11 Juli 2018


Hy guys how are you?

Welcome to my blog!

Sedikit berbeda dengan topik sebelumnya, kali ini aku mau share tentang pengalamanku mengikuti acara Disovery. Apa itu Discovery? Read on!

Discovery merupakan program yang diselenggarakan oleh Komisi Kerasulan Keluarga - Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Program ini bertujuan untuk membantu pasangan muda-mudi yang sedang berpacaran serius atau sedang mempersiapkan pernikahan untuk mengenal diri dan pasangan serta belajar berkomunikasi dengan lebih baik.


    Layaknya Kursus Persiapan Pernikahan (KPP) / Membangun Rumah Tangga (MRT), acara ini diadakan hampir di setiap paroki di KAJ dengan jadwal yang berbeda-beda jadi kita bisa memilih jadwal sendiri. Tapi perlu aku tekankan kalau Discovery ini berbeda dengan KPP/MRT ya, Discovery nggak wajib sedangkan KPP/MRT wajib diikuti oleh pasangan yang akan menikah secara katolik.

    Aku dan pacarku memilih mengikuti acara Discovery ini di Gereja St. Andreas - Kedoya, Sabtu, 19 Mei 2018. Acara dimulai (sesuai jadwal) tepat pukul 08.30 WIB. Diawali dengan perkenalan panitia, tim, sharer dan peserta. Acara diikuti oleh ± 16 pasang peserta, menurut aku jumlah yang cukup ideal, kalau terlalu banyak kadang aku kurang fokus hehe. Kursi sudah ditata perpasang dan diberi jarak agak jauh dengan pasangan lainnya.



    Acara ini dibagi dalam 5 sesi pokok. Setiap sesi diawali dengan sharing pasutri tentang pengalaman hidup mereka (topik sharing sesuai dengan topik per sesi), kemudian dilanjutkan pengolahan pribadi dengan mengisi kuisioner dengan jujur (tanya jawab) dan mendiskusikannya dengan pasangan masing-masing. Setiap jawaban yang kita tulis di lembar kuisioner nggak dikumpulkan ke panitia kok, jadi tenang aja, hanya pasangan kita yang tau..

    5 sesi pokok yang dibahas dalan Discovery yaitu:

    1. Arti Cinta
    2. Penemuan Diri
    3. Harapan - Harapan
    4. Komunikasi
    5. Seksualitas

    --o--

    Nah, penasaran kan apa saja yang dibahas dalam tiap sesi? Berikut aku kasih sedikit bocorannya, let's jump right!


    Sesi 1 Arti Cinta
    Sesi ini merupakan sesi paling ringan karena pertanyaan dalam kuisioner pun hanya membahas tentang apa itu cinta, cinta sejati, cinta romantis, hal-hal yang membuat kita merasa dicintai oleh pasangan dan sebaliknya. Pada sesi ini peserta masih senyum-senyum manjah saat membahas topik Arti Cinta.

    Sesi 2 Penemuan Diri
    Sesi Arti Cinta berlangsung dengan hangat dan lanjut ke sesi 2, pada sesi kedua ini pertanyaan dalam kuisioner semakin detail, sesi ini membahas tentang diri kita masing-masing, tentang keluarga/hubungan kita dengan keluarga/pengaruh keluarga, sifat-sifat yang disukai atau nggak disukai oleh pasangan. Maskipun baru sesi 2, aku dan pacarku menemukan beberapa hal baru yang ternyata belum kami ketahui satu sama lain tentang pasangan kami.



    Sesi 3 Harapan - Harapan
    Pada sesi ketiga ini kita diajak untuk membahas tentang harapan-harapan terutama harapan setelah berumah tangga. Pertanyaan dalam kuisioner semakin sulit, dan kita benar-benar diminta untuk selalu mengisinya dengan jujur. 

    Hal-hal yang dibahas mengenai cita-cita, penyesuaian diri, pengelolaan keuangan keluarga, rencana memiliki keturunan & pendidikan anak, agama anak (khusus untuk yang beda agama), hubungan dengan saudara ipar dan mertua, tentang pertengkaran dan siapa yang harus meminta maaf.

