Apa target nge-blogmu yang belum terwujud?

Jika pertanyaan ini diajukan pada saya, maka saya akan memberikan 2 jawaban. Pertama menaikkan pageviews hingga (pengennya) 1000 views sehari dan kedua menang lomba blog. Ya, sebagai seorang blogger, rasa-rasanya bisa menang kompetisi blog merupakan sebuah prestasi tersendiri. Bukan hanya karena perkara hadiah yang memang menggiurkan namun juga kebanggan karena berhasil mengalahkan puluhan atau mungkin ratusan peserta.

Lomba blog ini sendiri setahu saya terbagi menjadi 2 jenis. Pertama lomba blog yang diselenggarakan oleh pemilik blog perorangan dan lomba blog yang diadakan oleh sebuah brand atau lembaga. Lomba blog yang diadakan secara pribadi biasanya memberikan hadiah yang disediakan oleh pemilik blog atau sponsor. Entah itu berupa barang, voucher belanja/pulsa atau uang tunai. Sedangkan lomba blog yang diadakan oleh brand atau lembaga tertentu tentunya memberikan hadiah yang lebih menggiurkan seperti ponsel, laptop, uang tunai jutaan rupiah, hingga jalan-jalan gratis. Bikin mupeng kan yaaa.

Baca juga : Ngeblog Serius, Jadi Bebankah?


Manfaat Lomba Blog

Jika dilihat dari segi pemasaran, lomba blog bisa dibilang sebagai sarana bagi sebuah brand untuk mengiklankan produknya. Seperti yang kita ketahui,blog saat ini tak hanya berfungsi sebagai catatan curhatan hati pemiliknya namun juga berfungsi sebagai sarana berbagi informasi. Nah,para penyelenggara lomba blog saat ini sepertinya juga memanfaatkan fungsi dalam menyebarkan informasi ini. Dengan mengadakan lomba blog, pihak brand bisa menyebarkan info tentang produknya tanpa mengeluarkan banyak biaya seperti memasang iklan di televisi, misalnya.

Bagi blogger sendiri, adanya lomba blog juga memberikan manfaat yang cukup besar. Di antara manfaat yang didapat dari mengikuti lomba blog ini antara lain:

Meningkatkan traffic blog
Biasanya nih jika ada sebuah lomba blog, maka para peserta akan saling melakukan blogwalking dan meninggalkan komentar di tulisan yang diikutsertakan. Tujuan dari blogwalking ini sendiri bisa bermacam-macam. Mulai dari mengetahui kelebihan dan kekurangan tulisan peserta, hingga sekadar ingin membandingkan tulisan sendiri dengan tulisan peserta lain. Dengan adanya blogwalking ini tentunya akan berefek cukup bagus pada traffic blog kita.

Meningkatkan kualitas tulisan 
Jika biasanya dalam keseharian kita mengisi konten blog kita dengan tulisan apa adanya, maka dengan mengikuti sebuah lomba blog, kita dipaksa untuk melakukan riset terkait tema yang diberikan. Selain itu kita juga harus pintar dalam mengolah data hasil riset agar nyaman dibaca dan tidak terkesan meng-copy tulisan yang sudah ada. Ini jelas akan membantu kita untuk meningkatkan kualitas tulisan yang bisa jadi meningkatkan nilai jual kita sebagai blogger.

Menuntut diri menjadi kreatif
Hal lain yang bisa didapat dari mengikuti lomba blog adalah kita dituntut untuk menjadi kreatif. Seperti yang kita tahu, lomba blog sekarang ini tak hanya mengandalkan tulisan saja namun kadang meminta pesertanya membuat ilustrasi yang menarik. Tak heran jika sekarang beberapa peserta lomba blog membuat infografis menarik hingga video dalam tulisan yang dilombakannya. Ah, pokoknya keren-keren deh para peserta blog sekarang.

Baca juga : Pengalaman Migrasi Domain dari Wordpress ke Blogspot

Meski banyak manfaatnya, tapi kenapa tidak sering ikut lomba blog?

Sayangnya, meski mengikuti lomba blog memberikan banyak manfaat, ada saja alasan kita untuk tidak mengikutinya. Untuk saya pribadi, beberapa alasan yang membuat saya tidak banyak mengikuti lomba blog antara lain:

Tidak suka berkompetisi
Sejak dulu saya memang bukan orang yang suka berkompetisi. Mungkin ini pengaruh dari karakter plegmatis yang saya miliki. Selama sekian tahun ngeblog, tak banyak lomba yang saya ikuti. Jangankan lomba, kadang give away pun saya skip jika pesertanya lumayan banyak. Untungnya, dengan semakin menggiurkannya hadiah lomba blog, sekarang rasa malas berkompetisi itu mulai berkurang dan saya mulai berani mengikuti beberapa lomba.  

Memilih ikut lomba yang temanya dikuasai
Selain karena tak terlalu suka berkompetisi, hal kedua yang menjadi alasan tidak sering ikut lomba blog adalah perihal tema. Kadang saya memilih lomba yang temanya benar-benar saya kuasai. Misalnya, lomba dengan tema pengalaman pribadi yang notabene lebih gampang ditulis ketimbang lomba dengan tema ilmiah, misalnya. Padahal bagi beberapa orang, mengikuti lomba dengan tema yang tak dikuasai malah bisa menjadi tantangan tersendiri. Nah kalau menurur saya, masalah penguasaan tema ini bisa diatasi dengan sering melakukan riset dan banyak membaca.

Tidak percaya dengan diri sendiri
Alasan terakhir kenapa saya jarang ikut lomba adalah tidak percaya dengan diri sendiri alias cepat minder jika melihat tulisan peserta lain. Nah, masalah tidak percaya diri dengan tulisan ini sendiri biasanya berkaitan dengan konten yang terasa kurang berkualitas akibat minimnya data dimiliki dan riset dilakukan Kali terakhir, misalnya. Saya sudah niat banget ingin ikut salah satu lomba blog bertema diare. Saya sudah menulis beberapa paragraf kalimat dan mengumpulkan beberapa referensi. Jelang deadline, bermunculan lah tulisan para peserta. 

Saya pun membuka satu persatu link yang diberikan. Hasilnya, saya yang baru menulis beberapa kalimat pembuka langsung keder dan kehilangan semangat untuk melanjutkan draft tulisan. Apa pasal? Draft lomba yang saya miliki masih sangat mentah dan minim data. Belum lagi beberapa kalimat masih terkesan copy paste. Akhirnya saya pun memutuskan untuk melanjutkan membaca tulisan para peserta saja. Setidaknya setelahnya dengan membaca tulisan peserta ini saya mendapatkan beberapa masukan baru jika mengikuti lomba yang lain.

Sekian curhat dari saya terkait lomba blog. Semoga saja ke depannya saya bisa mengikuti lomba blog dengan lebih total dan bisa jadi salah satu pemenang.