Dari BW jugalah saya tau sedikit banyak tentang kehidupan di Korea. Kalo kalian membayangkan yang indah-indah di Korea seperti di K-drama yang sering kita tonton,  mungkin kalian bisa sesekali berkunjung ke www.luckycaesar.com, blognya mba Lucky, anak Surabaya berprestasi yang kini magang di Bushan, Korea Selatan. Dari sana kalian bisa mengetahui bagaimana sebenarnya kehidupan sosial di negeri gingseng itu.

4. Menaikkan traffic blog sendiri

Satu lagi benefitnya, kalo kita rajin BW (dan biasanya blogger lain juga akan BW balik) otomatis bisa menambah traffic blog kita. Mengharapkan traffic dari pembaca non blogger sih bisa aja, tapi menurut saya itu HANYA bisa terjadi kalo kita sudah terjun beberapa tahun, tulisan kita banyak nampang di page one, dan kita sudah menerapkan SEO buat blog kita.

Tapi, bagi blog yang masih "bayik banget", umur blog setahun aja belon, SEO cetek, mengharapkan pembaca organik kayaknya MUSTAHIL ⏩ langsung sadar diri 😂.  Jadi, thanks berat buat para mastah yang sudah meluangkan waktu buat mampir dan mendaratkan komentarnya di sini. Aku tanpa kalian hanya reremahan Snowcake yang bertebaran di search engine *eaaaaa2


5. Meningkatkan DA

DA atau Domain Authority adalah tingkat kepercayaan mesin pencari terhadap blog kita. Dengan BW kita berarti menanamkan backlink url blog kita, semakin banyak semakin bagus, semakin kuat blog kita terdeteksi oleh mesin pencari.

Oya, ini khusus blog yang sudah TLD ya, yang sitenya udah mandiri kaya ✨www.blogku.com✨ bukan lagi ✔️www.blogku.blogspot.com atau ✔️www.blogku.wordpress.com. Kalo TLD kita harus bangun kepercayaan mesin pencari dari nol, sedangkan yang masih blogpost atau wordpress biasanya sudah tinggi duluan karena nebeng sama penyedianya, Blogger maupun WordPress.

6. Menemukan ide tulisan

Yap, saya akui dengan BW seringkali muncul ide-ide baru untuk tulisan saya. Bisa karena murni ingin BW lalu tetiba dapat ide atau ketika sudah menemukan tema lalu mencari  sumber referensi dengan BW ke beberapa situs atau blog. Kalo yang terakhir mah seriiiing yah, biasanya pasti ada riset dulu kecil-kecilan buat menunjang tulisan saya, biasanya ini sih BW pasif alias ga ninggalin komentar, karena keburu mau menyelesaikan tulisan. Nah, kalo yang murni BW terus dapat ide biasanya saya ninggalin jejak buat izin nulis tulisan dengan tema serupa, intinya wanna saying so thankful for the idea, kaya beberapa bulan lalu pas jalan-jalan ke blog mba Windi Teguh.

Baca juga: 11 Things Make Me Happy

BW seringnya dianggap wajib di dunia blogger, apalagi untuk level pemula. Dan BW balik biasanya hukumnya lebih wajib lagi, hahaha. Iya lah, siapa coba yang mau datang lagi ke blog saya kalo sayanya ga mau silaturahim balik ke komentator yang sudah bersedia membaca dan meninggalkan linknya? Bahkan sekelas mba Shintaries atau mba Alaika yang notabene sudah sibuk sana-sini mengurus Blogger Perempuan Network atau mba Evrina Budiarti dan mba April Hamsa yang hantunya lomba, saja meluangkan waktunya buat BW balik, masa saya yang ratik kelambu ini ga? 😹 ratik jerr

Honestly, memang adakalanya saya pernah ga bisa BW balik, tapi itu karena seringnya terkendala jaringan yang ampun maak, daripada bikin emosi, mending ga usah aja. Ga bikin kita dosa sih, tapi bikin jera blogger lain iya.

Pernah juga karena hectic parah di rumah.  Yah, namanya juga mom blogger ya, tetap status "mom" nya yang pertama dan diutamakan.

Pernah juga saat saya dilanda inferior parah, bahkan sampai megang hp aja malasnya bukan main, apalagi mau blogwalking liat tulisan yang lain kece-kece.

Pernah ga kena virus inferior?? Jangan deh, itu malesin banget kalo lagi kena. Sumvah...

Jadi, kalo ada yang ga berbalas BW nya, woles ajaa, ga dapat traffic dari dia masih banyak sumber traffic yang lain, kan?? Toh, kita sudah dapat ilmu dari tulisannya, jadi, udaah, ga apa-apa aja lah, ga usah dipikirin...  Justru yang kudu kita pikirkan adalah bagaimana membuat konten tulisan yang oke, yang mendatangkan banyak manfaat, yang membuat orang jadi mengerti, dan belajar bagaimana men-SEO-kan blog. Ya ga?? (PR banget yang terakhir cuy 😥)

Jadi, kenapa aku harus blogwaking? Karena 6 hal di atas itu. Ada tambahan lain? Monggo dishare di komentar 🤗