Mencoba untuk produktif tengah malam sebelum besok kembali dinas pagi dan berharap tulisan ini bisa diselesaikan sebelum jam 12 malam. Malam ini aku mau membahas tentang primer. Sebelum kita masuk ke topik bahasan, sebaiknya dijelaskan dulu apa itu primer dan fungsi serta pemilihannya secara garis besar.

Sedikit mengingatkan bahwa saya bukan seorang make up artist dan tentunya juga bukan make up expert. Semua tulisan disini berdasarkan pengetahuan saya secara umum.

img_2139

Apa fungsi primer?

Pertama kali aku concern soal primer adalah dari teman koassku yang menyebutkan bahwa fungsi utama primer adalah menciptakan batas antara kulit yang sudah menggunakan skincare dengan makeup yang akan kita gunakan.

Kemudian aku mulai melakukan research ala ala orang yang baru mulai menyukai makeup, sampai akhirnya aku menyimpulkan kurang lebih fungsi primer adalah : Membatasi antara kulit kita dengan makeup yang akan kita gunakan, menambal permukaan kulit yang tidak rata (pori yang terlalu besar, bekas luka) sehingga kulit kita terlihat mulus, membuat makeup lebih awet, mencegah makeup kita teroksidasi karena kontak langsung dengan minyak dan banyak fungsi lainnya.

Apa saja jenis primer berdasarkan bahan dasarnya dan bagaimana menentukan apa yang kita butuhkan?

Garis besarnya begini :

Primer ada beberapa jenis , yaitu :  silicone based – water based – oil based. Penggunaannya pun harus disesuaikan dengan iklim tempat kita tinggal, kondisi kulit kita, dan yang nggak kalah penting, disesuaikan dengan foundation yang akan digunakan nantinya. Misalnya foundation kita nanti silicone based , gunakan primer yang silicone based juga. Jangan gunakan primer yang silicone based untuk foundation yang water based karena foundationnya tidak akan menyatu dan sering sekali banyak yang mengeluhkan primernya malah berubah jadi seperti bola bola daki bila diusap dengan tangan, dan kalau sampai ini kejadian sih, fail banget.

Atau jangan gunakan primer oil based untuk foundation yang silicone based, hal ini fatal untuk kita yang tinggal di negara lembab dan panas karena justru akan mempercepat makeup pecah dia area area berminyak. mereka ga akan nyatu. Primer dengan bahan dasar silicone, biasanya di daftar ingredientsnya ada zat zat dengan akhiran -cone seperti Dimethicone.

Selain itu, sesuaikan dengan jenis kulit kita. Apakah kulit kita berminyak dan kita ingin mengontrol produksi minyak agar makeup lebih awet? atau kulit kita sebetulnya cuma berminyak dalam jumah wajar di area T dan kita sekedar ingin menyamarkan pori? Pertanyaan ini akan membawa kita ke dua jenis primer yang paling banyak dicari orang, yaitu Mattifying primer dan Smoothing/ Blurring primer. Mattifying primer berbeda dengan smoothing/ blurring primer, Mattifying primer berfungsi untuk menahan minyak dan biasanya memang super ampuh sedangkan yang smoothing primer berfungsi menyamarkan ketidaksamarataan permukaan kulit, kalau bisa sekalian menahan minyak ya syukur, kalau tidak bisa ya memang fungsi utamanya kan bukan itu. Dan untuk orang dengan kulit kombinasi apalagi cenderung kering di area jawline, hati-hati menggunakan mattifying primer di seluruh muka karena justru akan membuat sumbatan pada pori di area yang porinya sudah cukup kecil seperti rahang dan area area kering lainnya, jadi harus paham betul daerah mana yang mau dikurangi produksi minyaknya atau hanya sekedar diblurr.

Pahami betul sebelum berkiblat pada blog/vlogger untuk pilihan primer dan foundation seandainya kita masih pemula seperti saya, misalnya kita berpanutan pada vlogger dari negara barat ,kebanyakan primer andalan mereka bertujuan melembabkan kulit mereka yang cenderung kering, ditambah iklim mereka juga kering dan dingin, nah jika primer jenis ini kita pakai di Indonesia, ga usah tunggu lama, makeupnya pasti bubar jalan dan pecah sana sini.

Seandainya memang beauty guru kita harus banget dari negara Barat usahakan untuk mencari reviewnya di bagian summer makeups karena yang iklim musim panas mungkin sedikit mendekati untuk membayangkan panasnya Indonesia.

Oke sekarang mari kita lanjut ke topik utama :

Benefit Porefessional vs MUFE Smoothing Primer


Dua jenis primer ini adalah silicone based primer yang berfungsi untuk mengisi pori dan menyamarkan kekurangan pada kulit kita seperti luka-luka bekas jerawat, tapi tidak berfungsi menyamaratakan warna kulit dan tidak berfungsi melembabkan.

