Assalamualaikum viewers!
Udah tau kulit kalian itu termasuk jenis kulit apa? permasalahannya? dan udah yakin sama produk pilihan buat treat skin nya? kita semua pasti punya permasalahan kulit, dan paling sebel sama kulit di bagian wajah! wajah kita merupakan icon / yang paling utama dilihat orang. Kusem, Jerawatan, Berminyak, Flek hitam, Komedo dan lain-lain bikin kita makin minder kalo ketemu orang yang mukanya mulus bener (betul ga?).

Kali ini aku bakalan sharing ke kalian tentang kulit dan ini hal paling utama sebelum kalian menentukan jenis produk apa yang dipakai. Btw, udah kenalan belum sama kulitnya? yakin udah spesifik kenalannya?

YUK KENALI KULITMU!
Bagian sensitif kulit yang tampak dan paling sering terkena sinar matahari yaitu bagian wajah, tangan, kaki untuk secara umum. Udah tau kan kalau kita itu perlu sekali untuk merawat kulit dan melindunginya dari sinar UVA UVB yang ga baik. Banyak perawatan skincare menjual produk yang berbasis sunblock maupun suncare. Bahkan, bukan cuma perawatan skincare yang ada pelindungnya. Softlens pun ada untuk melindungi mata kita dari UVA UVB yang menandakan bahwa bahaya banget kalo kita ga rajin ngerawat bagian tubuh kita terhadap sinar matahari. Khusus kali ini, aku bakalan share untuk mengenali kulit pada bagian wajah.

WAJAH
Tips nya, kalian cukup sering sering ngaca (ini serius bukan candaan ahahaa). Lihat sedetail mungkin bagian wajah kalian terkhusus dibagian hidung, itu penting. Kenapa? dampak paling sensitif menurut ku terletak di dekat bagian hidung. Hidung terlihat bersih lebih enak dipandang. Kalo ada komedo yang keluar, ga enak banget kan di lihat orang. Kebanyakan penyebab komedo karena kalian tidak membersihkan makeup secara benar, tidak cocoknya produk yang dipakai, pori pori hidung lebih besar karena sering di pencet ataupun digosok sehingga terjadi pelebaran pori bahkan robek.

"Duh muka aku termasuk berminyak / Kering / Jerawat / Pori pori besar / Hitam / Kusam / dll"
wajah kita itu termasuk dalam 4 Kategori, yuk checklist kalian dibagian mana
Dry Skin (Seluruh bagian wajah kita minim akan kelembaban dan cenderung gampang keriput serta pecah-pecah. biasanya kalian dalam kategori ini memiliki pori-pori yang hampir tak terlihat dan minim terhadap jerawat maupun komedo)

Normal Skin (Kulit yang lembab, sehat, dan biasanya terjadi gangguan kulit apabila pembersihan racun didalam kulit setiap bulannya. Jika kalian termasuk dalam normal skin, harus pinter ngejaga kulit ya biar tidak terjadi combination skin)

Oily Skin (Kulit berminyak berlebih, gampang terjadi jerawat dan komedo apabila tidak rajin membersihkan wajah. disarankan untuk selalu membersihkan muka saat dibutuhkan untuk menghindari ganggaun kulit pada wajah ya)

Combiation Skin (Untuk mengenali jenis kulit ini, kalian lihat pada T area yaitu bagian dahi dan hidung serta dibagian pinggir tulang hidung menuju pipi)


Jika kalian udah paham untuk mengenali kulit pada bagian wajah, maka belilah produk yang sesuai dan jangan salah lagi. Akan lebih baik kalau melakukan skincheck yang biasanya dilakukan pada seminar kecantikan/ makeup class. karena dengan skincheck kalian bisa sekaligus konsultasi terhadap kulit kalian. Kesalahan produk yang kalian pakai bisa fatal terhadap wajah kalian. yang awalnya tidak pernah jerawatan jadi jerawatan bahkan bisul (IYUHHHHHHH). Dari 4 kategori diatas, aku termasuk Combination Skin. Awalnya aku kira adalah oily skin, ternyata bukan. Setelah banyak membaca dan sering konsultasi terhadap BP/BA Produk skincare jadi bertambah ilmu dan makin selektif buat pilih produk. Untuk Combination Skin itu sendiri jarang ada produk khusus nya (biasanya Normal, Dry, Oily iya kan?) jadi kalau jenis produk itu sendiri aku lebih selektif ke Normal.

Kalau udah paham betul terhadap kulit kalian, yuk biasakan untuk:
1. Tidak menggosok wajah dengan tangan ataupun memecahkan jerawat (karena terdapat banyak bakteri sehingga bisa menimbulkan jerawat/ memperparah)
2. Rajin-rajin cuci muka, setidaknya 3x sehari (kecuali dry skin) karena membantu kulit kita untuk bernafas lega dan terhindar dari wajah kusam. tak hanya didalam tubuh butuh air, kulit khusus nya wajah butuh air sebagai pelembab alaminya.
3. Biasakan menepuk wajah dengan handuk lembut bukan menggosok (karena mengakibatkan perbesaran pori apabila digosok)
4. Selalu rutin maskeran pada malam hari, setidaknya 2x seminggu. Gunakan masker yang cocok untuk kulitmu ya!
5. Biasakan minum air putih yang cukup
6. Kalau sering bergadang, pakailah produk skincare khusus malam agar kulit terhindar dari kusam/tampak kelelahan. Diusahakan untuk tidur yang cukup ya!

Kebiasaan diatas harus diterapkan, agar kulit kita terhidar dari penuaan dini yang timbul. Jadilah diri yang bijak terhadap kulit. Jangan terlalu malas untuk merawat diri sendiri, dan aku sarankan jarang terlalu manja untuk pergi perawatan diluar. Karena kita tidak tahu produk tersebut sudah terkontaminasi parah atau tidaknya. akan lebih baik melakukan perawatan sendiri jadi lebih tahu tingkat kebersihan diri kita.

Buat kalian, harus tau bedanya SKINCARE dan MAKEUP! itu penting (SKINCARE vs MAKEUP bakalan aku share di post berikutnya). kalau kalian termasuk orang yang malas merawat kulit, disarankan jangan menggunakan makeup. sebelum kalian belajar makeup, pelajarilah dulu merawat kulit. Jangan dibiasakan untuk selalu ngecover wajah (alias menutupi kekurangan wajah) karena kulit kita butuh bernafas.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat ^^