26 Maret 2018




Hy girls, how are you?
Welcome to my blog.

Apa sih yang terlintas di benak kalian kalau dengar kata kopi? kenangan bersama mantan? teman lembur? minuman? hitam? atau mungkin pahit?. Ya, mungkin aja kita lebih familiar dengan kata-kata itu kalau kita mendengar kata kopi, tapi selain dinikmati dengan cara diminum, kopi yang hitam dan pahit ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang sangat mudah dalam pembuatannya lho. Kafein yang merupakan salah satu kandungan dalam kopi memiliki banyak manfaat untuk kulit. 

Sebelum mengaplikasikan kopi sebagai masker wajah, yuk kita cari tahu dulu, apa sih manfaatnya bagi wajah kita.
√ Mengangkat sel kulit mati
√ Menghilangkan noda hitam, komedo dan bekas jerawat
√ Mengontrol minyak berlebih
√ Melembabkan kulit
√ Melembutkan dan menghaluskan kulit
√ Mencerahkan kulit yang kusam
√ Mengencangkan kulit

Setelah mengetahui apa aja manfaat maskeran menggunakan kopi, sekarang yuk kita buat masker sederhana yang pastinya dengan bahan-bahan alami yang aman, mudah dapatkan dan pastinya harganya terjangkau banget kok.





1. Kopi dan Madu

Semua orang pastinya udah tau dong ya manfaat baik madu, selain untuk kesehatan tubuh, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Menyampurkan bubuk kopi hitam dan madu berkhasiat untuk mengatasi wajah yang kering dan membuat wajah lebih kencang juga mencegah penuaan dini sehingga kita terlihat lebih awet muda loh girls. Aku juga selalu mengoleskan madu di bibir biar bibir nggak kering.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi hitam dan madu secukupnya
2. Aduk kedua bahan sampai kental
3. Oleskan masker ke wajah dengan  kuas wajah, diamkan 20-30 menit
4. Bilas dengan air dingin




2. Kopi dan Gula

Siapa sih yang nggak kenal gula pasir? benda manis semanis penulis blog ini mudah banget ditemui, bahkan hampir setiap hari kita mengonsumsinya. Campuran bubuk kopi dan gula pasir dapat meratakan tekstur wajah kita girls.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi dan gula secukupnya
2. Tambahkan air secukupnya / sampai kental
3. Aduk bahan sampai rata
4. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah atau tangan, diamkan 20 menit
5. Bilas dengan air dingin





3. Kopi dan Lemon

Siapa yang suka minum infused water dengan campuran lemon? Aku suka banget. Yuk sesekali pakai lemonmu untuk maskeran. Kandungan vitamin C pada lemon bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membunuh kuman penyebab jerawat. 

Selain itu campuran bubuk kopi dan lemon sangat cocok untuk wajah yang berminyak, karena kandungan sifat asamnya dapat mengontrol kandungan minyak di wajah, dimana minyak inilah yang menyebabkan jerawat. 

Nggak usah kuatir kalau nggak ada lemon girls, diganti pakai jeruk nipis juga bisa kok. Tapi kalau kalian memiliki banyak jerawat baru di wajah, aku nggak saranin memakai campuran lemon ataupun jeruk nipis karena bisa menimbulkan efek perih di wajah.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi dan perasan lemon secukupnya
2. Tambahkan air jika masih terlalu kental
3. Aduk bahan sampai rata
4. Oleskan masker ke wajah dengan ujung jari, diamkan 20-30 menit
5. Bilas dengan air dingin





4. Kopi dan Yogurt Tawar

Yogurt adalah makanan olahan yang bermanfaat untuk sistem percernaan, tapi yogurt juga bermanfaat untuk menyegarkan kulit  wajah, karena asam hidroksi alpha yang terkandung dalam yogurt dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih segar.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan bubuk kopi dan yogurt tawar secukupnya
2. Aduk kedua bahan sampai rata
3. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah, diamkan 20 menit
4. Bilas dengan air dingin



5. Kopi dan Susu

Please jangan mbayangin segelas kopi susu panas yang nikmat untuk disruput sambil baca buku dikala hujan turun hahaha. Selain nikmat untuk disruput campuran bubuk kopi dan susu murni juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati sehingga bisa mencerahkan dan membuat kulit wajah terlihat lebih segar loh, jadi gimana, mau tetap disruput atau buat maskeran?

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan kopi dan susu murni secukupnya
2. Aduk bahan sampai kental
3. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah, diamkan 20 menit
4. Pijat perlahan dan bilas dengan air dingin


6. Kopi dan Putih Telur

Putih telur tentunya udah terkenal banget di dunia per maskeran dong ya girls? Selain punya banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan proteinnya, telur juga punya banyak manfaat untuk kecantikan seperti melembutkan kulit wajah, menghilangkan komedo, mengencangkan kulit, menyamarkan noda hitam dan menyamarkan mata panda.

Cara membuat membuat dan memakainya:
1. Campurkan secukupnya bubuk kopi dan putih telur (1 butir telur ambil putihnya aja)
2. Aduk kedua bahan sampai kental
3. Oleskan masker ke wajah dengan kuas wajah, diamkan 15 menit
4. Bilas dengan air dingin


Kalau kalian anak kost seperti aku atau yang merasa sulit untuk mencapatkan bahan-bahan campuran seperti di atas, nggak perlu khawatir girls, bubuk kopi dan air aja bisa kok buat maskeran.

Nah gimana girls, mudah kan buatnya? selain bahan-bahannya mudah didapat, harganya juga terjangkau banget kan? nggak bikin kantong bolong pokoknya. Yuk jaga kesehatan kulit wajah kita dengan bahan-bahan alami, selamat mencoba ya girls.


Catatan:
  • Bubuk kopi bisa dari bubuk kopi kemasan yang dijual di minimarket, tapi aku selalu pakai biji kopi murni dan grinding sendiri.
  • Takaran yang biasa aku pakai 1-2 sdm bubuk kopi, dan bahan campurannya menyesuaikan tekstur atau kekentalan yang diinginkan.
  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum menggunakan masker.
  • Hindari penggunaan di area mata dan bibir.
  • Masker dengan bahan-bahan alami nggak memberikan hasil secara instan ya girls, gunakan masker secara rutin (1-2 kali seminggu) untuk hasil yang maksimal.
  • Meskipun menggunakan bahan alami, efek samping tetap ada bagi yang memiliki kulit sensitif ataupun memiliki alergi.
  • Untuk menghindari efek samping kalian bisa mencobanya terlebih dahulu pada bagian belakang telinga, kalau nggak memerah ataupun gatal itu artinya kalian nggak punya alergi dari bahan-bahan tersebut.
  • Masker ini nggak cuma buat perempuan aja kok, tapi juga bisa kaum adam, aku biasa maskeran bareng sama pacarku hehe.
  • Aku udah coba semua resep masker ini, dan semuanya cocok di wajahku (tipe wajahku oily), tapi perlu diperhatikan bahwa semua yang cocok di wajahku belum tentu cocok di wajah kalian, begitu juga sebaliknya ya girls.
Masker kopi + madu


Postingan ini merupakan bagian dari BEAUTY POST COLLABORATION yang diselenggaran oleh Komunitas Beauty Blogger & Vlogger. Liat juga yuk resep masker lainnya dari Puspa Anggita, biar semakin banyak referensi kalau mau buat masker sendiri.  




Kalau kalian punya resep lain untuk DIY masker, yuk tulis komentar di kolom komentar. Thanks for reading, see you on my next post.