    Aku sendiri merasa cukup kesulitan dalam mengisi kuisioner pada sesi ini, tapi sekali lagi kita harus jujur, karena apapun jawaban kita harus didiskusikan dengan pasangan.




    Sesi 4 Komunikasi
    1 hal dasar dari sebuah hubungan adalah komunikasi, hal ini juga yang membuat aku secara pribadi tertarik untuk mengikuti Discovery, aku merasa komonikasi sering menjadi masalah besar dalam hubungaku dengan pacarku.

    Dalam sesi ini kita diajak berdiskusi tentang berkomunikasi sampai pada perasaan, bukan hanya pikiran. Ternyata masih banyak orang yang nggak bisa membedakan antara pikiran dan perasaan, itulah sebabnya sering terjadi miss communication dalam sebuah hubungan.

    Dalam sesi ini setiap pasang diminta untu duduk berhadapan dan "ngobrol" sambil menatap pasangan masing-masing. Kita juga diajak untuk menjadi pendengar yang baik.

    Sesi 5 Seksualitas
    Pada sesi ini kita membahas tentang bagaimana kita memandang arti seksualitas, menyukai sesama jenis dan seksualitas sebelum pernikahan. 


    --o--



    Setiap sesi berjalan dengan hangat, santai dan penuh canda tawa. Dalam setiap sesinya beberapa peserta diminta untuk menceritakan hasil diskusinya dengan pasangan masing-masing. Semakin lama semakin terlihat kepribadian masing-masing peserta, pokonya seru banget, nggak ada kata bosan. Apalagi panitia pembawa acaranya pasutri Adri - Endah sangat interaktif dan membawakan setiap topik dengan singkat & jelas. Aku sangat menikmati setiap moment dalam acara ini.



    Pada pergantian sesi selalu diselingi dengan toilet break, coffee break ataupun snack, jadi peserta nggak merasa capek sama sekali. Tanpa terasa waktu menunjukkan pukul 16.30 WIB, artinya sudah dipenghujung acara.

    Secara pribadi aku sendiri merasakan manfaat luar biasa setelah mengikuti acara ini. Ternyata banyak sekali pertanyaan yang cukup mengejutkan setiap sesinya. Banyak sekali hal yang belum aku bahas dengan pasanganku, padahal hal tersebut harus dibahas sebelum pernikahan.



    Aku menjadi lebih mengenal diri sendiri dan pasangan setelah mengikuti acara ini, kami jadi lebih terbuka satu sama lain dan jadi lebih mendiskusikan hal-hal sekecil apapun dalam hubungan kami. Aku sedikit menyesal kenapa nggak ikut acara ini dari dulu, hehehe ya sudah lah, aku akan lebih menyesal kalau aku nggak ikut acara ini.

    Nah, kabar baiknya, acara Discovery sekarang terbuka untuk semua umat beragama di muka bumi ini hehehe, nggak terbatas untuk yang beragama katolik saja, jadi teman-teman non kristiani bisa banget ikutan acara ini.




    Syarat Umum Peserta:
    1. Agama tidak dibatasi,
    2. Belum Pernah Menikah,
    3. Tidak ada batasan umur / fleksibel ,
    4. Peserta sudah berpasangan/berpacaran dan harus datang/hadir dengan calon pasangan tersebut.
    5. Pasangan yang  masih di tahap (awal) pacaran juga boleh hadir (tidak harus sudah di tahap (akhir) bertunangan)

    Jadi buat kalian yang belum ikut, yuk buruan ikut, jangan ditunda lagi. Buat yang sudah ikutan, yuk share pengalaman kalian di kolom komentar.
    Thanks for reading, see you on my next post.


    More Info:
    Website || Discovery KAJ
    Papan pengumuman di Gereja


    Disclaimer: Foto & poster adalah dokumentasi panitia Discovery 19 Mei 2018.