Saat seorang wanita menjadi ibu, biasanya akan ada hobi baru yang dimilikinya. Ya, belanja aneka keperluan bayi yang dimulai dari masa kehamilan. Mulai dari berbelanja pakaian, kereta dorong, peralatan makan hingga mainan. Toko bayi menjadi surga tersendiri bagi para ibu baru ini. Bahkan mungkin kalau bisa semua barang yang ada di toko bayi itu dibeli. Hehe.

Namun tentunya tidak semua perlengkapan bayi harus kita beli. Terutama jika berkaitan dengan budget yang dimiliki serta masa pemakaian dan kegunaan perlengkapan tersebut. Beberapa perlengkapan seperti box bayi dan beberapa jenis mainan bisa dibilang perlengkapan bayi tak harus dibeli. Nah, untungnya sekarang sudah ada rental perlengkapan bayi yang menyediakan aneka perlengkapan bayi yang dirasa tak perlu dibeli ini. Dengan menyewa di rental perlengkapan bayi, ibu tentu tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk memenuhi kebutuhan akan perlengkapan bayi.

Salah satu rental perlengkapan bayi yang cukup terkenal di kota saya adalah Alif Rental milik mbak Meilisa Nurindah. Didirikan sejak 16 Februari 2014, rental perlengkapan bayi miliknya ini kini sudah berhasil memberikan keuntungan 5-7 juta rupiah per bulannya. Teman-teman penasaran dong bagaimana mbak Meilisa membangun bisnisnya ini? Berikut hasil wawancara saya dengan beliau.


Bagaimana sejarah pendirian Alif Rental Banjarmasin?
Awal mula membuka usaha ini bermula ketika Meilisa melihat ada perosotan yang dijual dengan harga miring di media sosial yang diikutinya. Sebagai ibu baru dengan usia anak 1 tahun, Meilisa memang kerap kalap membeli aneka perlengkapan bayi yang berseliweran di timeline media sosial miliknya. Saat itu, barang yang bagus hanya bisa didapat secara online yang tentunya biaya kirimnya relatif mahal. Meilisa pun melihat adanya peluang dari usaha menyewakan perlengkapan bayi mengingat saat itu dirinya belum menemukan adanya rental perlengkapan bayi di Banjarmasin. 

Dengan dukungan penuh dari sang suami, Alif Rental Banjarmasin pun memulai usaha sejak 16 Februari 2014 dengan menggunakan media promosi twitter dan facebook. Saat ini Alif rental Banjarmasin berlokasi di Jalan Jahri Saleh Komplek Pandan Arum Blok C Jalur 2 No 79/80 (C) Banjarmasin. Alif Rental Banjarmasin saat ini beroperasi setiap hari Senin hingga Jum'at dari pukul 09.00 - 17.00.  Hari Sabtu dijadikan hari full untuk keluarga sedangkan hari Minggu buka dari siang hari.



Berapa modal awal, keuntungan dan dukungan dari keluarga atas usaha ini?

Dalam memulai usahanya, Meilisa dan suami mengeluarkan modal awal sebesar 10 juta rupiah. Hingga tahun ke-4 usahanya ini, keuntungan kotor yang didapat dalam 1 bulan berkisar dari 5 - 7,5 juta perbulan. Perlengkapan bayi yang disediakan juga sangat beragam mulai dari stroller, aneka pushwalker hingga mainan bayi.

Suami Meilisa sendiri sejak awal sudah mendukung usaha sang istri dengan catatan saat terjun harus benar-benar serius dan tidak tanggung-tanggung dalam menjalankannya. Agar tak keteteran dalam membagi waktunya di rumah, Meilisa mendelegasikan sebagian pekerjaan rumah tangga kepada orang lain sementara ia memegang langsung usaha rental dan mengurus anak.

Selain dalam bentuk materi, beberapa keuntungan lain yang didapat Meilisa dari usaha rental perlengkapan bayi ini antara lain:
  • Mengenal banyak orang dan relasi semakin luas dari wilayah Kalsengteng
  • Menjadi support/landasan untuk membuka usaha lain yg berkenaan dengan dunia anak seperti menjadi reseller buku anak,barang unik tentang anak anak, bahkan ke usaha lain seperti property karena Alif Rental Banjarmasin dikenal orang di medsos(dunia maya) atau dari referensi customer ke calon customer lain (dari mulut ke mulut)
  • Ikut membantu menambah penghasilan beberapa kurir ojek online dan pekerja paruh waktu yang membantu operasional rental

Apa saja suka duka dan tips dalam menjalankan usaha rental perlengkapan bayi?


Selama menjalankan usaha rental perlengkapan bayi ini, tentunya ada suka dan duka yang dihadapi oleh Meilisa. Sebelum melakoni usaha rental perlengkapan bayi, Meilisa sendiri sempat berstatus sebagai pegawai kantoran. Dengan menjalankan usaha rental perlengkapan bayi membuatnya memiliki lebih banyak waktu untuk menemani anak-anaknya di rumah. Selain itu usaha rental perlengkapan bayi ini juga bisa menjadi salah satu caranya menyalurkan hobi belanja terutama yang berkaitan dgn anak anak.

Nah, jika ditanya soal duka dari usaha yang dijalankannya ini, berikut jawaban yang diberikan Meilisa:
  • Banyak customer yang sering mengembalikan barang dengan keadaan yg sangat kotor šŸ˜‚, bayar tidak tepat waktu, susah dihubungi, nomor hape tidak aktif dan tidak ada konfirmasi, dll
  • Karena bergerak di bidang jasa, mau tidak mau di rental harus ada yang standby menjaga jadi kalau libur harus jauh-jauh hari diinfokan ke customer,
  • Kadang saat rental libur atau tutup juga masih ada customer yang tiba-tiba datang
  • Kadang ada customer yang menawar biaya sewa dengan sadis padahal barang yang kami sewa adalah barang dengan merk dan kualitas yang bagus yang sesuai dengan harganya.
Bagi teman-teman yang ingin membuka usaha rental perlengkapan bayi, Meilisa memberikan tips sebabagai berikut:
  • Karena usaha ini untuk jangka panjang sebaiknya pilih dan beli barang yang berkualitas bagus
  • Sebisa mungkin menghindari mainan yang banyak bunyi dan perintilan yang kecil-kecil kecuali mau menanggung resiko rusak dan hilang
Itulah dia sedikit kisah yang saya dapatkan seputar usaha rental perlengkapan bayi. Bagi teman-teman yang memiliki keinginan memiliki usaha rental perlengkapan bayi, semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran tentang usaha rumahan ini.