bed di omah anin guest house batu

Weekend lalu, saya dan Abah Syuna memutuskan untuk liburan ke Batu. Nah, yang spesial dari liburan ke Batu kali ini adalah kami memesan kamar menginap, yakni di Omah Anin guest house, salah satu hotel jaringan Airy Room.

Meskipun jarak Batu dan Malang tempat saya tunggal sebenarnya tidak terlalu jauh dan bisa bolak–balik dalam satu jam perjalanan naik motor, tapi kami tetap memutuskan menginap karena kebetulan saya punya voucher hotel dari Google local guides yang bekerja sama dengan aplikasi Airy Rooms. Masa tenggatnya udah lumayan dekat. dan kalau nggak dipake kan sayang~ Jadi akhirnya kami manfaatkan kesini. πŸ˜†

Ditambah lagi belakangan tugas kampus Abah menggurita, selama weekdays dia sering pulang senja dan juga begadang buat mengerjakan tugas perkuliahan. Jadinya ya hitung-hitung sekalian buat Abah refreshing juga kan sekali-kali nginep di hotel. 

Bonusnya buat saya juga ada: satu malam nggak perlu pusing beberes rumah dan libur memasak. Hem, merdeka! Hahaha

 #makan diluar teros, gagal hemat πŸ˜‚

Setelah semua jadwal fix, awal Mei kami pun langsung reservasi untuk rencana dolanan di tengah-tengah bulan. Sengaja pesennya cepet supaya kebagian jatah kamar. Maklum. penginapan di Batu biasanya cepet full booked. 😁 

Oke langsung aja saya cerita pengalaman menginap di Omah Anin Guest House Batu ini ya~~ ^^

Airy Room Jatim Park Cendrawasih A7 Batu




A post shared by Omah Anin (@omah_anin) on


Nah, diatas itu adalah adalah nama Omah Anin Guest House di aplikasi Airy Room beserta penampakan bangunannya (sebelum ada sedikit renovasi). Mereka memakai nama jalan tempat hotel(?)-nya beralamat, Jalan Cendrawasih blok A7. Dan karena deket sama Jatim Park, jadi dimasukin juga kata-kata 'Jatim Park' dalam bio. Ya, namanya benar-benar mencerminkan letak tempatnya. πŸ˜†

Lokasi Omah Anin ini berada meski berada di dalam kompleks tetapi gampang banget ditemukan karena ada plang petunjuk di samping jalan raya Batu. ^^


kamar kami di omah anin guest house batu
Kamar yang kami pesan di Guest House Batu


Nah, karena berlokasi di Jl.Cendrawasih A7 Batu, tepatnya di Perumahan Batu Permai. Lokasi Omah Anin tergolong strategis karena dekat dengan berbagai primadona eduwisata Batu. Sesuai namanya tadi, yang paling deket sih Jatim Park 2 sama Eco Green Park, tinggal jalan kaki keseberang, sampai deh.  Hehe

Tapi kalau saya pribadi tetap naik motor karena bawa anak kecil, hemat tenaga gendong dan jagain dia lari-lari. :’D

Kami mengingat jalannya lewat patung penguin yang jadi penunjuk arah ke Eco Green Park, kalau ada patung itu berarti kami belok kiri kalau dari arah Malang. Lebih mudah lagi karena nggak baca-baca plang petunjuk. πŸ˜„


Meja Resepsionis
Resepsionis Omah Anin Guest House

Saat kami check-in, pelayanannya ramah dan simpel. Cuma perlu tinggalkan KTP di resepsionis dan tunjukkan bukti reservasi via hp, udah deh. Kamarnya sudah disiapin sebelum kami datang, jadi nggak menunggu lagi, kami langsung dianterin ke depan kamar oleh seorang pria muda. Langsung bisa istirahat manja selesai keliling-keliling Malang. ^^

Fasilitas Omah Anin Guest House Batu


Fasilitas di omah anin guest house
Saya suka wall-stickernya. Elegan.

Overall, lengkap. Seperti kamar airy rooms pada umumnya.

Ada bed, tempat menggantung baju, TV LED, Meja kerja, dan AC.... yang nggak begitu terpakai karena Batu itu udah dingin duluan dari sononya. πŸ˜‚ 


Fasilitas hotel TV dan juga meja lipat
Ada TV dan juga meja lipat dibawahnya ^^

Yang berfungsi besar disini justru selimut karena kami bertiga senang bergumul, dingin booo. Haha

Dan yang paling saya syukuri, disini juga tersedia air hangat!  

Kenapa? Karena saya nggak suka mandi air dingin. Sedangkan air di Malang kota aja dinginnya ampun-ampunan, bikin males mandi (kok bongkar aib sendiri? πŸ˜‚) padahal Malang kota masih lebih dingin Batu dong. Sampai-sampai kalau wudhu subuh pake air β€˜standar’ itu rasanya seperti pakai air es! Makanya saya seneng banget ada air hangat disini. 

Cucok lah buat traveller yang badannya lagi pegel-pegel. Air hangat pas banget untuk melemaskan otot setelah seharian dolanan di Batu. Selesai mandi badan rasanya jadi lebih rileks.πŸ˜‰

Nah, ngomongin mandi, langsung ke toiletriesnya ya. Mereka sudah menyiapkannya dengan lengkap (juga as always di Airy manapun 😁), ada 2 sikat gigi, dua mini pasta gigi, dan satu mini tube body wash serta shampoo yang disimpan dalam pouch biru berlogo Airy. 

