Tips-Belanja-Online-Hemat-di-Tokopedia-Selama-Ramadan

"Eh, puasa mulainya hari apa sih? Rabu apa Kamis?"

Itulah kira-kira pertanyaan yang beberapa hari terakhir muncul di keseharian saya dan mungkin juga teman-teman yang beragama muslim lainnya. Dengan semakin dekatnya bulan Ramadan, persiapan menyambutnya pun semakin kental terasa. Masjid-masjid mulai membuka program selama bulan Ramadan. Di pinggir jalan, warung-warung sudah mulai didirikan untuk memuaskan dahaga kuliner jelang berbuka. Sebagai seorang muslim tentunya saya bersyukur bisa kembali dipertemukan dengan bulan Ramadan yang mulia ini. 

Sedikit kilas balik ke Ramadan tahun lalu, saat itu pertama kalinya saya menjalaninya dengan status sebagai seorang ibu. Dengan kehadiran Yumna di keluarga kami, tentunya Ramadhan saya agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika dulu saya hampir selalu menjalankan salat tarawih di masjid atau musalla, maka tahun lalu saya resmi salat tarawih di rumah karena harus menjaga Yumna. Tak hanya itu, beberapa target tilawah juga meleset karena perubahan status ini. Berkaca dari pengalaman tersebut, untuk tahun ini tentunya saya harus bisa lebih memanajemen diri agar bisa tetap optimal beribadah dan menjadikannya Ramadan Ekstra.

Selain soal ibadah, hal lain yang mungkin harus saya evaluasi adalah soal belanja dan pengeluaran selama Ramadan. Seperti yang kita ketahui, kadang pengeluaran di bulan Ramadan bisa lebih bengkak ketimbang bulan-bulan lainnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari lapar mata saat ke pasar wadai, terlalu sering berbuka di luar rumah, hingga berbelanja kebutuhan lebaran di waktu yang salah.

Baca juga : 4 Cara Berhemat di Bulan Ramadhan

Saya jadi ingat kejadian beberapa waktu lalu saat saya berbelanja ke pasar. Jadi maksud hati ingin membeli beberapa pakaian lebaran terlebih dahulu agar di bulan Ramadan saya bisa konsentrasi beribadah. Nah ternyata pakaian yang ada di pasar yang saya kunjungi modelnya tidak ada yang saya suka dan harganya mahal pula. Karena berpikirnya tidak bakalan belanja lagi akhirnya saya membeli beberapa pakaian (yang sebenarnya kurang saya suka modelnya). Belakangan saya cek ke beberapa toko online ternyata modelnya lebih bagus dan harganya juga lebih murah. Duh kalau sudah begitu rasanya pengen saya balikin saja baju yang sudah dibeli dan belanja online saja.

Belanja Online Hemat Kebutuhan Bulan Ramadhan Ekstra di Tokopedia


Ngomong-ngomong soal belanja online, tentunya kita sudah tak asing lagi dengan Tokopedia. Sebagai salah marketplace yang cukup ternama, bulan Ramadan ini Tokopedia memiliki program Ramadan Ekstra yang tentunya sangat menggiurkan bagi pecinta belanja online. Meski begitu kita tetap harus cermat dong ya dalam memanfaatkan program ini. Nah, berikut adalah tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Layaknya berbelanjaa secara langsung di pasar, hendaknya kita juga melakukan perbandingan harga dari setiap toko online yang ada di Tokopedia. Tokopedia sendiri memiliki banyak toko online berkualitas dan cukup mudah untuk membandingkan harg dari berbagai produk yang kita inginkan. Caranya cukup tuliskan nama produk yang dibutuhkan di kolom search, maka ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Sekarang bukan jamannya lagi ya membeli barang-barang branded dengan harga selangit. Kalau kita mau jeli, saat ini produk lokal juga sudah bisa bersaing dengan produk luar. Tokopedia sendiri memiliki koleksi dari berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Nah, salah satu keuntungan dari membeli produk lokal adalah kita bisa lebih berhemat dan tentunya mendukung produk dalam negeri. 

Cari toko online terdekat
Percuma kan ya belanja barang murah eh ternyata ongkos kirimnya malah bikin harganya jadi mahal. Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Karena itu penting bagi kita untuk mengecek lokasi dari toko yang dipilih. Sebaiknya sih pilih toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Syukur-syukur kalau ada program free ongkir juga. Hehe.

Baca juga : 7 Tips Belanja Online Ala Konsumen Cerdas di Era Digital

Pilih cara pembayaran yang tepat
Saat ini ada cukup banyak metode pembayaran dalam berbelanja online. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, pembayaran dengan saldo di marketplace tersebut, bayar di tempat hingga bayar di minimarket. Sebagai pembeli tentunya kita akan memilih metode pembayaran yang lebih nyaman dan efisien dilakukan.


Pilih metode pengiriman paling efisien
Biasanya nih toko-toko online di sebuah marketplace memberikan beberapa pilihan dalam hal pengiriman barang yang sudah kita pesan. Sebagai pembeli tentunya kita juga harus bijak dalam memilih metode pengiriman ini. Jika perlu barang cepat kita bisa memilih metode pengiriman kilat sebaliknya jika keperluan akan barang tersebut masih bida ditunggu kita bisa memilih metode pengiriman standar yang tentunya lebih ramah di kantong. 

Manfaatkan promo dan diskon 
Siapa yang tak suka dengan promo atau diskon? Adanya promo atau diskon bisa dibilang memberikan pengaruh yang cukup signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Tokopedia sendiri di bulan Ramadan ini memberikan serangkaian promo yang bisa digunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Nah, jika teman-teman ingin berbelanja di Tokopedia, jangan lupa akan ada kejutan pada 25 Mei nanti dari Tokopedia, yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra, layaknya festival belanja online “Black Friday”. Duh jadi nggak sabar nih menunggu tanggal 25 Mei datang. Siapa tahu kan saya bisa dapat beberapa perlengkapan lebaran dengan lebih hemat di hari itu. Tapi tetap ingat ya jangan sampai ibadah Ramadhan jadi terganggu gara-gara menunggu kejutan Tokopedia ini :)