04 April 2018

Makeup di jaman now seakan sudah menjadi "kebutuhan primer" bagi kaum hawa, bahkan banyak dari meraka yang nggak PD keluar rumah tanpa makeup, minimal banget mereka pakai lip gloss atau sun screen, siapa yang kayak gini hayo? yang senyum-senyum sendiri pasti kayak gini kan? Hehehe.



Jujur aja aku terbilang masih newbie banget di dunia kecantikan, aku pertama kali kenal lipstik, bedak dan teman-temannya sekitar bulan April 2016. Aku beli lipstik, bedak dan pelembab, dari merk yang sama. Untuk mengaplikasikan 3 item itu aku cukup modal niat aja, aplikasikan tipis di wajahku sesuai petunjuk yang ada pada masing-masing kemasan.

Beberapa bulan kemudia aku mulai tertarik untuk pakai maskara, eyeshadow, blush on dan BB cream, sampai saat itupun aku masih belajar secara otodidak tanpa mengikuti makeup class, cukup melihat tutorial di Instagram/Youtube aja  dan hasilnya pun masih segitu-gitu aja, nggak ada perkembangan sama sekali, hanya cukup untuk daily look aja.

Aku yang memiliki hobby menulis di blog dengan random topic sejak lama, mulai tertarik pada dunia beauty blogging pada September 2017 dan sejak saat itu aku mulai lebih giat belajar tentang makeup. Bagaimana caraku belajar makeup? Belajar langsung dengan MUA atau liat tutorial beauty vlogger? Let's jump in!



Awalnya memang aku cukup lihat tutorial di Instagram/Youtube, tapi jujur aja aku merasa kesulitan untuk mengikutinya kalau hanya lewat tutorial, karena pada  nggak ada yang bisa menilai makeup yang telah aku aplikasikan ke wajahku. Akhirnya aku mulai ikut makeup class, baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Dan sampai sekarang aku lebih memilih belajar langsung dari MUA melalui makeup class dari pada belajar langsung dari tutorial vlogger yang ada di media sosial.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk belajar dan menangkap sesuatu yang baru, seperti aku misalnya, meskipun jaman sudah canggih, kita bisa akses media sosial kapanpun dan dimanapaun tapi untuk belajar makeup aku merasa kesulitan kalau untuk belajar otodidak, karena aku nggak tau produk yang mereka pakai itu cocok atau nggak untuk kulitku yang sawo matang ini dan tipe kulitku yang berminyak, itulah sebabnya nggak banyak beauty vlogger yang aku follow hehehe.



Setiap cara pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa aja kelebihan dan kekurangan belajar makeup dari MUA dibandingkan dengan belajar otodidak dari beauty vlogger? Yuk kita cari tau.

Kelebihan:
1. Belajar lebih maksimal karena bisa bertanya langsung pada MUA tentang teknik ataupun cara aplikasinya
2. Bisa minta penilaian atas makeup yang telah diaplikasikan
3. Kalau ikut makeup class dari brand makeup yang berbayar kadang bisa dapat sertifikat

Kekurangan:
1. Boros, karena harus mengeluarkan uang untuk makeup class
2. Waktu dan tempat untuk belajar terbatas
3. Kurang bisa bereksperimen karena kita akan cenderung mengikuti apa kata MUA

Cara belajar itu relatif, setiap orang memiliki cara belajar masing-masing. Apa yang lebih mudah menurutku belum tentu mudah juga bagi orang lain, begitu juga sebaliknya. 

Sampai sekarang pun aku masih belum banyak tau tentang makeup, aku masih butuh banyak belajar dan berlatih. Walaupun aku nggak punya kenginan jadi MUA untuk makeup orang lain, tapi setidaknya aku ingin bisa makeup wajahku sendiri hehehe.

Kalau kalian gimana girls? lebih suka belajar makeup secara otodidak atau belajar langsung dari MUA? yuk share di kolom komentar. Thanks for reading, see you on my next post.