Menonton adalah salah satu aktivitas yang saya sukai. Baik itu menonton film ramai-ramai di bioskop atau menonton drama sendirian di rumah. Saya suka keduanya. Saya suka menonton!

Apalagi waktu masih kecil. Saya dulu itu hobiiiii banget nonton film.

Kalau diingat-ingat, rasanya sudah sejak kelas 4-5 SD saya lumayan akrab dengan mesin DVD dan juga kaset CD bajakan.

Zaman dulu kan belum kenal internet buat download film, jadi tahunya film mah cuma lewat rental kaset VCD atau abang-abang yang jualan kaset doang. Hehe

Saya juga nggak bisa pilih-pilih genre karena cuma penonton yang ikut-ikutan senior di rumah (baca: sodara-sodari), jadi saya mengekor deh nonton berbagai genre film pilihan mereka, mulai dari action, comedy, drama, horrorr, bahkan thriller. Semuanya saya tonton tanpa kecuali.

2 terakhir sebenernya sih kurang terlalu baik ya... Huhuhu. Tapi dulu mah tau apa, hajar terus. šŸ˜†

Btw, nontonnya sendirian?

Nggak dong.

Apalagi horror. Mana berani saya. Bisa-bisa minta temani Mama terus malam pengen pipis. Nonton sinetron 'Ada Setan' aja dulu takutnya luar biasa.

(Tapi masih ditonton juga) šŸ˜‚

Well, kebiasaan nonton film ini ditularkan oleh Abang saya, influencer yang merangkap sebagai 'pengawas' saat rating film yang kami tonton mengandung adegan yang tidak layak dilihat anak kecil
(Seperti saya waktu awal berkenalan dengan film. Hehe).

Sepasang tangan lebar itu pasti menutup mata saya di beberapa scene yang katanya sih 'nggak bagus'.
Au deh nggak bagus gimana. Ada kissingnya kali ya. šŸ™ˆ

Ah, ngomong-ngomong itu, terimakasih ya Bang! Berkat sumbangsih tutup mata waktu itu, masa kecil adikmu yang unyu ini terselamatkan. šŸ˜

(Si Abang pasti bengong kalau diucapin begitu, dia juga pasti udah lupa. Udah lama bangeeed...šŸ˜… )

Dulu nih, namanya juga anak kecil yang imajinasinya tinggi banget, setelah menonton film-film itu saya sering mengkhayal, bagaimana sih, kehidupan di luar negeri itu?

Bagaimana sikap orang-orangnya? Apakah ramah? Judes? Cuek?

Bagaimana cuaca disana? 

Bagaimana jika turun salju?

Bagaimana rasa buah plum?

Dan... Apakah disana ada Mandai?

(Abaikan pertanyaan terakhir ini) šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜

Setelah saya besar dan lebih mengerti tentang eksistensi. Saya rasa pergi luar negeri bukanlah sesuatu yang terasa mustahil lagi seperti dulu saat saya masih kecil.

Pasti akan menjadi sebuah pengalaman yang berharga jika berhasil menjejakkan kaki di tanah asing. Ya nggak?

Iya dong! (MAKSA BANGET šŸ˜œ)

Bertemu dengan orang asing, bertemu dengan cuaca yang berbeda, berada di lingkungan yang baru, mengenal budaya yang beragam.

Wah, membayangkannya saja bikin saya excited! šŸ˜†

Jika saya punya kesempatan dan rezeki untuk travelling, maka saya punya 5 negara impian yang menurut saya paling kece untuk disinggahi.

Sengaja saya bilang negara impian karena belum tahu bisa kesana apa nggak. Mumpung mimpi nggak bayar, boleh dong mengkhayal tinggi-tinggi~~ wkwkwkšŸ˜‚

Oke, negara apa saja itu? Yuk baca sampai habis!

1. Arab Saudi



Tentunya dalam melaksanakan rukun Islam, negara satu ini wajib untuk saya datangi. Karena di Arab Saudi inilah letak kota Makkah, Madinah, dan juga pastinya The Holy Ka'bah.

Eits, meski sama-sama ada kata Arab, beda ya sama Uni Emirat Arab yang ibukotanya Abu Dhabi. Arab Saudi itu yang lambang benderanya kalimat syahadat dengan sebuah pedang yang berwarna putih dibawahnya. Kalau Uni Emirat Arab benderanya itu gabungan warna merah, putih, hijau, dan hitam. Mirip-mirip dengan bendera negara Timur Tengah lainnya seperti Sudan, Kuwait, Palestina. 

Perbedaannya hanya pada detail motif dan letak warna saja. Kecuali bendera Palestina yang saya ingat ada bintangnya, sisanya yang lain saya suka ketuker. hehe..šŸ˜„

Ngomongin Arab Saudi dan ibadah. Maka melaksanakan thawaf, melempar jumroh, dan mengecup batu Hajar Aswad merupakan sebagian deret aktivitas ibadah yang paling berkesan dari cerita mama sepulang berhaji dulu.

Dan sampai sekarang pun, setiap bercerita tentang prosesi berhaji beliau selalu mengucurkan air mata bahagia.

Hal ini menimbulkan rasa tertarik dan juga penasaran tentang pengalaman spiritual di tanah suci.

Then, bila saya mampu ke negara-negara impian saya yang ke 2,3,4 dan seterusnya, itu berarti saya juga (Insha Allah) mampu kesini untuk beribadah.

Semoga dimampukan juga oleh Allah Azza wa Jalla. Aamiin ya Rabbal Aalamiin!āœØ

2. Palestina

flickriver.com

Saya tidak tahu kenapa, tapi rasanya Palestina juga menarik. Ada hadits yang mengutamakan kita berkunjung kesana.

