Girls, berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, pori-pori besar adalah alasan utama wanita mulai menggunakan skincare. Skin care adalah produk untuk merawat yang akan memberikan efek ke depan dan terlihat hasilnya tidak saat pemakaian pertama. Sejak usia dini, kita sudah disarankan menggunakan skincare agar dapat menjaga dan merawat kulit sebelum timbulnya berbagai masalah kulit. Perawatan kulit khas orang Korea sangat kompleks dan beragam jenisnya, tergantung dari tujuan yang dicapai. Orang Korea sendiri bisa menggunakan 5-10 produk skincare pada pagi dan malam hari.  Ketika produk skincare Korea kebanyakan mahal dan susah dicari, mengapa tidak menggunakan produk Indonesia dengan urutan skincare Korea?
Berikut adalah 10 urutan skincare dengan produk lokal:

1.Cleansing
Menggunakan makeup atau tidak, sangat penting untuk membersihkan wajah karena sebum dan kotoran yang menempel di wajah dapat menimbulkan jerawat dan komedo. Produk cleansing ini memiliki banyak variasi, ada yang dalam bentuk oil, water, cleansing wipes, juga foam. Metode double cleansing artinya membersihkan dengan pembersih sebelum menggunakan pembersih berbentuk foam. Ovale Micellar Cleansing Water ini sudah teruji secara dermatologi & hypoallergenic dalam mengangkat sisa kotoran di wajah. Harganya juga dibawah Rp. 50.000 loh!

2.Facial Cleanser
Setelah menggunakan produk cleanser, selanjutnya wajib mencuci muka dengan produk facial cleanser berbentuk krim, atau juga foam. Sensatia Botanical Acne Clarifying Facial Cleanser yang tidak ada kandungan SLS (Sodium Laureth Sulfate) atau detergen dan tanpa tambahan zat paraben. Harganya hanya sekitar-an Rp.190.000.
3.Exfoliating
Langkah ini penting karena eksfoliasi merupakan proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah yang perlu dilakukan untuk merangsang produksi sel kulit baru dan membuat wajah tampak lebih cerah. Emina Sugar Rush Face Scrub adalah salah satu pilihan produk eksfoliasi. Produk ini merupakan produk perawatan wajah yang dibuat dari kombinasi dari partikel kecil gula dan olive oil untuk mengangkat sel kulit mati tanpa rasa sakit sehingga kulit menjadi bersih dan segar. Harganya juga terjangkau loh, dibawah Rp. 50.000!

4.Toning
Toner adalah salah satu rangkaian produk skincare yang dapat digunakan untuk memaksimalkan proses perawatan kulit agar tampak terlihat sehat. Toner dapat mengembalikan kondisi kelembapan kulit (pH) setelah proses cuci muka, dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sensatia Botanicals Neroli Blossom Facial Toner ini adalah produk Indonesia yang berbahan alami. Harganya sekitar-an Rp. 160.000 saja!

5. Essence
Produk essence umumnya mengandung bahan-bahan yang menutrisi kulit dan dapat meningkatkan efektivitas produk-produk skincare yang akan digunakan selanjutnya. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence ini lagi digandrungi banyak wanita Indonesia karena menawarkan lima macam keunggulan, yakni sebagai anti-aging, mencerahkan, melembapkan, mengurangi.dark spot, serta memberikan kilau alami pada kulit wajah. Harganya Rp. 289.000.

6.Serum
Serum memiliki daya kerja lebih kuat daripada moisturizer karena tektur bahannya cepat meresap, dan membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. Tiap serum memiliki kandungan yang ditargetkan untuk kebutuhan kulit secara lebih spesifik, seperti serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit, atau serum yang mengandung snail extract yang dikenal dapat memperbaiki struktur kulit dan memperkecil pori-pori. Wardah White Secret Serum terdapat Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga sebagai kandungan yang mampu memberi treatment pada kulit yang mengalami kerusakan akibat radikal bebas. Produk ini dijual dengan harga Rp. 69.000.

7. Sheet Mask
Sheet mask jadi salah satu produk skincare yang diidolakan banyak orang. Selain praktis, sheet mask ini juga kaya manfaat. Indonesia juga punya produk sheet mask, salah satunya adalah La Tulipe Sheet Mask. Harganya terjangkau dibawah Rp. 20.000.

8. Eye Cream
Kulit area mata perlu mendapat perhatian lebih dalam ritual perawatan wajah setiap hari, loh. Selain rentan mengalami kerutan, area di sekitar mata yang cenderung lebih tipis sehingga mudah mengalami berbagai keluhan, seperti lingkar hitam serta kantung mata saat tubuh kelelahan. Agar penampilan tetap terjaga sebaiknya jaga kelembapan kulit di area mata dengan produk eye cream. Solusi Organic Revolution Eye Cream adalah produk dari Martha Tilaar ini dilengkapi formula anti wrinkle untuk mengurangi garis halus dan kerut di area mata yang lebih tipis. Harganya Rp. 135.000.

9.
Moisturizer
Manfaat pelembab wajah adalah sudah pasti untuk melembabkan wajah. Setelah seharian beraa di luar ruangan, maka kulit wajah mungkin akan terasa tidak nyaman, sehingga membutuhkan pelembab wajah agar kulit wajah, selalu terlihat segar. Manfaat lainnya dari pelembab wajah adalah dapat mencegah kulit wajah menjadi kering. Wardah Hydrating Aloe Vera Gel adalah salah satu contoh produk baik untuk digunakan sehari-hari karena menggunakan bahan dasar aloe vera atau lidah buaya yang sudah terbukti memiliki banyak kegunaan untuk menjaga kesehatan sekaligus mengatasi masalah pada kulit. Harganya Rp. 34.000

10. Sun Protection
Sun Protection adalah krim yang bisa melindungi kulit wajah kita agar pigmen kulit kita tidak cepat terbakar oleh matahari. Sun Protection ini sangat penting apalagi jika ingin melakukan aktivitas di luar rumah, lebih baik menggunakan sun protection terlebih dahulu. Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ memiliki tekstur ringan yang membantu melindungi kulitmu dari sinar UV di hari yang aktif. Diperkaya juga dengan Aloe Vera Extract dan Emollient untuk memberikan kelembaban ekstrak pada kulit. Harganya Rp. 24.000, loh.



Nah, itu dia urutan skincare Korea dengan rekomendasi produk Indonesia. By the way, urutan skincare itu tidak wajib untuk diikutin satu persatu jadi sesuai kebutuhan kulit kalian saja. Kulit setiap orang berbeda jadi kebutuhan skincare nya juga berbeda-beda. Jika menurut kalian sudah cukup menggunakan beberapa produk, maka tidak perlu untuk mengikuti semua urutan seperti di atas ya, girls. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih!