Di musim panas yang paling aku suka adalah kita bebas menggunakan baju atau sepatu bahan dan warna apa saja tanpa khawatir terkena air hujan, terutama untuk sepatu warna putih atau berbahan suede. Tapi sedihnya kulit muka kadang terasa gatal karena super kering dan bibir pecah-pecah. Jadi biasanya aku suka melembabkannya menggunakan petroleum jelly. Teringat dengan saran temanku, kalau vaseline petroleum jelly yang ada tulisan arabnya lebih ampuh daripada yang tulisan abjad biasa. Akhirnya setiap beli, aku selalu cari yang ada tulisan arabnya haha. Nah kalau kalian yang merasa kesulitan cari Vaseline yang versi Arab, coba cari di toko peralatan umrah biasanya disitu ada.

Sebenarnya apa sih petroleum jelly?
Petroleum jelly merupakan sisa dari proses pengeboran minyak yang dapat digunakan untuk memperbaiki kulit, bahkan bisa menyembuhkan luka bakar. Petroleum diperoleh dari pemurnian minyak tanah (petroleum) untuk menghilangkan bau dan mengubah warna.


Petroleum jelly ini sebenarnya tidak memiliki warna dan dia agak sedikit sticky. Selain itu kalo terkena air dia akan licin dan berminyak pokoknya ga enak deh, jadi saranku kalo udah diaplikasikan hindari terkena air dulu ya. Untuk baunya sih menurutku enak-enak aja bahkan nyaris tidak tercium. Bisa dilihat dari foto diatas, kalo petroleum jelly ini mudah dibaurkan dan langsung melembabkan. Biasanya akan terasa lengket diawal, tapi beberapa menit kemudian bakal hilang kok. Seperti yang kita tau kalau petroleum jelly ini bisa digunakan untuk bibir, dan bagian kulit yang terasa kering seperti sikut, lutut, tumit, kuku, telapak tangan maupun kaki. Tapi ternyata gak hanya itu aja guys, aku mau sharing beberapa beauty hacks dari si petroleum jelly ini.

1. Membersihkan makeup
Kita bisa manfaatin si kecil mini ini buat bersihin makeup juga loh. Caranya oleskan petroleum ke bagian makeup yang akan dibersihkan, gosok menggunakan tangan. Kalau udah berasa makeupnya udah bisa keangkat semua, gosok pake kapas dan whoop bersih deh makeupnya keangkat semua.

2. Membuat bulu mata terlihat tebal
Petroleum bisa menebalkan bulu mata? Kayaknya beauty hack yang ini udah banyak yang tau, tapi aku rasa bukan  menebalkan sih, tapi lebih ke membuat mata terlihat tebal. Karena yang aku rasa, si bulu mata bakal terlihat lebih besar-besar volumenya jadi kayak kita pakai mascara.
3. Overnight beauty
Petroleum jelly bisa dimanfaatkan untuk overnight beauty juga. Jadi biasanya kalo lagi gak lupa dan lagi gak males, sebelum tidur aku pakein ke bibir, tumit, seluruh kuku jari, bulu mata, bahkan sampe ke alis. Terus langsung deh bobok chantique hehe.
4. Menutup pori-pori
Siapa yang risih dengan pori-pori besar? Sejujurnya aku bukan tipe yang terlalu memperhatikan pori-pori karena kadang masih bingung yang dibilang besar dan kecil itu cem mana haha. Tapi kalo kalian risih, jangan cemas karena katanya petroleum jelly ini bisa dipake buat menutup pori-pori.
5. Mengurangi kerutan
Berhubung aku masih belia (iya gitu?) jadi aku belum bisa membuktikan ini haha, tapi beauty hack yang ini masih logis sih menurutku. Karena biasanya kulit kering itu bisa menimbulkan penuaan dini alias kerutan mulai bermunculan.
Dari beauty hacks diatas, mostly udah pernah aku cobain. Meskipun sempet baca beberapa artikel kalo katanya penggunaan yang terlalu sering dan berlebihan bisa memicu kanker. Menurutku selama kita menggunakannya masih dibatas wajar kayaknya bakal aman sih, jangan lupa bismillah dulu sebelum pakenya yah biar dilindungi hehe. Nah kalo kalian punya beauty hacks yang lain lagi yuk sharing 💕