Wisata-Kepulauan-Indah-di-Pulau-Kalimantan

Saat memasuki bangku kuliah belasan tahun lalu, saya dikenalkan dengan teman-teman dari penjuru pulau Kalimantan. Mulai dari mahasiswa dari beberapa kabupaten di provinsi saya sendiri, hingga ke mahasiswa yang berasal dari salah satu ujung di Kalimantan Timur yakni Tarakan.

Salah satu keuntungan dari bertemu dengan teman dari berbagai daerah ini tentunya saya jadi mengenal daerah mereka dan tempat wisata unggulan daerah tersebut. Dari teman yang berasal dari Kandangan saya tahu tentang Loksado, sedang dari teman yang berasal dari Kotabaru saya mengenal pantai Sarang Tiung. Selain itu, saya juga berkesempatan mengunjungi kota tempat mereka tinggal. Salah satunya saya sempat menghadiri pernikahan adik dari salah satu teman kuliah dengan naik motor ke Amuntai. Itu pertama kalinya saya naik motor ke daerah Hulu Sungai dan menikmati langsung makan burung belibis.

Setelah lulus kuliah, saya juga sempat berkunjung ke Tenggarong tempat salah satu sahabat saya tinggal. Selama di sana saya mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Museum Mulawarman hingga Pulau Kumala. Perjalanan ke Tenggarong itu juga merupakan pertama kalinya saya ke luar kota sendirian dengan menggunakan bis. Sebuah perjalanan yang tentunya takkan saya lupakan.

Dalam tulisannya untuk #KEBBloggingCollab untuk kelompok Raissa, mbak Primastuti Satrianto menuliskan beberapa Tempat Romantis Saat Berlibur di Pulau Lombok. Nah, untuk kali ini, saya akan menuliskan 2 kepulauan indah di Kalimantan yang tentunya juga merupakan tempat romantis untuk dikunjungi.

Baca juga : Berwisata ke Amanah Borneo Park

Pulau Derawan

Bicara tentang Kalimantan Timur, ada sebuah lokasi wisata yang hingga kini membuat saya penasaran. Saya pertama kali mengetahui tempat wisata ini dari salah satu teman yang tinggal di Kabupaten Berau. Yup. Bagi yang sudah bisa menebak, tempat wisata yang saya maksud adalah Kepulauan Derawan.

Untuk bisa menjejakkan kaki ke Pulau ini, ada 2 cara yang bisa dipilih. Pertama tentu saja lewat darat dengan rute Banjarmasin - Samarinda - Tanjung Redeb - Tanjung Batu - Pulau Derawan. Sedangkan cara kedua adalah dengan naik pesawat dengan rute Banjarmasin - Balikpapan - Tanjung Redeb atau Banjarmasin - Balikpapan - Tarakan - Pulau Derawan.

Nah, kalau tak mau ribet berangkat sendiri, kita bisa memilih paket wisata yang sering ditawarkan agen wisata. Dari info yang saya dapat dari mbah Google, biayanya mulai dari Rp. 1.800.000,00 untuk bisa menjelajahi pulau-pulau yang ada di Kepulauan Derawan seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki.

Di kepulauan ini kita bisa menyaksikan pasir putih cantik, laut yang biru, wisata bawah laut yang indah, berenang bersama ubur-ubur, dan tentunya menyaksikan sendiri kumpulan penyu yang memang menjadi daya tarik utama Pulau Derawan. Bagi saya yang terbiasa dengan pasir pantai berwarna coklat di Kalimantan Selatan, pemandangan ini mungkin sudah seperti melihat surga dunia. Heu.

Sumber gambar : http://www.warnaindonesiatour.com






 Baca juga : Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

Kepulauan Samber Gelap


Selain Pulau Derawan yang ada di Kalimantan Timur, ternyata di Kalimantan Selatan juga ada pulau yang tak kalah indah dengan Pulau Derawan. Namanya Kepulauan Samber Gelap yang terletak di Kecamatan Pulau Sebuku, Kab. Kotabaru Bagi mereka yang tinggal di Kalimantan Selatan, kabupaten Kotabaru memang dikenal memiliki wisata pantai yang paling menarik ketimbang daerah lainnya.

Saya pertama kali mengetahui tentang Kepulauan Samber Gelap ini dari beberapa rekan kerja di kantor yang mengikuti trip ke sana sekitar tahun 2015. Kala itu, tahun mereka merogoh kocek sebesar Rp. 900.000 untuk mengikuti paket perjalanan ke Samber Gelap. Rutenya sendiri dimulai dari naik bis Banjarmasin - Batulicin sekitar 8 jam yang dilanjutkan dengan naik feri menuju ke Kotabaru dan dilanjutkan dengan naik speedboat ke pulau Samber Gelap sekitan 1 jam 45 menit.

Layaknya wisata bahari lainnya, Kepulauan Samber Gelap juga menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat indah dan tentunya penangkaran penyu layaknya di Pulau Derawan. Selain itu, di sebuah pulau kecil yang berada di Kepulauan ini terdapat sebuah menara yang bisa kita naiki dan membuat kita bisa memandang pemandangan pulau dari atas. Pasti indah sekali dong ya.


Pulau kecil dengan menara di tengahnya


aktivitas snorkeling

Berfoto di pundak menara


Itulah dia 2 destinasi wisata kepulauan yang ada di pulau Kalimantan. Semoga satu saat nanti saya bisa mengunjungi kedua tempat indah tersebut.