Belakangan lagi heboh dandanan Meghan Markle di Royal Wedding ya? 

Beberapa hari scrolling di linimasa instagram, saya terus-menerus ketemu sama wajah sesembak Meghan waktu nikahan yang nude abis itu.


Oke, sebagai bagian dari netizen, saya akui dandannya waktu nikah itu benar-benar nggak seperti manten zaman now. Frecklesnya masih kelihatan, she show her imperfection.

Saya nggak tahu banyak soal gimana make up yang bagus, dan saya percaya tiap orang punya preferensi masing-masing bagaimana definisi dandanan cantik.

Tapi jika menengok tren make up yang sedang ramai belakangan ini misalnya highlighter yang cetar, foundation yang super covering, alis tebal dan tegas, eyeshadow yang bling-bling, dan seterusnya.

Meghan nggak begitu.
Di hari spesialnya dia justru memilih tampilan nude, ya ada sih pakai smokey eye tipis dibagian mata, tapi itu kan juga nggak begitu kentara.

Dan ingat lho, frecklesnya masih kelihatan.

Biasanya kan begini...

Kata Bubah Alfian, MUA-nya jenius.

Apa dia memilih penata rias yang kurang baik?

Nggak, absolutely no. Meghan bukan dirias oleh MUA sembarangan, Royal Wedding gitu lhooo... 😂

Cobain  aja googling harga baju pengantinnya yang bagi kita biasa aja itu, punya dia emang nggak pakai brokat, tapi pakai berlian. Beda kasta kita mah :’D

Nah, kalau ada yang nanya kenapa pengantin yang skala publikasinya satu dunia itu justru cuma memakai make up yang super sederhana?

Jawaban saya: Ya tanya dong sama sesembak Meghannya langsooong. Hahaha 😅

(Jawaban nggak guna. Minta timpuk pake jatah THR nih 😂)

Tapi nyang penting nggak nawar~~ 😁

Katanya netizen yang lain lagi, momen pernikahan adalah momen sakral yang teramat sangat istimewa. Jadi maklum dong bila pengantin perempuan itu kepengen tampil manglingi.

Ya paling nggak kan bakalan duduk lama tuh bareng suami, bakalan bertemu dan dinilai sama ratusan tamu undangan yang datang.

Kan seneng juga kalau dipuji suami tercinta "Dek, cantiknya nambah deh hari ini” gitu. 

Uhuk. 

So, katanya sah-sah saja sehari itu kita memakai bulumata anti badai, foundation 4 shade lebih cerah, kontak lenses berdiameter lebar supaya mata lebih cantique, dan seterusnya.

Yang kiri nambah cantiknya karena senyum~

Terus sebaiknya pilih yang mana? Nude/natural atau Bold?

Tergantung pengantennya dong.

Memilih make up natural atau nude, menurut saya yang sebagai netizen budiman yang tidak julid, harus punya tingkat tingkat percaya tinggi yang tinggi, apalagi kalau berstatus seleb ya, komentatornya banyak, dan... kejam.

Harus kuwad-kuwad telinga dan hati.

Kamu bukan seleb? 

Ya sama, harus kuat juga. Nggak perlu jadi artes buat jadi bahan gunjingan. Hahaha

Kulit juga harus dalam kondisi prima, nggak lagi jerawatan parah, atau panuan, atau sunburn, dan seterusnya. Harus perawatan maksimal dulu. 

Saya yakin Meghan sih kulitnya punya perawatan yang paripurna jadi santai aja pakai make up nude. Freckles yang tampak dalam hasil riasannya bahkan seakan-akan bilang “inilah aku apa adanya”. Tidak berstatus perawan tapi mampu menjadi tuan putri di Inggris raya. Eaaa 

Memilih make up yang bold? Ya boleh dong.

Nggak semua orang berpikir kalau momen once in a lifetime itu wajar kalau cuma sekedar pakai nude make-up. 

Nggak semua perempuan wajahnya cocok memakai make up nude. Banyak orang justru akan lebih percaya diri jika bersanding dalam riasan. 

Dan sebagai reminder, wajah manten tentunya dilihat oleh banyak orang, nggak cuma suami, keluarga, atau tamu undangan, tapi juga anak cucu kita saat dalam dicetak album kelak. Pertimbangan lagi deh.

Kecuali kamu flawless duluan kayak Puteri Marino, yo wes.

Dia aja ada yang bully, padahal cantik banget hahaha

Nah, sebenarnya mau yay atau nay, essensi yang paling penting dalam sebuah pernikahan sebenarnya bukan make up ya? Tapi kerukunan dan bagaimana cara mereka memaknai janji mereka di depan Tuhan. Setuju? ^^