Album foto mungil itu tergeletak begitu saja di salah satu lemari di rumah kami. Iseng saya membukanya. Ternyata isinya adalah rekam jejak perjalanan saya sekeluarga ke pulau Jawa belasan tahun yang lalu. Saat itu saya baru lulus kelas 3 SMP, adik perempuan masih kelas 5 SD dan si bungsu masih 9 bulan. Tak lupa ikut juga paman saya yang paling bungsu menemani kami berlima. Perjalanan itu sendiri dilakukan dalam rangka memenuhi nazar ibu saya yang ingin berziarah ke makam para Sunan jika diberi anak laki-laki.

Saat itu, moda transportasi yang kami pilih dari Banjarmasin adalah kapal laut. Rute perjalanannya dimulai dari Banjarmasin menuju Surabaya. Selama di Surabaya, kami mengunjungi makam beberapa Sunan seperti Sunan Ampel, Sunan Gunung Jati, Sunan Gresik dan beberapa tempat ziarah lainnya. Setelahnya, kami pun bertolak menuju Bandung tempat saya dan keluarga pernah tinggal selama 2 periode mengikuti almarhum ayah yang menempuh pendidikan di sana. Di kota Kembang ini, kami bersilaturahmi ke rumah induk semang tempat kami pernah menumpang beberapa tahun sebelumnya.

Hanya sehari berselang, perjalanan dilanjutkan dengan naik mobil travel ke Yogyakarta. Jika Surabaya dan Bandung sudah pernah saya kunjungi saat mengikuti ayah sekolah, maka perjalanan ke Yogyakarta adalah yang pertama kalinya untuk kami semua. Selama di Yogyakarta, kami berkesempatan mengunjungi Candi Borobudur, Prambanan dan tentunya menginjakkan kaki di Malioboro yang ternama itu. Sungguh perjalanan yang tak terlupakan.


Candi Borobudur yang megah
Sumber gambar : Pixabay

Wujudkan Liburan Keluarga Impian dengan Pesan Tiket Pesawat Di JD Flight


Mengenang kembali perjalanan selama kurang lebih 1 minggu menyusuri Pulau Jawa tersebut mau tak mau membuat saya berkhayal. Kapan ya saya dan keluarga bisa melakukan perjalanan seperti itu? Selama ini perjalanan liburan kami masih sebatas Banjarmasin - Tangerang yang mana merupakan kediaman mertua saya. Padahal suami sendiri memiliki beberapa kerabat yang tinggal di Kebumen, yang katanya 2 jam dari Yogyakarta.

"Kampung orang tuaku di gunung. Kamu nggak akan sanggup menaikinya," begitu kata suami saat saya mengajaknya berkunjung ke Kebumen. Saya hanya tertawa mendengar jawabannya sambil membenarkan dalam hati. Jangankan naik gunung, jalan kaki biasa saja saya ngos-ngosan.

Meski masih belum ada bayangan kapan bisa berkunjung ke Kebumen, tentunya saya masih boleh dong merencanakan liburan impian saya ke Yogyakarta. Jujur setelah kali pertama menginjakkan kaki ke kota Gudeg itu ada rasa penasaran di hati saya untuk bisa ke sana lagi. Kalau ditanya alasannya, ada 2 alasan yang membuat saya penasaran. Pertama, karena setiap orang yang pernah ke kota tersebut selalu berkata rindu ingin kembali. Kedua, karena di Yogyakarta ada cukup banyak wisata edukasi yang tentunya bermanfaat untuk anak saya. Siapa tahu kan bisa sekalian mampir ke Kebumen kampung halaman mertua saya?


Taman Pintar
Sumber gambar : www.jejakpiknik.com

Nah, jika belasan tahun yang lalu untuk bisa ke Yogyakarta saya dan keluarga harus naik kapal, maka sekarang tentunya tak perlu repot lagi dong. Dengan semakin terjangkaunya harga tiket pesawat dan banyaknya situs penjualan tiket pesawat, saya tak perlu repot lagi memikirkan moda yang ingin dipilih jika ingin ke Yogyakarta. Tinggal beberapa kali klik maka tiket pesawat murah sudah bisa saya dapatkan. Nah berhubung tiket pesawat langsung menuju Yogyakarta  dari Banjarmasin masih cukup mahal, maka saya memilih untuk naik pesawat ke Surabaya terlebih dahulu. Setelahnya, saya dan keluarga akan naik kereta menuju Yogyakarta.

Selain membeli tiket pesawat di situs penjualan online, sekarang kita juga bisa membelinya di situs belanja loh. Saat ini, salah satu situs belanja online yang juga menyediakan jasa pembelian tiket pesawat adalah JD.id. Situs belanja yang dikenal dengan tagline "Dijamin Ori"-nya ini kini juga menyediakan jasa penjualan tiket pesawat melalui JD.Flight.

JD.id sendiri merupakan perusahaan online terbesar di China yang didirikan oleh Richard Liu dan memiliki sistem melakukan penjualan yang langsung dikirimkan dari gudang sendiri. Di Indonesia sendiri, JD.id telah beroperasi sejak tahun 2015 dengan aneka ragam kategori untuk memenuhi kebutuhan mulai dari Ibu dan anak, perangkat elektronik, hingga luxury.

Untuk bisa membeli tiket pesawat lewat aplikasi JD.id, kita hanya perlu mengetikkan kata kunci Flight terlebih dahulu di kolom pencarian. Adapun jika kita ingin membeli tiket lewat situsnya, tinggal meluncur ke alamat http://flight.jd.id. Setelahnya, kita tinggal melakukan pengisian data tanggal keberangkatan dan data penumpang.

Dalam hal pembayarannya sendiri,  JD Flight memberikan pilihan pembayaran melalui kartu debit/kredit, cicilan, clikplay, virtual account dan toko ritel. Sedangkan untuk pilihan transfer ATM sepertinya ditiadakan karena sudah digantikan dengan pembayaran lewat kartu debit.






Selain bisa lebih mudah pesan tiket pesawat, JD.id juga menyediakan jasa pemesanan hotel lewat JD Hotel lho. Caranya sama dengan saat memesan tiket pesawat, yakni mengetikkan kata kunci hotel di kolom pencarian. Layaknya situs pemesanan hotel lainnya, JD Hotel akan memberikan informasi hotel yang ada di kota yang ingin kita kunjungi. Kita bisa melakukan penyaringan hotel berdasarkan bintang, harga yang diinginkan hingga tipe hotel yang dipilih, JD Hotel juga menampilkan nilai dari hotel tersebut berdasarkan pengalaman para penggunanya.

Dengan adanya fasilitas JD Flight dan JD Hotel dari JD.id ini, tentunya akan menambah pilihan kita dalam membeli tiket pesawat dan kamar hotel. Kalau sudah begini, rasanya tak sabar lagi ingin bisa segera liburan. Buat teman-teman yang lain, gimana nih rencana liburannya? Sudah coba pesan tiket di JD Flight belum?


 Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi