13 Februari 2018


Hy girls,
Aku kembali dengan topik Do It Yourself (DIY), topik yang sebenarnya jarang aku bahas di sini tapi kali ini aku mau bahas tentang DIY Face Mist / Setting Spray. Jauh sebelum aku kenal make up, aku udah suka pakai face mist, awalnya karena ikut-ikutan teman aja, lama-lama merasakan juga manfaatnya.

Apa itu face mist dan untuk apa fungsinya?
Face mist adalah salah satu penyegar wajah yang memiliki banyak manfaat untuk wajah. Face mist dibuat dengan kandungan lebih banyak air untuk menutrisi, mencegah kulit kusam dan menghidrasi wajah agar wajah selalu lembab, oh iya, face mist ini juga bisa digunakan sebagai setting spray yang bisa dipakai sebelum mengaplikasikan make up, agar make up menempel sempurna ke wajah, nggak cracky dan make up juga jadi lebih tahan lama.

Awalnya aku selalu beli face mist sampai habis beberapa botol, tapi setelah baca blog para beauty blogger yang membahas tentang DIY face mist, akhirnya aku coba dan ketagihan. Sekarang yuk kita bahas bagaimana cara membuatnya dan apa saja yang perlu disiapkan.


Alat & Bahan

1. Botol Spray Kosong
Botol spray kosong ini bisa kita dapatkan di toko kosmetik, girls shop ataupun di pedagang jepit keliling. Harganya bervariasi dari 5K - 15K. Ukuran yang ideal biasanya 30-100 ml. Aku pakai botol bekas face mist yang aku beli sebelumnya. Oh iya girls, jangan lupa cuci bersih dan rendam botol dengan air hangat sebelum menggunakan botol tersebut ya.

2. Air Mineral
Aku pakai air Aqua yang praktis dan selalu ada di rumah, kalian bisa menggantinya dengan air mineral merk apapun.

3. Air Mawar
Aku pakai air mawar merk Viva yang murah meriah dan legendaris ini, harganya ± 5K, kalian juga bisa menggantinya dengan air mawar merk apapun.

4. Air Lemon (Optional)
Aku pakai air lemon merk Viva juga, harganya ± 5K, kalian juga bisa menggantinya dengan air mawar merk apapun. Sebenarnya ini tambahan aja untuk yang memiliki wajah berminyak / berjerawat seperti aku, jika kalian memiliki wajah normal atau kering, air lemon ini bisa di skip kok.





Cara membuat:
Masukkan air mineral ke dalam botol, ± 80ml, atau bisa dikira-kira secukupnya aja.

Kemudian tambahkan air mawar ± 10 ml, atau bisa dikira-kira secukupnya aja.

Tambahkan air lemon ± 10 ml atau bisa di skip.
Kocok botol agar air tercampur sempurna

Setelah selesai, face mist bisa langsung digunakan dengan cara menyemprotkannya ke wajah.

Nah, gimana girls, gampang dan praktis banget bukan? Karena ± 80% kandungan face mist ini adalah air, jadi aman banget digunakan. Oh iya, karena terbuat dari air mineral tanpa bahan pengawet, aku selalu pakai face mist dalam satu botol ini nggak lebih dari 3 minggu setelah itu harus dibuang dan buat lagi yang baru.

Aku suka banget sama face mist ini, karena selain lebih hemat bikinnya juga gampang kan? Aku selalu pakai face mist setiap saat agar wajah selalu lembab, aku juga selalu membawa face mist kemanapun aku pergi, aku pakai botol ukuran 30ml yang khusus aku bawa bepergian, lebih kecil dan praktis, botol yang 100ml aku pakai di rumah aja, karena bahannya murah juga jadi nggak perlu hemat-hemat pakainya, kalau habis langsung bikin lagi aja hahahaha.

 Tips:
1.   Semprotkan face mist dengan gerakan menyilang agar kandungan air dari face mist terkena merata ke seluruh wajah.
2.   Semprotkan face mist dengan jarak 10-15 cm dari wajah.
3.   Jika digunakan sebagai setting spraytap-tap wajah setelahnya, sebelum mengaplikasikan make up, semprotkan lagi face mist setelah selesai mengaplikasikan make up.

Sebenarnya penggunaan face mist ini lebih cocok untuk kering dan normal, tapi jika kalian memiliki jenis kulit wajah berminyak atau berjerawat seperti aku, nggak ada salahnya juga pakai face mist, apa lagi kalau cuaca lagi panas dan gerah, cocok banget semprot face mist agar wajah lebih segar dan terhidrasi.

Kalau kalian tertarik nggak bikin face mist sendiri? Mudah-mudahan cukup membantu kalian yang mau bikin face mist juga ya. Kalau ada saran atau pertanyaan, bisa langsung tulis di kolom komentar. Thanks for reading, see you on my next post.