Rambut adalah mahkota bagi wanita, maka dari itu, kita harus menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat. Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh wanita. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya rambut rontok yaitu stres, adanya perubahan hormonal, sedang mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu, seperti antikoagulan (obat yang mengurangi kemampuan darah untuk membeku) atau beta-blocker (digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi), flu, dan lain-lain.
Tetapi jangan khawatir, terdapat banyak bahan alami yang bisa mengatasi rambut rontok tersebut.

5 Cara Mengatasi rambut rontok dengan bahan alami

1. Minyak kemiri



Minyak Kemiri telah digunakan sejak zaman dahulu, secara turun temurun untuk menyehatkan dan melebatkan rambut. Minyak kemiri memiliki kandungan mineral alami lengkap seperti zat besi, kalium, kalsium dan sebagainya sehingga berfungsi menyehatkan rambut dan meransang pertumbuhan rambut baru.

Cara Penggunaan :
- Blender buah kemiri dengan air secukupnya, sampai halus,
- Saring 
- Siapkan kuali atau panci untuk mendidihkan. Aduk lama, sampai jadi minyak sampai airnya menguap dan tersisa putih-putihnya.
- Minyak kemiri harus benar-benar matang, tandanya adalah kerak minyak warnanya coklat pekat atau nyaris hitam, hal itu udah menandakan minyak kemiri udah masak dan siap pakai.
- Setelah itu ambil keraknya, lalu peras kembali dengan menggunakan kain, sampai keluar keraknya kering, sampai tidak keluar minyak lagi
- Ambil botol kosong, lalu tuangkan minyak kemiri kedalam botol tersebut.
- Minyak siap dipakai

2 .Lidah Buaya 



Sudah tidak diragukan lagi, lidah buaya memang bahan yang  ampuh untuk mengtasi kerontokan. Kandungan vitamin dan mineral dalam gel lidah buaya berfungsi merangsang pertumbuhan rambut baru dari akar, memperbaiki sel jaringan rambut yang rusak, dan mampu menghitamkan rambut secara alami.

Cara Penggunaan :
- Cuci bersih lidah buaya, lalu belah menjadi dua bagian
- Ambil daging lidah buaya lalu taruh ke dalam mangkok
- Campur sedikit minyak zaitun untuk membuat rambut menjadi berkilau
- Oleskan ke seluruh rambut, terutama akar rambut.
- Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Santan



Selain untuk membuat masakan menjadi lebih sedap  ternyata santan juga memiliki khasiat mengatasi masalah rambut. Kandungan protein, vitamin B, zat besi, kalsium berkhasiat unutk mengatasi masalah kerontokan pada rambut. 

Cara Penggunaan : 
- Gunakan kelapa yang telah tua kemudian kupas dan parut isi kelapa tersebut.
- Kemudian masukkan dalam kain yang tipis lalu peras.
- Setelah diperas, masukkan ke dalam mangkuk.
- Kemudian usapkan ke rambut secara merata dan pijat dengan lembut.
- Diamkan beberapa menit
- Bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

4. Bawang Merah

Selain digunakan untuk bumbu dapur, bawang putih ternyata bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Kandungan antibakteri yang ada di dalam bawang merah mampu membuat bakteri yang menyebabkan kerontokan di kulit kepala menjadi hilang begitu saja.

Cara Penggunaan :
- Kupas bawang merah, lalu haluskan
- Usapkan pada rambut
- Tunggu hingga 30 menit
- Bilas hingga bersih

5.  Teh Hijau


Teh hijau dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok karena kandungan dalam teh hijau terdapat antioksidan yang bermanfaat melindungi rambut dari polusi yang biasa terjadi akibat terkena udara luar.

Cara Penggunaan :
- Seduh Teh Hijau lalu diamkan semalaman
- Gunakan langsung pada rambut
- Diamkan selama 30 menit
- Bilas hingga bersih