Sebagai seorang ibu bekerja, salah satu peralatan make up yang tentunya tidak boleh tertinggal di tas kosmetik saya tentunya adalah bedak. Sebagai salah satu produk dasar penggunaan make up, keberadaan si bedak ini memang membantu sekali, terutama saat wajah mulai terlihat kucel setelah bekerja seharian. Cukup dengan satu sapuan tipisnya, wajah yang mulanya kusam dan berminyak bisa terlihat kinclong kembali. 

Dunia make up sendiri sekarang selalu berinovasi. Mulai dari produk skin care hingga dekoratifnya selalu saja ada yang baru setiap tahunnya. Seperti bedak ini. Dulunya mungkin cuma ada bedak tabur, lalu kemudian bedak padat, two way cake, hingga cushion.  Saya sendiri hingga saat ini masih jadi pengguna setia bedak padat yang tentunya lebih ringkas dibawa kemana-mana.

Nah, selain 3 produk bedak di atas, sekarang ternyata muncul lagi nih produk baru berupa powder cream yang diklaim bisa memberikan efek seperti memakai bedak bagi pemakainya. Salah satu brand yang mengeluarkan powder cream ini adalah Fair n Lovely dengan produk 2 in 1 Powder Cream-nya. Fair n Lovely ini merupakan salah satu brand perawatan wajah yang berasal dari India dan sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2011 lalu. 

Saya sendiri mendapatkan produk ini lewat website yukcoba.in. Jujur awal kemunculannya, saya pikir ini versi India-nya Pond's gitu deh. Eh ternyata memang dari India. Hehe. Jadi sekarang yuk kita bahas tentang produknya sendiri. 

[Review]-Fair-n-Lovely-2-In-1-Powder-Cream

Kemasan


Fair n Lovely 2 In One Powder Cream ini hadir dalam bentuk tube dengan ukuran 20 gram dan 40 gram yang mana sangat travel friendly. Kemasannya berwarna putih dengan perpaduan warna pink. Pada bagian belakang terdapat kandungan dari produk, produsen, distributor, merk daftar, nomor BPOM  dan tentunya cara menggunakan produk ini.

Klaim dan panduan cara menggunakan 


Dalam kemasannya, Fair n Lovely 2 In 1 Powder Cream ini mengklaim kalau produknya merupakan krim pencerah + bedak yang mampu membuat wajah 14 jam tampak cerah tanpa kilap seperti memakai bedak.  Adapun cara menggunakannya cukup totolkan dengan seujung jari di beberapa area kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Lalu ratakan dengan lembut dengan menggunakan jari.

Tekstur dan wangi

 

Begitu dipencet, tekstur dari produk powder cream ini terbilang sedikit kental dan seperti ada butir-butir halus di dalamnya. Wanginya sendiri seperti wangi bunga yang cukup menyengat hidung. Saat dioleskan ke punggung tangan, produk ini memerlukan waktu cukup singkat  untuk menyerap sempurna dan menghasilkan tampilan yang matte.


Kesan setelah penggunaan

 

Di awal-awal menggunakan produk ini, saya menggunakannya setelah menggunakan beberapa produk wajah seperti essence, pelembab dan sunblock. Nah, mungkin karena terlalu banyak layer dan pelembab sebelumnya belum benar-benar meresap, saat Fair n Lovely ini dapat giliran dioleskan ke wajah hasilnya wajah saya berminyak sekali. Duh, ini jelas dong bukan hasil yang saya inginkan. Karena itu akhirnya saya menambahkan bedak lagi setelahnya.

Karena masih penasaran, saya pun mencoba menggunakan produk ini di siang hari tanpa menggunakan produk pelembab. Dan ternyata, memang jika tanpa menggunakan pelembab, krim ini langsung menyerap seperti klaimnya dan menghasilkan tampilan matte serta membuat wajah saya tampak sedikit lebih cerah.  



Untuk coverage-nya sendiri Fair n Lovely 2 in 1 powder cream ini tidak menutupi  noda apapun di wajah namun bisa sedikit menutup pori-pori. Jadi ya fungsinya cuma seperti memakai bedak saja. Sedangkan untuk ketahanan terhadap minyak sendiri, berhubung saya sebagai muslim harus beribadah, jadi tidak bisa membuktikan kalau produk ini bisa bebas kilap selama 14 jam.

Kesimpulan

Dari hasi pemakaian selama beberapa waktu, beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil dari produk
Fair n Lovely 2 in 1 powder cream ini antara lain:

Plus

+ Kemasan travel friendly
+ Tekstur ringan dan mudah meresap
+ Hasil matte dan memberi efek mencerahkan wajah

Minus
- Tidak cocok digabung dengan skincare berlayer-layer karena akan membuat wajah berkilap
- Tidak mengandung filter UV yang artinya tidak melindungi kulit wajah dari sinar matahari
- Tidak memiliki kemampuan menutupi noda di wajah
- Tidak ada varian untuk berbagai warna kulit 
- Wangi cukup menyengat


Jadi bisa dibilang produk ini kayaknya lebih cocok untuk penggunaan harian, para remaja yang wajahnya masih mulus tanpa noda atau bagi mereka yang dandannya natural dan tak suka make up ribet. Kalau buat saya bawa ngantor sih kayaknya tidak cukup dengan produk ini aja. Hehe. Lalu apakah saya akan membeli kembali produk ini? Kayaknya sih NO.