Ramadan tahun ini merupakan Ramadan yang berbeda bagi saya. Pasalnya, terhitung sejak awal Ramadan kemarin saya resmi meninggalkan rumah ibu saya untuk tinggal di rumah yang dibeli secara KPR sekitar 2 tahun lalu. Rumahnya sendiri sebenarnya belum rampung betul. Masih ada beberapa bagian yang ditambah dan masih dalam proses penyelesaian. Selama 1 bulan terakhir, saya tinggal bersama suami dan ayah mertua yang datang dari Jawa untuk membantu penyelesaian rumah tersebut.

Menjalani Ramadan dengan keluarga sendiri tentunya berbeda dengan ketika saya menjalaninya saat masih tinggal bersama ibu dan adik laki-laki. Kalau kata saya sih ini merupakan awal dari perubahan hidup yang saya jalani sekaligus upaya saya untuk bisa #JadiBaik di bulan Ramadan. Misalnya nih, sepulang kerja saya harus langsung bersiap menyiapkan menu berbuka dan tak bisa lagi santai-santai dulu seperti saat masih tinggal bersama ibu saya.

Tak hanya itu, saya juga belajar #JadiBaik dalam tanggung jawab atas mengelola keperluan rumah yang kami tempati. Jika dulu urusan gula, beras dan minyak goreng saya masih berbagi jatah dengan orang tua, maka sekarang saya harus pintar mengelola urusan dapur ini sendiri.

Baca juga : Belajar Menjadi Orang Tua

Hal lain yang masih saya jalani di kediaman yang baru saat ini tentunya adalah proses adaptasi. Berpisah dengan rumah yang telah ditempati selama belasan tahun sendiri tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi nih saat Ramadan, bulan yang lekat dengan kebersamaan. Selama Ramadan saya kerap dilanda rasa kangen akan masakan yang kerap dibuat ibu saat sahur yakni ikan telang atau pindang asam manis. Bisa sih saya belajar membuatnya sendiri. Tapi rasanya jelas tak seenak bikinan ibu saya. Yah, seperti anak lainnya, bagi saya masakan ibu tetap yang paling enak. Heu.

Komunikasi Lebih Mudah #PakeTCASH dari Telkomsel

 

Di awal masa pindah, selama Ramadan saya jadi lumayan sering mampir ke rumah ibu. Meski hanya terpisah 11 kilometer, yang namanya pisah rumah pasti membuat kangen. Apalagi sekarang ibu hanya tinggal berdua dengan adik, pastilah ada rasa sepi karena ditinggal anak dan cucunya. Kebetulan juga kantor saya berada di tengah-tengah antara rumah ibu dan rumah saya sendiri. Jadi ya tinggal cus deh saya naik motor sepulang kerja ke rumah ibu sebelum kemudian kembali ke rumah sendiri.

Tak hanya sering berkunjung, saya dan ibu juga selalu rutin berkomunikasi melalui telepon. Di awal Ramadan, ibu sering menelpon saya di jam sahur untuk mengingatkan agar jangan kesiangan. Kadang lagi kami melakukan video call di jam berbuka. Nah kalau untuk video call ini, ibu masih menggunakan ponsel adik karena masih belum bisa menggunakan ponsel android.

Bicara soal komunikasi, jelas tak jauh-jauh dari yang namanya pulsa dan paket data. Berhubung ibu saya tidak bekerja secara tetap, maka otomatis untuk urusan pulsa ditanggung oleh saya dan adik perempuan. Biasanya nih, untuk mengisi pulsa milik sendiri atau orang tua, saya mengandalkan SMS Banking. Maklum orangnya mager parah kalau harus ke penjual pulsa atau ATM. Sayangnya, SMS banking sebenarnya kurang menguntungkan ini karena lumayan menyedot pulsa saya.

Untungnya sekarang cukup banyak aplikasi berbasis fintech yang sangat memudahkan kita dalam melakukan aneka pembayaran tagihan. Salah satunya adalah TCASH dari Telkomsel. Dengan TCASH ini saya bisa dengan mudah mengirimkan pulsa buat ibu saya hingga membayarkan aneka tagihan di rumah ibu mulai dari listrik, telepon hingga PDAM.