Ingredients List

Benefit Porefessionalyclopentasiloxane, Dimethicone, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Isononyl Isononanoate, Silica, Dimethicone Crosspolymer, Isododecane, Phenoxyethanol, Polymethyl Methacrylate, Titanium Dioxide (CI 77891), Cyclohexasiloxane, Tocopheryl Acetate, Fragrance (Parfum), Mica, Iron Oxides (CI 77492), Limonene, Iron Oxides (CI 77491), Iron Oxides (CI 77499), Triethoxycaprylylsilane, BHT.

MUFE Smoothing Primer

Methyl Methacrylate Crosspolymer, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Diphenyl Siloxy Phenyl Trimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Titanium Dioxide, Phenoxyethanol, Silica Silylate, Parfum (Fragrance), Aqua (Water), CI77492 (Iron Oxides), Magnesium Carbonate Hydroxide, Polumethylsilsesquioxane, Sodium Hyaluronate, Aluminum Hydroxide, Tocopherol, CI77491 (Iron Oxides), Hydrogen Dimethicone, CI77499 (Iron Oxides), Avena Sativa (Oat) Kernel Extract, Cichorium Intybus (Chicory) Root Extract, Ethylhexylglycerin, Benzyl Benzoate, Benzyl Salicylate, Limonene.

Dari perbandingan ingredientsnya dapat dilihat kedua primer sama sama silicone based primer dan ada kandungan parfumnya.

Perbedaan siginifikan ada pada kandungan antioksidan. Benefit porefessional mengandung Tocopherol Acetate, suatu derivat vitamin E yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Sedangkan MUFE mengandung antioksidan dari Oat dan Chicory (sejenis tanaman).

Packaging


Packaging keduanya berupa tube plastik yang sangat ringan dan nyaman untuk dibawa-bawa terutama untuk orang yang suka dandan di mobil seperti saya. Tube ini juga sangat mudah untuk mengontrol jumlah produk yang dikeluarkan, jadi ga usah takut akan bleber kemana mana selama tidak terhimpit.

Untuk packaging, Benefit Porefessional tersedia dalam beberapa ukuran, sangat menguntungkan untuk teman-teman yang baru ingin mencoba atau buat orang-orang yang selalu stand by primer di makeup pouch mereka. Sedangkan MUFE hanya tersedia dalam satu ukuran di Indonesia, ukuran travel sizenya saya belum pernah lihat dijual bebas di store resmi MUFE di Indonesia.

Pemakaian

Benefit Porefessional dan MUFE Blurring Primer secara tekstur memang tidak terlalu berbeda tetapi Benefit Porefessional memiliki tampilan yang lebih matte. Sayangnya perbandingan ini tidak bisa aku sertakan fotonya karena keterbatasan pencahayaan.

Setiap hari saya hanya menggunakan seukuran jarum pentul dan didab dab di area T zone dengan tujuan untuk blurring pori area T yang cukup besar, sedangkan untuk area wajah yang lain saya mengandalkan sunblock yang bisa berfungsi sebagai primer sekaligus.

Sehari -hari saya bekerja di bangsal dengan sirkulasi udara yang tidak terlalu baik alias pengap. Benefit Porefessional mampu menjaga makeup saya tetap fresh dan flawless selama 8 jam, sedangkan MUFE akan mulai sedikit kusam di atas jam 12, apalagi kalau tempat kerjanya lebih panas dari bangsal saya yang sekarang (seperti di puskesmas dulu).

MUFE akan sangat bagus performanya apabila digunakan oleh orang yang memang sehari-harinya beraktivitas di ruangan ber-AC yang cenderung kering. Sedangkan untuk orang yang aktivitasnya di ruangan tanggung seperti aku, aku lebih recommend Benefit Porefessional.

Harga?

Untuk harga keduanya tidak berbeda jauh. MUFE IDR 660k untuk 30ml, sedangkan benefit IDR 490k untuk 22ml, jika dipakai setiap hari, kurang lebih habis dalam satu setengah tahun.

Di antara keduanya, saya akan repurchase Benefit Porefessional yang performanya lebih sesuai dengan aktivitas saya sehari -hari. Terlebih lagi Benefit Porefessional sangat mudah ditemukan kemasan travel sizenya sehingga sesuai dengan aku yang sering kepepet lalu dandan di mobil.

Nah sekian tulisan saya untuk perbandingan antara MUFE Smoothing Primer dan Benefit Porefessional. Bagaimana dengan teman teman pembaca? Primer apa yang kalian sukai dan kenapa? Tulis di comment yaa, saya akan sangat senang membaca rekomendasi dari teman teman untuk next wishlist 😀

 

Sampai jumpa di post berikutnya!