Haloha Assalamualaikum kali ini oliv mau me-review BB Cushion dari Zoya Cosmetics. Zoya Cosmetics Flawless Mineral Cushion adalah produk base makeup dengan Teknologi Korea pertama di Indonesia. Menggunakan formula dari Korea yang telah disesuaikan dengan kondisi kulit perempuan Indonesia. Zoya Cosmetics Flawless Mineral Cushiondengan kemampuan all-in-one, dapat menutup noda di wajah dengan sempurna, melindungi kulit dari sinar matahari dan mengontrol minyak berlebih. Membuat kulit tampak halus, lembut dan bebas kilap.


Pertanyaan pertama kenapa aku tertarik membeli dan membahasnya di blog ? Karena ini adalah kosmetik mineral based pertama yang aku punya. Sebagian besar artikel yang aku baca mengatakan bahwa biasanya, produk dengan label dan kandungan mineral ini memiliki klaim tidak menggunakan bahan-bahan kimiawi yang berbahaya untuk kulit. Sehingga produk berbahan dasar mineral ini tergolong aman bagi kulit sensitive.

For your information guys..

Apa yang membedakan kosmetik mineral dengan kosmetik lainnya?

Kosmetik dengan label kosmetik mineral diformulasikan dari bahan-bahan mineral dan cenderung tak mengandung pewarna, pewangi, hingga pengawet buatan. Bahan mineral yang biasa kamu temukan dalam kosmetik adalah titanium dioxide, zinc oxide, iron oxides, atau mica. Bahan-bahan ini digerus sampai sangat halus dan dijadikan bubuk kosmetik.
Karena tanpa bahan kosmetik buatan, kosmetik jenis ini diklaim tergolong aman untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan alergi. Bahkan bagi yang berjerawat, kosmetik mineral biasanya adalah jenis yang disarankan. Namun, Anda juga harus pintar dalam membaca label kandungan produk. Memiliki label mineral tak berarti produk ini mengandung 100% bahan mineral, ada juga produk yang mencatumkan label mineral karena hanya ada kandungan mineralnya, so rajin-rajinlah membaca kandungan suatu produk ya guys


Nah jadi super menarik kan bahasan kali ini, jadi apakah produk zoya ini benar-benar 100% mineral, dan sebagus itu ? Let’s jump into the review.


Packaging


Packagingnya like another bb cushion but what makes it different form another bb cushion packaging? Of course the colour , omaigad it’s super duper cute. It’s so me~
Travel friendly lengkap dengan puff dan kaca ~


Nah ini dia detail packagingnya
-------------------------------------------
Volume 15gr
Product Measures     7.2x7.2x3
BPOM NA18180300369
Shade Sand
Harga 131.250

Shade


Shadenya hanya ada dua yaitu sand dan translucent. Karena memang kekurangan dari mineral makeup ini adalah warnanya terbatas, jadi mungkin kamu akan kesulitan menemukan yang cocok dengan warna kulit yang kamu miliki.

Tekstur dan Wangi



Teksturnya liquid namun tidak seencer air ya girls. Wanginya hampir tidak tercium, karena memang ketika aku lihat di komposisi kandungan fragrance ada di area urutan akhir.

Kandungan



Ini yang paling menarik buat aku untuk dibahas dan diulik lebih dalam~ Nah ini dia kandungan dari Zoya Cosmetics Flawless Mineral Cushion (lihat foto dibawah)

Urutan pertama dari komposisinya adalah Water, meskipun demikian ini bukanlah kosmetik berbahan dasar air. Lalu ? Kamu harus mencermati kandungan lain setelahnya, ternyata setelah water, urutan kedua adalah titanium dioxide. Titanium dioxide, zinc oxide, iron oxides, atau mica adalah salah satu jenis mineral. Hayo pasti kalian familiar kan dengan kandungan titanium dioxide ? Tentu saja karena mineral yang satu ini biasa digunakan dalam produk sunscreen / tabir surya, titanium dioxide merupakan bahan tabir surya alami. Mineral ini juga membantu memberikan efek wajah yang lebih bersinar karena daya pantul cahayanya lebih tinggi dibanding berlian. Mineral ini juga membantu menyamarkan noda di kulit dan dapat menyejukkan kulit yang teriritasi. Selain itu didalam produk ini juga terdapat iron oxides.