Pokok’e nggak bawa apa-apa tetap beres, bisa mandi dan membersihkan diri dengan sejahtera wes.


pemandangan di omah anin
Ada mejanya juga. Bisa sekalian buat kerja cantik didepan jendela. 

Untuk fasilitas Wi-fi sayangnya kurang bagus sinyalnya, entah karena faktor kamar kami yang berada diujung atau bagaimana, tapi sinyal yang ditangkap cuma satu bar... Jadi saya males deh buka hp. :( 

Meski, masih bisa kok buka-buka aplikasi youtube, cuma harus sabar-sabar aja dengan buffering. Hehe... Semoga bisa ditingkatkan lagi yaaa πŸ˜‰

No breakfast. 

Yep, dari awal kami memesan kebijakan ini sudah dikasih tau kalau paginya nggak ada sarapan. Kalau kalian kepingin dapat sarapan bisa kok pilih di aplikasi, harganya bakalan naik sedikit. 

Tapi karena saya ini MODIS, alias modal diskon. Jadi saya nggak neko-neko. Saya pilih yang harganya paling terjangkau saja meski nggak dapat sarapan. Toh, warung-warung dengan menu lezat berhamburan di Batu. Tinggal suka pilih~ 😜


cemilan khas di box airy rooms"
Tapi greeting snacknya abis dalam sekejab setelah foto ini diambil. hahaha

Oh iya, saat kami kesini sedang dilakukan renovasi, sepertinya ada penambahan kamar lagi di sebelah dalam. Karena itu maklum aja deh kalau samar-samar ada bunyi para pekerja bangunan. Untungnya kamar kami berada di koridor ujung sisi yang berbeda dengan tempat renovasi dan kecuali menjelang malam, baru kami balik ke kamar, jadi nggak terlalu mengganggu juga sih. πŸ˜—

Yang paling saya suka, disini itu banyak ukiran kayu yang mewah dan Indonesia banget! Dibeberapa sisi penginapan ini ada gantungan dinding batik. Dan saya lihat disamping resepsionis juga ada kumpulan batik-batik gitu. Saya nggak nanya sih. Tapi sepertinya batiknya dijual deh 😁


Koridor guest house batu
Hiasan batik di koridor


MAKAN KEMANA YA?


Nah, selain penginapan yang nyaman. Pastinya aspek kuliner juga perlu kita pertimbangkan dong. Nah, jangan khawatir soal itu karena Omah Anin Home Stay ini letaknya berdekatan dengan:

🌷Warung Sidik

Saya liat rate-nya warung ini bagus banget di TripAdvisor. Berdiri tiga tahun sejak kemerdekaan NKRI yakni pada 1948, warung ini menjadi salah satu tempat makan favorit dengan menu masakan khas Jawa Timur. Katanya rawonnya disini enak. Saya belum nyoba sendiri sih, hehe.

🌷Bakso Khas Malang.

Males banget kemana-mana? Selain bisa memesan makanan melalui aplikasi daring, ada juga alternatif lain yakni warung bakso. Tinggal jalan keluar kompleks beberapa ratus meter, ketemu deh. 😁

🌷Kumpulan warung & pusat makanan.

Belok ke kiri dari Omah Anin Guest House dan jalan terus sebentar, kita akan bertemu dengan pusat makanan lain, kami nyobain sarapan di salah satu warung disana. Nama warungnya saya lupa, ada asri-asrinya gitu, Randu Asri ya kalau nggak salah. Makanan standar disana terjangkau banget. Seporsi nasi pecel dengan telur dadar cuma dihargai 12ribu. Cucok banget lah buat traveller low-budget.

🌷Kuliner Malam? tinggal ke depan BNS

Hahaa... Asli disini surgawi banget. Kami njajal sate kelinci saat berkunjung kesini, harganya sekitar 23rb/per porsi. Selain olahan sate kelinci dan bakso, segala makanan lezat lainnya juga banyak tersedia disini. 

🌷Haus?

Di samping resepsionis ada juga yang jualan air mineral dan soft drink. Air yang disediakan sebagai fasilitas airy rooms ukurannya kecil sih ya.

meja ruang tamu dan kulkas minuman jualan
Banyak ukiran yang super cantik disini ^^



TEMPAT WISATA YANG DEKAT DARI OMAH ANIN:


🎈 Jatim Park 1
🎈 Jatim Park 2
🎈 Batu Night Spectacular (BNS)
🎈 Eco green park
🎈 Museum Satwa
🎈 Museum angkut


TARIF MENGINAP DI OMAH ANIN HOME STAY BATU:


Nah, langsung aja ke tarifnya ya. Kalau saya cek&ricek harganya sih lumayan bervariatif, tapi di aplikasi Airy saya lihat lowest price-nya sekitar 250 ribu. 

Kalau saya kemarin dipotong lagi sekitar 150ribu karena menggunakan voucher, jadi bayarnya cuma sekitar 110ribuan. Hore bangettt, kan? Hemat banyak! Muehehe πŸ˜†

Mmm... recommended nggak kesini lagi? 

Aku sih, yes! *a la mas Anang*. 

Selain friendly dan suasananya tenang, anak-anak juga nyaman disini. Nggak berisik kecuali tetangga deket rumah sana ada yang karaokean pagi-pagi. Hihi

Oke, kalau teman-teman mau liburan ke Batu, Omah Anin Home Stay ini boleh banget jadi salah satu destinasi menginap. Tinggal sesuaikan dengan budget dan itinenary saja. πŸ˜‰

Well, selamat berlibur!