berbelanja perlengkapan bayi di banjarmasin

Apa perlengkapan yang perlu dibeli sebelum melahirkan? 

Bagi mereka yang baru pertama kali mempersiapkan kelahiran, pertanyaan ini pastilah akan muncul di trimester akhir kehamilan. Baju apa yang sebaiknya dibeli? Modelnya seperti apa? Perlukah membeli ini? Perlukah membeli itu? Setidaknya itulah pertanyaan yang saya lontarkan kepada beberapa teman sebelum saya melahirkan. Tak hanya teman, internet juga menjadi salah satu rujukan saya untuk mencari tahu apa saja perlengkapan yang harus dibeli jelang kelahiran ini.

Dua bulan sebelum masa melahirkan, saya pun mulai berbelanja. Saat itu saya putuskan membeli perlengkapan bayi secara mencicil. Misal bulan ini membeli baju untuk bayi, bulan depan membeli peralatan mandinya, berikutnya pakaian untuk saya sendiri setelah melahirkan dan seterusnya hingga jelang hari kelahiran.

Nah, karena masih belum pengalaman, saya dengan santainya membeli sedikit sekali pakaian untuk calon bayi saya nanti. Kalau calon ibu lain saking semangatnya mungkin membeli baju anaknya selusin, nah saya cuma 3 potong. Baju 3 potong, celana panjang 3 potong, celana pendek 3 potong, bahkan bedong bayi juga cuma beli 3 potong. Intinya saya minimalis sekali berbelanja pakaian untuk calon bayi saya.

Baca juga : Belajar Menjadi Orang Tua

Setelah melahirkan, barulah terlihat efek dari belanja minimalis ini. Yumna yang waktu itu memakai popok kain kehabisan kain bedong dan popok. Pakaian harian juga kurang banyak. Mau tak mau ayahnya membeli lagi sekian potong pakaian dan popok untuk Yumna. Untungnya untuk urusan bedong, sebelum melahirkan adik saya sempat menghibahkan bedok milik anaknya yang tidak terpakai, jadi kami tak perlu membeli bedong tambahan.

Efek lain dari minimalisnya saya berbelanja ini adalah saat akikah Yumna tidak memiliki gaun cantik untuk dikenakan. Setelah melahirkan, saya ternyata tidak bisa keluar rumah. Belanja online pun tidak terpikirkan kala itu. Padahal ponsel selalu ada di tangan saya. Namun karena fokus saya kala itu adalah berjuang memberi ASI untuk Yumna hingga tak terpikirkan belanja pakaian bayi secara online.

Akhirnya saat akikah, Yumna hanya mengenakan pakaian yang diberikan salah satu neneknya. Padahal dalam bayangan saya Yumna yang mengenakan baju cantik dengan headband bayi di kepalanya.

Baca juga : Saat Bayi 1 Tahun Menolak Minum ASI Perah

Bicara tentang membeli perlengkapan bayi, di kota saya sendiri ada cukup banyak toko perlengkapan bayi yang bisa disambangi. Mulai dari toko besar layaknya shopping center, hingga toko-toko kecil yang bermunculan di pinggir jalan. Setelah melahirkan, biasanya saya akan berbelanja di toko perlengkapan bayi jika ada barang untuk Yumna yang ingin dibeli atau membeli hadiah untuk teman yang baru melahirkan. Nah, kemana sajakah saya biasanya membeli perlengkapan bayi ini? Berikut adalah tempat-tempat yang pernah saya kunjungi:


Alan Babykids
Alan Babykids merupakan salah satu toko perlengkapan bayi yang cukup terkenal di Banjarmasin. Berlokasi di jalan S. Parman, toko dengan 2 lantai ini menyediakan aneka perlengkapan bayi dari A sampai Z.

Di lantai 1 kita bisa memilih aneka pakaian dan aksesoris untuk bayi, perlengkapan menyusui, aneka gendongan, hingga peralatan MPASI.  Naik ke lantai 2, kita akan menemukan berbagai stroller, baby walker, pushwalker, box bayi dan berbagai mainan untuk anak-anak kita.

Kalau kata saya sih, Alan Babykids ini merupakan one stop shopping. Tempatnya besar, parkir luas dan barangnya lengkap.  Di tempat ini juga tersedia kafe yang mungkin diperuntukkan bagi para ayah yang bosan menunggu istrinya berbelanja. Hehe.


Dunia Bayi
Dunia Bayi awalnya menempati sebuah los di daerah Pasar Sudimampir Banjarmasin. Tak lama toko ini kemudian membuka cabang di jalan Kuripan dekat dengan lokasi kantor saya. Dunia Bayi bisa dibilang toko perlengkapan bayi yang paling sering saya kunjungi. Alasannya tentu saka karena lokasinya yang dekat dengan kantor saya dan harga barang-barangnya yang tergolong murah.

Di sini kita bisa membeli aneka pakaian untuk bayi baru lahir, aksesoris untuk bayi, peralatan menyusui dan MPASI, stroller, popok bayi dan beberapa mainan. Selain di Kuripan, Dunia Bayi juga memiliki cabang di jalan Cempaka yang merupakan pindahan dari toko di Pasar Sudimampir.

Rainbow Babykids Shop
Raibow Baby Shop terletak di jalan A. Yani km 4,5 samping UIN Antasari Banjarmasin. Toko bayi ini juga baru saja memindahkan lokasinya ke tempat yang lebih besar. Selain menyediakan aneka perlengkapan dan pakaian bayi, toko ini juga menyediakan beberapa produk MPASI untuk bayi seperti biskuit bayi, ASI Booster untuk ibu menyusui. Oh ya, di toko ini kita bisa memiliki kartu member dan mendapat potongan harga jika menjadi membernya.




Victory Babykids
Saya mampir ke Victory Babykids saat akan mencari biskuit untuk MPASI Yumna saat usianya 7 bulan. Selain menyediakan ragam produk MPASI, Victory Baby Shop juga menyediakan berbagai pompa ASI, peralatan MPASI dan tentunya juga aneka pakaian bayi. Victory Baby Shop sendiri berlokasi di jalan Veteran no. 11 - 15 Banjarmasin.

Pasar
Pasar menjadi pilihan jika hanya ingin membeli perlengkapan berupa pakaian bayi. Ada banyak toko kecil yang menjual pakaian bayi di pasar. Saya sendiri kadang berbelanja pakaian bayi secara spontan saja kalau berada di pasar. Seperti beberapa waktu lalu, tanpa sengaja saya melihat sebuah legging bayi lucu di sebuah toko di pasar Kuripan. Tanpa banyak pertimbangan saya membelinya untuk Yumna. Padahal kalau dipikir-pikir saat itu saya sedang tidak ada anggaran belanja pakaian bayi. Heu.

Itulah dia beberapa tempat yang kerap saya kunjungi jika ingin berbelanja aneka perlengkapan bayi. Semoga bermanfaat :)