Apa fungsi dari iron oxides ?
 Iron Oxides di dalam produk kosmetik berfungsi membantu kandungan produk menyatu dengan kulit dan menyesuaikan dengan warna kulit.

Selanjutnya ..kandungan ketiga adalah cyclopentasiloxane ? Apa itu cyclopentasiloxane ?
cyclopentasiloxane  adalah salah satu jenis silicon
Salah satu keunggulan silikon adalah kemampuannya untuk membentuk lapisan yang akan mengunci kelembapan kulit. Namun, lapisan ini pun dapat mengunci kotoran, keringat, sebum, serta sel kulit mati di bawahnya.Jadi hal ini tentu dapat menyebabkan masalah, mulai dari pori-pori yang tersumbat, hingga jerawat. Jadi bersihkan  kulitmu secara sempurna ya girls setelah memakai produk ini. Hal ini untuk mencegah adanya sisa silikon di atas kulit yang dapat terakumulasi dan menyumbat pori-pori, atau menghalangi proses penyerapan produk skincare kamu berikutnya secara maksimal.



Selanjutnya adalah Ethylhexyl Methoxycinnamate ?Apakah itu ?
Fungsi dari bahan ini adalah menyerap, dan merefleksikan sinar UV, memproteksi kulit dari terbakarnya sinar matahari.

Kesimpulannya, produk ini tidak 100 persen merupakan mineral based cosmetics karena memang makeup mineral yang berbentuk cair (liquid) atau mousse, kemungkinan produk ini akan mengandung bahan bahan lain yang digunakan untuk menghaluskan teksturnya, selain itu juga ada tambahan pelembap, vitamin antioksidan, dan lain-lain. Kesimpulannya dari segi kandungan aku semacam mengalami hate-love relationship, love karena sudah terdapat proteksi dari sinar matahari, hate karena bahan-bahan silikon masih mejeng di urutan utama.


Klaim




Perfect Coverage, 1st Indonesian Cushion with Korean Technology, Formulated in Korea ,UV Protection, Blur Effect ,Flawless with Matte Finish, Soft Puff imported from Japan, Travel Friendly, For All Skin Type.

Hasil



Tips untuk menghasilkan perfect coverage, karena ini adalah mineral make-up jadi kamu harus mengaplikasikannya layer per layer, tidak bisa langsung tebal dan banyak karena pasti akan cakey.
Hasilnya glowing diawal namun lama kelamaan akan menjadi matte. Sedangkan untuk klaim for all skin types. Setelah melihat kandungannya aku rasa produk ini lebih cocok untuk kulit kering, dan kurang disarankan untuk kulit berminyak juga sensitive. Mengapa ?

Karena mineral oil dapat menahan kadar air secara sangat efektif sehingga kulit menjadi terlalu lembab. Tapi jika kulit kamu sangat kering, minyak mineral sangat membantu. Namun, jika kulit kamu berminyak, penggunaan minyak mineral tidak terlalu diperlukan, justru membuat kulit kamu semakin berminyak. Hal ini yang menyebabkan kulit kamu berjerawat.

Uji Ketahanan



Zoya Cosmetics Flawless Mineral Cushion  memberikan ketahanan perfect coverage hingga 5 jam di kulit aku yang jenisnya adalah normal to oily . Ketika sudah 8 jam dibagian dahi sudah memudar, kalian bisa melihat bahwa bekas jerawat aku sudah tidak tertutupi lagi dan mulai timbul minyak diberbagai tempat plus oxidize.

Repurchase

No, bukan karena ga suka, tapi aku adalah  seorang beauty blogger dan vlogger yang suka sekali mencoba berbagai produk baru. Jadi kalau suatu produk sudah habis otomatis aku akan menggantikannya dengan produk yang lain. Rekomendasi dari aku produk ini cocok untuk kamu yang mempunyai jenis kulit kering, mineral based cosmetics ? oh yeah it must be super good on your skin dan buat kamu yang suka dengan produk-produk yang sudah teruji kehalalannya, produk ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

Sekian, semoga bermanfaat