Tempat wisata Makassar yang dapat dikunjungi saat liburan sangat banyak. Apalagi Makassar merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang wajib masuk dalam list traveling. Berbagai destinasi wisata menarik mulai dari wisata sejarah, budaya, kuliner hingga wisata khusus untuk anak-anak juga banyak tersedia di kota Angin Mamiri.

Sebagai kota terbesar di provinsi Sulawesi Selatan, Makassar ternyata menjadi salah satu kota yang ingin dikunjungi.  Makassar pun bisa dinikmati saat traveling sendiri, bersama teman atau jika berwisata dengan buah hati maupun para keponakan kita. Berikut beberapa destinasi wisata di Makassar yang bisa dikunjungi.

Museum Balla Lompoa

Tidak ada salahnya berwisata sejarah, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Salah satu tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi saat berada di Sulawesi Selatan adalah Museum Balla Lompoa. Disini kita bisa mengenang keadidayaan Kerajaan Gowa. Dalam museum ini, kita bisa menemukan benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa. Sesuai dengan namanya, museum ini pun berdesain seperti rumah besar khas Bugis. Tersedia pula pemandu yang dapat menjelaskan sejarah kehebatan Kerajaan Gowa. Selain itu disini kita juga bisa menggunakan Baju Bodo, pakaian adat Makassar.


Sumber photo validnews

Kerajaan Gowa merupakan salah satu kerajaan terbesar di Sulawesi. Sebelum menjadi bagian dari Indonesia, Kerajaan Gowa telah tumbuh dan berkembang menjadi kerajaan yang kuat, berani, serta sejahtera. Bahkan mampu memberikan perlawanan yang sengit kepada VOC yang dilengkapi dukungan persenjataan yang lebih canggih.

Benteng Rotterdam

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Makassar yakni Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam. Benteng ini didirikan pada tahun 1545 oleh Raja Gosa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallona dan diberi nama Benteng Ujung Pandang. Pendudukan oleh Belanda membuat benteng ini berubah nama menjadi Fort Rotterdam. Benteng ini termasuk benteng yang paling terawat dan terawet di Indonesia.


Sumber photo Google

Bersih dan asri adalah kesan pertama saat kita menginjakkan kaki di benteng ini. Sehingga membuat pengalaman mengunjunginya semakin berkesan. Anda dan si kecil pun dapat mempelajari sejarah Kerajaan Gowa serta mendalami budaya leluhur di museum La Galigo yang terdapat di dalam komplek benteng ini. Letaknya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya 1 km dari Pantai Losari.

Baca juga : Jangan Ngaku Traveller Kalau Belum Kunjungi 7 Tempat Wisata di Film Berikut!

Kawasan Adat Ammatoa

Tidak ada salahnya mengenal tradisi leluhur di negeri Angin Mamiri. Kita bisa berkunjung ke kawasan Adat Ammatoa. Disini kita bisa mengenal kebudayaan lokal. Kawasan Adat Ammatoa terletak di Kecamatan Kajang, Bulukumba. Jangan kaget ketika  menemukan penduduk desa yang sangat tradisional dan berpakaian serba hitam, sebab masyarakat suku Kajang Dalam yang mendiami kawasan ini memang menolak modernisasi. Artinya tidak ada listrik, tidak ada hal-hal berbau teknologi, dan tidak ada alas kaki.


Sumber photo Google

Pakaian serba hitam merupakan simbol dari keseragaman dalam keserdahanaan dan kedekatan dengan sang pencipta. Di kawasan adat ini, Anda bisa belajar sekaligus mengajarkan ke anak pentingnya melestarikan lingkungan, sebab suku Kajang Dalam memanfaatkan hutan secara berkelanjutan. Suku Kajang Dalam menganggap hutan sebagai sumber kehidupan sehingga perlu dijaga dan dimanfaatkan sewajarnya saja. Selain itu Anda juga dapat melihat rumah-rumah adat berbentuk panggung yang biasanya terbuat dari bahan-bahan alam.


Bugis Water Park

Bugis Waterpark terletak di Jalan Sektor Mahamero, Antang, Makassar. Taman bermain air ini merupakan salah satu wahana permainan air terbesar yang ada di Sulawesi. Wahana yang ada di Bugis Waterpark pun dinamai dengan bahasa daerah seperti perosotan ganda yang disebut Tappasorong, terowongan seluncur yang gelap disebut Mapettang, dan sungai dengan arus buatan yang disebut Wae Massolo.


Sumber photo pinterest

Pihak pengelola pun terus berupaya menambah jumlah wahana permainan, sehingga Anda dapat bemain sepuasnya bersama si kecil.

Baca juga : Objek Wisata Bukittinggi Menarik dan Unik

Taman Maccini Sombala

Siapa bilang Makassar tidak punya ruang terbuka.  Salah satu taman yang terkenal yakni Taman Maccini Sombala. Taman yang terletak di Jalan Nuri Baru, Kota Makassar ini merupakan lahan terbuka hijau yang digagas oleh Pemerintah Kota Makassar sebagai sarana hiburan bagi warganya.Taman ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti jogging track, air mancur, lapangan terbuka untuk anak-anak bermain, serta gazebo untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan hijau dan kanal-kanal buatan.


Sumber photo KMS

Taman ini juga merupakan taman serbaguna sehingga sering digunakan untuk pertunjukan seni. Kita juga bisa belajar bagaimana caranya berkebun bersama si buah hati karena di taman ini terdapat kebun-kebun yang ditanami buah buahan, sayur mayur, dan aneka tanaman obat.

Gowa Discovery Park

Selain Bugis Water Park, Kota Makassar juga memiliki wahana permainan air lainnya yaitu Gowa Discovery Park. Terletak di Jalan Tumanurung, Kota Makassar, Gowa Discovery Water Park memiliki wahana permainan yang cukup lengkap seperti kolam arus, kolam balita, dan seluncur air sehingga tidak mudah bosan.


Sumber photo Google

Selain wahana permainan air, di kawasan Gowa Discovery Park juga terdapat wahana outbound dan Taman Burung. Taman Burung menampung sedikitnya 19 jenis satwa unggas yang tidak bisa Anda temukan di sembarang tempat.

Sekolah Alam Bosowa

Bagi yang berwisata dengan anak ataupun keponakan bisa datang ke Sekolah Alam Bosowa, disini kita  dapat mengajarkan kesederhanaan kepada anak ataupun keponakan kita. Bahkan bisa memperkenalkan permainan-permainan edukatif tentang alam dan budaya.

Anak-anak dapat sepenuhnya menjadi anak-anak di Sekolah Alam Bosowa. Mereka bisa bermain air, lumpur, bahkan berkebun, sembari berinteraksi dengan anak-anak lainnya.


Sumber photo inilina.com

Dengan demikian bukan hanya baik untuk perkembangan motoriknya, bermain di Sekolah Alam Bosowa juga baik untuk perkembangan kognitif dan emosional buah hati Anda. Sekolah Alam Bosowa terletak di Jalan Danau Tj. Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar.

Nah sudah tahu destinasi mana saja yang akan dikunungi saat berada di Makassar. Karena penerbangan ke Makassar cukup lama, sebaiknya memilih penerbangan yang menyediakan in-flight enterntainment, contohnya Batik Air.