Beberapa tahun yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi Loksado, salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Kalimantan Selatan. Saat itu saya dan puluhan rekan kantor lainnya mengikuti outbond yang diadakan kantor setiap tahunnya. Nah, saat berada di daerah Loksado ini, selain mencoba bamboo raftingnya, saya juga sempat mengunjungi sebuah air terjun kecil yang terletak di dekat salah satu resort. 

Wah, meski lokasinya kecil dan tersembunyi, air terjun ini sungguh menyegarkan dan memberikan ketenangan. Selama beberapa waktu, saya dan teman-teman menghabiskan waktu di air terjun kecil tersebut. Sambil menikmati segarnya air, saya jadi membayangkan kalau versi kecilnya sudah sangat indah, pastinya air terjun yang lebih besar jauh lebih indah.

Di Indonesia sendiri, air terjun telah tersebar ke berbagai penjuru pulau. Setiap pulau memiliki karakter air terjunnya masing-masing. Karakter tersebut dapat kita kenali ketika jutaan kubik air tersebut jatuh ke hilir. Bunyi yang muncul akibat pertemuan antara kedua air dari ketinggian yang berbeda tersebut memberikan ketenangan maksimal guna relaksasi tubuh.

Lalu bagaimana jika kita menginginkan sesuatu yang berbeda dan tidak pernah dilihat sebelumnya di Indonesia? Asia Tenggara tentunya memiliki sejuta tempat bagi mereka yang ingin mengenal keindaha alam serupa yang memiliki karakternya sendiri. Setiap air terjun yang disambangi akan memberikan momen yang berbeda. Nah, salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki pemandangan dan nuansa terbaik pada situs alam air terjun adalah Thailand. 

Baca juga : Wisata Kepulauan Indah di Pulau Kalimantan

Negeri Gajah Putih tersebut ternyata menyimpan ribuan air terjun yang patut untuk kita sambangi dan nikmati bersama keluarga. Keindahan dan relaksasi yang diberikan oleh beberapa air terjun di Thailand ini tentunya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Siapkan waktu cuti Anda, lalu pesan tiket pesawat ke Thailand, lantas nikmatilah pemandangan alam dan bunyi relaksasi air terjun terbaik di Thailand. 

Apa saja sih air terjun terindah yang wajib dikunjungi? Berikut daftarnya: 

1. Khlong Lan


Sumber gambar : www.touronthai.com
Air terjun Khlong Lan merupakan daftar pertama air terjun di Thailand yang wajib disambangi. Air terjun dengan volume air yang sangat besar ini datang dari ketinggian yang terbilang fantastis, yakni sekitar 100 meter dan lebar 40 meter. Besaran tersebut membuat Khlong Lan hadir sebagai salah satu air terjun terbesar di Thailand. Air terjun yang berada di kawasan Kamphaeng Phet ini dapat ditempuh sekitar lima jam dari kota Bangkok.

2. Bang Pae

Sumber gambar : www.phuket.com
Phuket memang memiliki segala destinasi yang patut kita kunjungi. Mulai dari pantai, hutan, hingga air terjun pun dinilai memiliki kecantikan yang sangat “wah”. Air terjun Bang Pae dapat menambah rasa cinta Anda kepada kekayaan alam yang dimiliki oleh Phuket. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi favorit para warga untuk melarikan diri dari kerumunan. Walaupun air terjun ini berukuran sangat kecil, namun ketenangan yang diberikan amatlah besar. Kita dapar berenang tepat di bawah air mengalir sambil menikmati ruang terbuka hijau yang amat breathtaking.

3. Khlong Chak


sumber gambar : http://backpackerstory.org/

Terletak di pulau Koh Lanta, Khlong Chak telah siap memberikan kejutan yang terbilang sopan karena kita akan diberikan ketenangan maksimal olehnya. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang amat ramping dan melihat gajah serta monyet yang turut menyaksikan kita yang tengah berusaha mencapai air terjun Khlong Chak. Ketika sudah sampai di atas, dipastikan kesulitan dalam mencapai air terjun ini tidak akan berakhir sia-sia.  

Baca juga :  5 Hal yang Ingin Dilakukan di Pantai Pandawa

4. Phliu

Sumber gambar : Wikipedia (By KAlexey - Own work, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=9776953)
Air terjun yang berlokasi di Provinsi Chanthaburi ini merupakan salah satu taman nasional terbaik yang ada di Thailand. Taman tersebut bernama Namtok Phlio. Untuk mencapai taman nasional ini kita butuh waktu sekitar empat jam dari kota Bangkok. Air terjun Phliu merupakan salah satu air terjun yang sudah terkenal di Chanthaburi. Kita dapat melihat rombongan ikan yang sedang berenang di sela-sela derasnya air terjun. Kita juga diperbolehkan untuk berpiknik di sepanjang tepian air terjun sambil menikmati dan menjelajahi taman.

5. Koh Luang


 
Sumber gambar : en.wikipedia.org/
Jika ingin berburu air terjun indah, utara Thailand adalah tempat yang tepat. Di sana terdapat taman nasional Mae Ping yang siap disambangi. Taman nasional tersebut juga memiliki destinasi air terjun yang tak akalah cantik. Air terjun tersebut bernama Koh Luang. Uniknya, air terjun ini memiliki tujuh jalur yang dilewati oleh air untuk menuju ke sungi. Air terjun satu ini dapat juga menjadi spot foto menarik untuk segera diunggah ke dalam feed Instagram kita.

6. Haew Suwat


 
Sumber gambar : www.world-of-waterfalls.com
Mungkin ini adalah salah satu air terjun yang dapat menjadi tempat kongkow bagi kita. Sebab, masyarakat kerap kali memanjat hingga puncak air terjun, lalu mereka saling berbincang di atas sana. Haew Swat merupakan salah satu air terjun populer yang berada di kawasan taman nasional Khao Yai.

7. Erawan

 
Sumber gambar : http://www.thailand-guide.com
Terakhir, ada air terjun yang siap membuat kita menganga setiap saat karena ukurannya yang sangat besar, yaitu air terjun Erawan. Air terjun satu ini memiliki tujuh lapis sehingga Anda dapat melihat tujuh air terjun secara langsun dalam satu momen. Jutaan kubik air di sini jatuh dan tersebar ke seluruh bagian hilir yang memiliki luas sekitar 1.5 kilometer.

Itulah dia 7 wisata Air Terjun di Thailand yang bisa kita kunjungi. Jika teman-teman berkesempatan berkunjung ke Thailand, pastikan untuk mengunjungi salah satunya ya :)