Bersyukurlah kita yang terlahir menjadi perempuan karena pada dasarnya perempuan adalah kaum yang pandai mengatur berbagai hal dan tahu jelas yang menjadi tujuan dalam hidupnya. Setiap perempuan pasti telah memiliki angan-angan apa yang ingin mereka capai pada usia tertentu.

Berbeda dengan kaum laki-laki yang mengusung semboyan go with the flow. Perempuan cenderung mudah khawatir, oleh karena itu mereka selalu memiliki target dan perencanaan agar cita-cita dapat dicapai tepat waktu.

Dalam mencapai cita-cita, kerja keras, integritas, dan komitmen wajib di junjung. Setiap hal kecil yang dilakukan akan berbuah pada kesuksesan jika dilakukan terus-menerus. Mulai ‘lah dengan menjadi perempuan produktif yang melakukan rutinitas sehari-hari seperti berikut ini.

1.    Tidur Lebih Awal dan Bangun Pagi

Perempuan produktif pastinya memiliki kondisi fisik yang prima karena taat pada jam tidur ideal. Penelitian bahkan telah menyatakan bahwa, kualitas tidur seseorang akan mempengaruhi tingkat produktivitasnya. Normal, setiap orang dewasa membutuhkan waktu 7 sampai 8 jam untuk memperoleh tidur yang berkualitas.

Jangan biasakan bekerja atau terbangun hingga larut malam, hal ini hanya akan membuatmu lebih cepat merasa letih dan kelelahan dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Manfaatkan alarm jam smartphone kamu untuk membantu kamu bangun pagi.

Setelah bangun tidur jangan lupa merapikan tempat tidur dan berdoa untuk mengucapkan syukur dan meminta perlindungan dan kelancaran dalam menjalani hari, dijamin berdoa bisa memberikan energi positif dalam memulai hari.

2.    Olahraga untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Usahakan berolahraga pagi hari sebelum memulai aktifitasmu. Olahraga yang idealnya bisa kamu lakukan adalah jogging pagi. Dengan melakukan jogging di pagi hari, kamu bisa menghirup udara segara yang baik untuk pernafasan. Berolahraga juga dapat memperlancar peredaran darah dan membuat otot-otot tegangmu jadi lebih rileks.

Jika tidak sempat jogging, kamu bisa melakukan stretching ringan setelah bangun tidur, hal tersebut juga sudah cukup untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih segar.

3. Membuat Jadwal dan Fokus pada Prioritas

Setiap perempuan yang produktif biasanya memiliki agenda atau catatan khusus di gadget mereka untuk seluruh kegiatannya. Seperti menandai kalender mereka, menentukan target mingguan, hingga daftar tentang hal-hal yang harus mereka lakukan setiap harinya.

Hal ini patut kamu coba jika selama ini kamu mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan. Buatlah daftar tentang apa saja yang harus kamu lakukan dan tentukan deadline pula untuk memacu dirimu. Mungkin akan terasa berat, tapi ada baiknya kamu melakukan tugas yang paling besar dan paling susah di pagi hari, lalu kerjakan hal-hal yang tidak bersifat urgent pada sisa hari kamu. Menunda-nunda dan terus menghindar dari pekerjaan besar hanya akan membuat hari-harimu lebih berantakan.

Kamu juga harus menentukan kapan harus makan siang dan kapan harus berhenti bekerja, terlalu lama bekerja juga tidak baik. Jika semua sudah terjadwal, dijamin semua akan selesai tepat waktu dan kamu gak perlu bekerja hingga larut malam.

4. Fokus Pada Satu Pekerjaan Hingga Selesai

Perempuan produktif sangat tidak menyukai multitasking yang hanya akan membuatnya memulai banyak pekerjaan dan tidak ada yang terselesaikan dalam satu hari. Fokuslah pada satu pekerjaan dan kerjakan hingga selesai. Salah satu contoh sederhananya adalah jangan makan sambil kerja. Ketika makan siang, tutup pekerjaan kamu dan makan sampai selesai.

Atau ketika mengerjakan sebuah tugas susah dalam segala besar, jangan tinggalkan jika sudah dimulai dan beralih ke pekerjaan lainnya. Secara psikologi, hal ini hanya akan membuat kamu gelisah dan merasa dikejar suatu kewajiban. Hal in hanya akan membuat kamu semakin tidak bersemangat dalam menjalani pekerjaan.

5. Menjauhkan Diri dari Social Media Selama Bekerja

Beberapa perempuan sangat gemar meng-update kegiatan sehari-harinya di social media, mulai dari sarapan, saat bekerja, makan siang, hingga mau tidur. Hal ini memang terdengar wajar di era milenial, tapi tidak semua perempuan melakukan ritual tersebut, termasuk perempuan produktif. Mem-posting kegiatanmu setiap saat hanya akan membuat kamu kehilangan waktu karena terlalu sibuk pilih-pilih filter dan caption yang menarik, belum lagi kalau ada yang komen.

Hilangkan kebiasaan tergantung dengan social media berlebihan. Mem-posting kegiatanmu di social media memang sah-sah saja, tapi tidak terpungkiri hal ini akan mempengaruhi tingkat produktivitasmu. Posting-lah hal-hal yang lebih menarik seperti momen-momen ketika liburan atau hang out seru bersama teman-teman.

6. Memiliki Schdule Harian untuk Evaluasi

Perempuan produktif tak akan lepas dari yang namanya agenda pribadi. Agenda pribadi sudah menjadi buku pedoman kehidupan mereka. Semua agenda penting dan to do list tersimpan di agenda tersebut. Selain daftar tentang kegiatan sehari-hari, di buku agenda merek juga akan menulis kegiatan harian mereka sebagai evaluasi diri.

Mencatat kegiatan sehari-hari satu ini berbeda dengan buku harian yang sentimental, buku harian lebih mengarah ke catatan pribadi dengan segala luapan emosi. Agenda evaluasi harian lebih mengarah pada apa saja yang sudah kamu capai dan hal-hal apa yang masih gagal kamu selesaikan. Dengan menulis, secara tak sadar kamu juga sedang mengevaluasi dan menasihati diri sendiri untuk menjadi lebih baik.

7. Menentukan Hari Liburan

Produktif tidak berarti workaholic yang gila kerja hingga akhir pekan. Jangan lupa sisihkan waktu untuk berlibur dan santai yang idealnya pada akhir pekan. Rencanakan pertemuan dengan teman-teman kamu atau orang tercinta. Bersosialisasi juga akan memberikan energi positif dalam dirimu.
Jika kamu sedang malas dan tak ingin bertemu dengan siapa pun, santai di rumah sambil menonton drama Korea favoritmu seharian juga termasuk kegiatan santai.

Itu dia 7 hal yang selalu di lakukan oleh perempuan produktif. Bagaimana denganmu? Yuk share pengalaman kamu menjadi perempuan produktif ala kamu pribadi.