Melihat venue Asian Games 2018 dengan fun run menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Seperti itulah yang kami rasakan saat mengikuti Fun Run Asian Games 2018 di Palembang. Kawasan Jakabaring Sport City sebagai tempat perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia ini dikenalkan sebagai seluruh peserta fun run.

Para peserta berlari sejauh 6,3 km mengitari Jakabaring sport City melewati venue-venue yang akan digunakan untuk pertandingan cabang olahraga Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Bersama Gubernur Sumsel Fun Run Asian Games 2018

Event yang sama pada Minggu, 1 Juli 2018 juga digelar di Jakarta, yakni di Gelora Bung Karno.  Untuk di Palembang,  Fun Run digelar di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) dengan start dan finish di depan stadion utama Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia (OCA) Dewan Olympiade Asia bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) merupakan salah satu cara mempromosikan dan mensosialisasikan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang.

Seluruh venue yang akan menjadi arena pertandingan pada penyelenggaraan Asian Games 2018 di Kompleks Jakabaring Sport City atau JSC Palembang telah selesai pembangunannya. Masyarakat pun diajak untuk mengenal berbagai bangunan yang akan menjadi saksi sejarah Asian Games 2018 tersebut.

Kurang dari 50 hari lagi pesta olahraga terbesar Asia akan digelar di Jakarta – Palembang. Dewan Olimpiade Asia (OCA) bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI ) semakin gencar mensosialisasikan multi-event olahraga empat tahunan itu seperti event Fun Run untuk Indonesia ini.

Tepat pukul 06.00 WIB, gubernur Sumatera Selatan bersama Kapolda Sumatera Selatan dan Pangdam 2 Sriwijaya  melepas peserta Fun Run. Kami pun mulai berlari dari depan pintu utama Stadion Gelora Sriwijaya. Lalu melewati Venue Aquatic, Stadion Atletik, Venue Dayung. Setelah itu melewati venue voli pantai dan venue menembak. Para peserta memang diajak untuk melihat langsung venue yang akan dipakai saat Asian Games nantinya.

Setelah melewati venue-venue di kawasan  Jakabaring Sport City, kami pun menuju garis finish.  Peserta yang sudah mengikuti fun run mendapatkan reward medali. Lebih dari 2 ribu masyarakat Palembang ikut berpartisipasi sebagai peserta kegiatan tersebut.

Medali Fun Run Asian Games 2018

Jakabaring Sport City dipilih menjadi lokasi event fun run ini juga sebagai salah satu cara mengenalkan berbagai venue yang akan menjadi tempat pertandingan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Media Director OCA Jeans Zhou Jian mengatakan jika perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta –  Palembang ini membuat sejarah. Untuk pertama kali OCA menggelar event di Korea Utara dan Irak negara yang baru selesai perang. Nantinya Korea Utara juga akan ikut menjadi peserta Asian Games.

Event Fun Run ini digelar di 29 negara dan 31 kota 2 negara dengan dua kota yakni Indonesia dan Iran.  Pemilihan 29 negara ini  berdasarkan faktor keamanan.

Event fun run di Indonesia sengaja digelar hampir mendekati pelaksanaan Asian Games.  Hal ini dikarenakan agar atmosfer Asian Games semakin terasa.

Sebagai bentuk kegiatan untuk mempromosikan Asian Games dan meningkatkan euforia Asian Games di Palembang,  event ini sudah mendapatkan tujuannya.

Meskipun memang ada banyak kekurangan disana-sini dalam penyelenggaraan event fun run ini.  Seperti race organizer yang terkesan seadanya.   Saya sendiri secara pribadi tidak berlari secara maksimal Jika kualitas lari mungkin dapat saya katakan Saya hanya berlari hanya sekitar 50% saja. Tapi kembali lagi karena ini fun run jadi fun fun saja ya.

Tentunya dengan adanya fun run ini Asean Games di Palembang semakin dikenal oleh masyarakat dan semakin banyak yang peduli terhadap Asian Games. Mari kita doakan agar perhelatan ASEAN yang di Palembang dan Jakarta ini sukses tidak hanya sukses sebagai tuan rumah namun juga sukses prestasi.



https://youtu.be/tXh1l_ejCoU