Saya pernah googling tentang paket umroh yang menyertakan Palestina sebagai destinasi sampingannya waktu Mama nanya-nanya saya gimana caranya bisa mampir ke tanah Palestine.
Habis tau harga paketannya, Mama bahkan langsung menabung buat berangkat.

Ah, semoga beliau ada rezeki berangkat kesana. šŸ˜Š

Oh iya, bicara tentang Palestina, tentunya juga Israel. Karena sebagian besar wilayah Palestina sudah dicaplok' oleh Israel, banyak tempat-tempat penting yang sekarang berada di Israel. 

Sedih ya. šŸ˜¢

Tempat suci untuk beberapa agama seperti Makam Nabi Isa & Mesjidil Aqsa' kalau nggak salah masih masuk di Palestina sih. Masih banyak tempat menarik lainnya bisa kita kepoin disini.

Meskipun sepertinya sulit. but it's okay, perjalanan kesini sepertinya tetap akan menjadi sebuah pengalaman spiritual yang hebat!

3. Jepang.

wralr.com

Saatnya menyalurkan hasrat vvibu yang nggak kesampaian! Hahaha

Saya punya selemari komik Jepang yang selalu sukses bikin saya kepo maksimal sama negara satu ini.

Bunga sakura, yukata yang cantik, kimono yang anggun, upacara minum teh yang elegan, sampai samurai yang berani harakiri adalah sebagian memori saya tentang Jepang hasil nonton film dan juga membaca komik.

Menyusuri jalan di Hokkaido, shopping di Akihabara.

Wah, excited~~ Too much happiness I can't handle hihihi

4. Korea Selatan

trazy.com

Pulau Nami dan Jeju!

Wah, melihat foto teman-teman yang sudah pernah kesana sepertinya kedua pulau itu cantik banget.

Duduk bersama pasangan di tengah taman sambil menikmati secangkir kopi hangat ditemani angin dan dedaunan di musim gugur. Sesekali membenarkan syal yang melorot.

((melorot)) šŸ˜‚

Fix, saya anaknya keracunan Bae Yong Joon sejak belia. šŸ™ˆ

5. China

thebeijinger.com

Kesan saya dengan China waktu kecil itu indah banget gara-gara nonton Jacky Chan dan Kota Terlarang.

Kota suci bersimbolkan naga ini penuh dengan pahatan dan juga rahasia. Sebagai anak kecil yang selalu ingin tahu, waktu nonton itu saya excited luar biasa. Bahkan sampai terbawa mimpi berpetualamg menyusuri kota terlarang bersama Jacky Chan.

Uwiw banget...  Mimpinya nggak nanggung-nanggung euy. šŸ˜³

Selain itu, bila dilihat dari teropong agama juga ada hal dari tanah Arab yang tercatat sejak ribuan tahun yang lalu.

"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China."

Meskipun masih kontroversial apakah itu hadits (sekarang statusnya masih dha'if syadid alias sangat lemah) atau hadits palsu sekedar kata mutiara. Saya tetap penasaran...

Kenapa harus China sih?

Saya sempat mikir kaya gitu.

Secara kan, kalau ngomongin zaman itu peradaban yang tinggi juga ada di belahan bumi lain. Mesir, Romawi, dan lain-lain. Kenapa harus China?

Nah, menengok sejarah China di masa lampau ternyata memang mengundang decak kagum. Ada banyaaaak sekali tokoh berpengaruh yang berasal dari tanah China, misalnya saja Konfusius, Sun Tzu, Meng Tze dan masih banyak lagi yang bahkan sampai detik ini pemikirannya masih relevan digunakan. 

Budaya China juga tergolong tinggi, Peradaban Lembang Kuning (Huang Ho) yang dimulai sejak zaman neolitikum menghasilkan banyak penemuan mencengangkan seperti keramik, serbuk kembang api, kertas, kain sutera, uang kertas, dan juga ilmu kedokteran dan farmasi (dulu bilangnya masih tabib, profesi dokter dan apoteker belum dipisah).

Bangsa China zaman dahulu juga sangat bijak dan mencintainya kedamaian. Supaya nggak ada pertumpahan darah dengan Bangsa Mongol yang sedang invasi misalnya, mereka lebih rela membangun Great Wall (Tembok besar China) yang gede dan pastinya melelahkan. 

Haaa.. Makin penasaran deh! hehe

TAMBAHAN

5.b.Jerman.





Sekarang ada dua teknologi tingkat dunia yang sedang bertarung, yaitu Jepang dan juga Jerman.

Kualitas produk dan teknologi dari kedua negara ini canggih-canggih. Sepengetahuan saya banyak produk medis buatan Jerman yang mendunia.

Well, nggak heran. Wong disana para ilmuwannya benar-benar sangat diperhatikan, inovasi juga terus menerus dilakukan. Bahkan ilmuwan Indonesia sekelas Bapak Habibie bersedia pindah dan berkarya ke negara ini. šŸ˜„

Saya sering kepo-kepo cantik di vlog dan blognya Gita Savitri yang lagi kuliah di Jerman dan terpana sendiri dengan kultur disana. Hihi

*anaknya gampang terpesona šŸ˜‚

Hmmm... apa lagi ya?

Untuk saat ini kayanya itu dulu deh, cukup negara yang udah saya tulis di atas dulu yang masuk list negara impian saya. Semoga ada rezeki dan kesempatannya buat berkunjung kesana. ^^

Ngomong-ngomong,  kamu sendiri punya mimpi kemana nih?
Yuk bagi juga mimpimu, mumpung gratisss XD