Baca juga : SOBATKU, Aplikasi Nabung Tanpa Ribet dan Banyak Untungnya

Cara Mendaftar TCASH


Saya sendiri mengenal produk TCASH ini dari salah satu rekan kantor. Saat itu saya waktu lalu saya sempat penasaran dengan stiker yang menempel pada bagian belakang ponselnya. Penasaran, saya pun bertanya apa fungsi dari stiker itu.

"Oh ini TCASH, Kak. Kalau pakai ini aku bisa bayar belanjaan di Alfamart atau bayar tagihan listrik. Tinggal isi saldonya aja, Kak."

Karena tertarik dengan fitur-fiturnya, saya pun mencari info lebih lengkap tentang TCASH ini. Jadi ternyata TCASH merupakan layanan uang elektronik dari Telkomsel dan telah memiliki izin dari Bank Indonesia. Layanan ini berbeda dengan pulsa karena lewat TCASH kita bisa menyimpan uang untuk digunakan untuk berbagai keperluan. Entah itu membeli pulsa, membayar tagihan listrik, hingga berbelanja di merchant TCASH.

Baca juga : 7 Tips Belanja Online Ala Konsumen Cerdas di Era Digital

Cara mendaftar TCASH sendiri cukup mudah. Pertama tentu saja kita harus menginstal aplikasi TCASH wallet melalui Google playstore. Selanjutnya untuk mengaktifkan kita bisa menggunakan kode *800*88*6-digit-PIN# dan selanjutnya TCASH sudah bisa digunakan.


Sebagai sebuah aplikasi uang elektronik, TCASH memiliki 2 jenis layanan, yakni Basic Service dan Full Service. Perbedaan dari 2 layanan ini ada pada saldo maksimum yang bisa disimpan serta layanan yang diberikan. Untuk Basic Service, saldo maksimum yang bisa disimpan hingga Rp. 2000.000,00 sementara Full Servise bisa mencapai Rp. 10.000.000,00. Selain itu layanan Full Service juga memungkinkan kita untuk mengirimkan uang ke pengguna TCASH lainnya.


Keuntungan menggunakan TCASH

Seperti yang saya tulis di atas, dengan adanya aplikasi TCASH di ponsel, saya tak repot lagi dalam urusan pembayaran aneka macam tagihan. Sebagai layanan uang elektronik, TCASH memiliki cukup banyak fitur yang bisa digunakan yang bisa membuat kita #JadiBaik yakni:

Kirim uang ke orang tua atau saudara, yang mana hanya bisa dilakukan jika kita mendaftar ke layanan Full Service. Dengan fitur ini tentunya tak perlu repot lagi ke ATM untuk mengirimkan uang pada orang tua atau saudara yang nantinya bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan atau keperluan lainnya. 

Bayar tagihan lewat ponsel. Dengan menggunakan TCASH, kita bisa membayar aneka macam tagihan mulai dari pulsa (Telkomsel pastinya), listrik, telepon, PDAM, iuran BPJS hingga infaq dan sedekah. So, nggak perlu repot lagi pergi ke ATM buat bayar-bayar tagihan atau berinfak ke lembaga yang biasa dituju. 

Berbelanja di merchant TCASH. Sebagai manajer keuangan di keluarga, tentunya para ibu bertanggung jawab atas belanja bulanan di rumah. Nah dengan aplikasi TCASH kita bisa belanja bulanan di Indomaret atau Alfamart dan bayar dengan TCASH. Tak hanya belanja bulanan, TCASH juga bisa digunakan untuk makan di restoran yang tentunya sudah menjadi merchant TCASH.

Cek Promo. Siapa coba yang tak suka promo? Nah, melalui aplikasi TCASH kita bisa mengecek promo apa saja yang sedang berlaku dan bisa kita gunakan. Bisa itu berupa cashback atau potongan harga. Bikin hemat kan yaa.


Itulah dia sedikit cerita tentang Ramadan dan info yang bisa saya berikan tentang TCASH. Berhubung sekarang sudah mendekati akhir bulan, kayaknya sudah saatnya nih saya isi saldo TCASH biar nanti bisa bayar tagihan #PakeTCASH dan #JadiBaik karenanya. Teman-teman sudah instal aplikasi TCASH belum nih?