Sering merasa kulit wajah belang?

Banyak timbul noda hitam?

Kulit nampak kusam dan timbul kerutan meski usia masih muda?


Well, selamat datang di keadaan kulitku beberapa tahun yang lalu. Yep! Kulitku super kusam. Banyak komedo. Noda hitam. Belang. Pokoknya ngeri deh!



Akhirnya aku sadar ada satu hal penting yang terlewatkan olehku. Proteksi kulit dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari ternyata berbahaya lho! Sinar UVA dan UVB ternyata mempunyai peranan yang cukup besar terhadap rusaknya kulit wajah. Penjelasan tentang paparan sinar matahari ini sudah pernah aku bahas di postingan berikut




Jadi gini, mau maskeran 50x sehari. Cuci muka pake susu 10x sehari. Pake skincare mahal. Tapi kalo nggak pake sunscreen ya percuma aja dong!


Sunscreen itu gunanya untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Kalo aku bilang sih, rajin-rajin dulu pake sunscreen. Aku udah membuktikan sendiri dahsyatnya manfaat sunscreen untuk kulit wajah (terdengar lebay I know! Tapi ini beneran!)

Kalo kalian baca postinganku tentang sunscreen sebelumnya (Sunscreen Skin Aqua SPF 50+) kalian pasti tau kalo aku banyak banget terpapar sinar matahari sewaktu masih sekolah. Alhasil kulit wajah sangat kusam dan banyak noda-noda hitam.

Tapi semenjak rajin menggunakan sunscreen setiap hari selama kurang lebih 3 tahun, kulit sudah tidak begitu kusam seperti sebelum menggunakan sunscreen. Kulit yang dulunya belang, sekarang sudah lumayan rata warnanya.
Dibawah ini adalah 3 rekomendasi sunscreen untuk kamu yang masih bingung memilih sunscreen yang pas untuk kulit maupun kantong!


1. Biore UV Aqua Rich SPF 50+ PA++++


Sunscreen yang satu ini adalah salah satu sunscreen adalanku sehari-hari. Teksturnya sedikit kental menyerupai cream berwarna sedikit kuning dan berbau mirip citrus, lemon whatever you name it. Pokoknya baunya seger!


Sunscreen ini sangat cepat menyerap dikulit dan tidak menimbulkan rasa berminyak ataupun rasa greasy. Sunscreen ini hasil akhirnya matte finish jadi sangat cocok digunakan untuk kalian yang mempuyai jenis kulit berminyak.
Jenis kulitku sendiri lebih ke kombinasi ke kering. Namun, sunscreen Biore ini meskipun hasil akhirnya matte, tidak membuat kulit terasa kering sama sekali. Selain matte finish dan baunya segar, sunscreen ini memiliki SPF 50+ yang tentunya pas jika digunakan beraktifitas diluar ruangan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sunscreen ini berjenis Chemical Sunscreen maka dari itu disarankan untuk diaplikasikan ke kulit wajah paling tidak 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari. Hal itu dikarenakan sunscreen berjenis chemical, membutuhkan waktu lebih lama untuk aktif bekerja.

Sunscreen Biore UV Aqua Rich ini juga diklaim lebih tahan terhadap keringat dan air! Jadi nggak gampang luntur! Selain itu memakai sunscreen ini sama sekali tidak menambah warna di kulit wajah. Kan, kadang ada tuh yang pake sunscreen tapi malah bikin kulit putih wagu. Nah, kalo sunscreen biore ini bener-bener transparan! Nggak menimbulkan white cast juga diwajah.
Hanya saja harga dari sunscreen ini cukup mahal yaitu sekitar Rp. 120.000,- untuk ukuran 50gr  namun harga ini bisa berubah tergantung online shop atau offline store tempat kalian membeli sunscreen ini.

 2. Emina Sun Protection SPF 30 PA +++

Emina Sun Protection SPF 30 PA +++ ukuran 15ml

Merasa Biore UV Aqua SPF 50+ terlalu mahal? Tenang saja! Sudah aku siapkan solusinya untuk kalian. Yep! Kalian bisa coba Emina Sun Protection SPF 30 PA +++. Sunscreen ini menurutku mempunyai tekstur, bau dan hasil akhir yang mirip dengan Biore UV Aqua Rich. 
Emina Sunscreen ini sangat ringan seperti Sunscreen Biore UV Aqua Rich. Mudh meresap kedalam kulit. Transparan! Nggak menimbulkan white cast juga!
Menurutku sih, Emina Sun Protection SPF 30 PA +++ ini bisa dibilang DUPE-nya Biore UV Aqua Rich SPF 50+ PA++++ dengan  harga yang jauh lebih hemat.

Sama seperti Biore UV Aqua Rich, Sunscreen Emina ini juga merupakan sunscreen berjenis Chemical. Sehingga dalam pemakaiannya harus menunggu sekitar 15 menit agar sunscreen dapat bekerja secara aktif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
Jika Biore UV Aqua Rich untuk ukuran 50gr dibanderol dengan harga kisaran Rp. 120.000,- maka Emina Sun protection hanya dibanderol dengan harga Rp. 29.000,- untuk ukuran 60ml dan untuk ukuran 15ml saya lupa pastinya berapa.
Emina Sun Protection ukuran 15ml
Dengan hasil akhir slightly matte finish, Emina Sun Protection ini saya kira juga bakal cocok digunakan dijenis kulit apa saja. Sunscreen ini juga tidak menimbulkan rasa greasy atau berminyak saat diaplikasikan ke kulit wajah. Sayangnya Sunscreen Emina ini hanya menyediakan SPF 30. Semoga saja Emina segera merilis sunscreen dengan kandungan SPF 50. :)

 3. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++



Rekomendasi sunscreen terbaik dengan harga terjangkau versi Niia yang terakhir adalah Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

Berbeda dengan kedua sunscreen diatas yang memiliki tekstuk kental creamy, Skin Aqua memiliki tekstur yang cenderung cair namun masih kental dengan warna putih susu. Sunscreen ini tergolong ringan dan mudah meresap dikulit. Namun sunscreen Skin Aqua cenderung sedikit lebih lama untuk meresap ke kulit jika dibandingkan dengan kedua sunscreen diatas.





Sunscreen ini mengandung vitamin E dan B5 yang juga dapat menutrisi kulit, melembabkan dan mempertahankan elastisitas kulit. Untuk review lebih lengkap  dari Sunscreen Skin Aqua UV Moisture Milk ini silahkan baca postingan berikut Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

Untuk harganya sendiri Sunscreen Skin Aqua ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 45.000,- bisa berubah tergantung dimana kamu membeli sunscreen ini.


Semoga rekomendasi Suncsreen diatas dapat membantu teman-teman yang sedang mencari sunscreen yang cocok untuk dipakai sehari-hari. Terima kasih sudah membaca!

SEE YOU ON MY NEXT POST!! 💛