Siapkan Bahan Yang Diperlukan 

Untuk membuat manisan mangga muda sangat mudah sebenranya. Bahan yang digunakan juga cukup mudah didapatkan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk meracik manisan:

Bahan Sirup Manisan A, antara lain:

Air sebanyak 100 mililiter
Gula pasir sebanyak 250 gram
Garam sebanyak 1 sendok makan

Bahan Sirup Manisan B, antara lain:

Air sebanyak 500 mililiter
Gula pasir sebanyak 250 gram
pewarna makanan warna kuning
Mangga hampalam muda sebanyak 1 kilogram.Setelah semua bahan lengkap, saatnya meracik manisan mangga muda Anda. Adapun langkah demi langkahnya sebagai berikut:
Buah mangga yang telah dipotong-potong memanjang direndam di dalam air yang telah dicampur dengan kapur sirih secukupnya.
Diamkan selama 40 menit. Setelah itu tiriskan dan cuci bersih agar kapur sirih hilang sempurna dari mangga hampalam. Jika tidak cermat, rasa pahit dan getir kapur sirih akan lengket ke mangga. Setelah bersih, simpan mangga muda di dalam stoples kaca. Tutup rapat.
Selanjutnya, siapkan bahan dari Sirup Manisan A. Rebus gula pasir tersebut bersama air dan tambahkan garam secukupnya. Terus rebus hingga mendidih. Setelah itu matikan api dan dinginkan air sirup.
Setelah sirup dingin, tuang ke dalam stopless tempat mangga hampalam disimpan. Setelah sirup masuk sempurna, tutup rapat stopless dan diamkan semalam penuh.
Besoknya, buang air sirup dari dalam stopless. Selanjutnya, olah bahan Sirup B. Rebus air bersama gula dan kembali dinginkan dan tambahkan pewarna makanan warna kuning . Setelah itu masukkan lagi ke dalam stopless seperti sirup A. Diamkan selama 40 menit dengan dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Saat hendak disajikan, pisahkan air gula dari mangga Porsi manisan mangga hampalam  muda ini muat untuk 10 orang. Paling nikmat disajikan dengan tumbukan cabe dan garam.