Siapa yang nggak mengenal dan menyukai bakso. Semua orang mulai dari anak kecil hingga dewasa begitu menyukai bakso. Dulu zaman sekolah janjian nongkrong sama teman "ngebakso dimana nih"! Pokoknya bakso jadi makanan favorit sampai sekarang.  Bakso memiliki bentuk bulat dengan tekstur halus dan sedikit kasar. Bentuknya yang  nggak neko-neko alias sederhana membuat orang banyak jatuh cinta dan jadi penikmat bakso. 

Bakso sebenarnya berasal dari seni kuliner Tionghoa. Istilah bakso sendiri berasal dari kata 'bak' dan 'so' yang dalam bahasa Hokkien sendiri berarti daging babi giling. Tapi mengingat kebanyakan penduduk Indonesia beragama Islam, maka pemakaian bahan baku bakso mengalami perubahan yaitu menggunakan daging halal seperti daging giling sapi, ikan, atau ayam. Apalagi bakso saat ini diolah lebih bervariasi.

Meskipun bakso sudah menjadi makanan jajanan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, kita juga harus waspada dengan campuran daging yang diolah dalam bakso. Menurut Standart Nasional Indonesia (SNI)-01-3818-1995 bakso yang baik harus memiliki campuran daging dengan kadar daging yang tidak kurang dari 50%. Tingkat penggunaan daging setelah dicampur dengan bahan lainnya adalah setengahnya. Perlu diwaspadai juga banyaknya kasus yang sering kita temui dimana bakso dengan campuran boraks untuk mmebuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging dan biasanya lebih awet. Bahaya mengonsumsi makanan berkadar boraks akibatnya jangka panjang loh. Kurang dari 5 sampai 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati memilih dan mengonsumsi bakso ya.


Bonanza Beef Bakso

Berlatarbelakang maraknya bakso yang ditambahi boraks dan pengawet, GGF (Great Giant Foods) melaunching produk baru yakni Bonanza Beef Bakso dengan tujuan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat bahwa konsumsi bakso sapi merupakan salah satu Budaya Kuliner Indonesia yang dicintai dan aman dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk kalangan menengah keatas yang disajikan kepada dunia sebagai salah satu masakan Indonesia yang sehat dan mudah menyajikannya.

Launching Bonanza Beef Bakso dilakukan tanggal 9 Mei 2018 bertempat di Kolega x MarkPlus, Coworking Space, Kuningan Jakarta Selatan. Bonanza Beef Bakso ini hadir bertepatan sekali menjelang bulan Ramadan, dengan harapan bakso yang satu ini bisa jadi alternatif untuk menu sahur, maupun menu berbuka. Wah, sedap banget ini saya sudah nggak sabar pengin mengolah menu variasi bakso ini.

Dayu Ariasintawati selaku Managing Director PT Great Giant Livestock (GGL) pada saat launching Bonanza Beef Bakso mengatakan, " Kami ingin memebrikan konsumen alternatif bakso sebagai makanan yang mudah dimasak sendiri dan disajikan secara segar dari bakso murni daging sapi tanpa tambahan zat pengawet, karena masyarakat Indonesia berhak mendapatkan pilihan makanan yang baik dan berkualitas".

Dayu Ariasintawati (tengah) - Emilia E Achmadi (kanan)


Protein Hewani Memenuhi Kelengkapan Gizi

Daging sapi yang digunakan dalam Bonanza Beef Bakso berasal adri peternakan daging sapi sendiri yang dirawat dengan menerapkan Good Farming Practise yang menjamin Kesejahteraan hewan (Animal Welfare), Keamanan Pangan (Food Safety) dan diproses secara halal dan Good Manufacturing Practice.

Bonanza Beef Bakso mengandung 84% daging sapi (100% daging sapi, tidak mengandung daging tambahan lain), tanpa menggunakan pengawet, diproses secara halal dan aman, dan dijamin kualitasnya. Pada kesempatan yang sama di launching Bonanza Beef Bakso, Emilia E. Achmadi selaku Ahli Gizi mengatakan meskipun sempat konsumsi daging sapi rendah karena kekhawatiran isu pencampuran daging sapi dan penggunaan bahan pengawet, kebutuhan nutrisi yang berasal dari daging sapi saat ini bagi masyarakat Indonesia masih tinggi. Yang penting tetap berhati-hati dalam memilih produk yang akan dikonsumsi.

Daging sapi memiliki kandungan yang baik dan penting untuk metabolisme dalam sel tubuh, sebagai salah satu sumber protein yang merupakan komoditas bernilai tinggi. Dengan demikian konsumsi protein hewani secara teratur akan menjadikan tubuh kita memperoleh asupan pangan nutrisi secara berimbang. Soalnya banyak kalangan masyarakat yang melakukan program diet tanpa konsumsi produk hewani, dan ini malah menjadi gaya hidup mereka. Padahal meskipun sedang melakukan program diet sebenarnya asupan protein hewani tetap dibutuhkan biar nggak kekurangan gizi.


Masak Praktis dengan Bonanza Beef Bakso

Bagi para ibu yang namanya mempersiapkan menu untuk sahur dan berbuka puasa sudah jadi aktivitas yang tak terlewatkan selama Ramadan. Begitu juga dengan saya. Sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita bekerja selama Ramadan biasanya saya menyiapkan menu dengan mengolah makanan praktis. Soalnya kalau berlama-lama di dapur bikin jenuh, apalagi bulan Ramadan penginnya lebih banyak beribadah. Makanya saya senang banget ada produk baru dari Bonanza Beef Bakso, saya sudah membayangkan menu praktis apa saja yang akan saya buat untuk sahur dan berbuka.

Sop Bakso Bonanza
Bonanza Beef Bakso ini tekstur dagingnya halus dan sedikit kasar. Saya memang lebih suka tekstur bakso yang ada kasarnya karena benar-benar diolah dari daging sapi asli tanpa campuran bahan lain. Kalau bakso yang tekstrunya terlalu halus dan kenyal nggak pernah saya makan karena khawatir dengan tambahan bahan lain pada baksonya. Dan Beef Bonanza Bakso benar-benar berasa daging sapinya, bahkan saat saya memasak sop dengan bakso Beef Bonanza Bakso kuah sopnya terasa ada kaldu daging sapinya. Mungkin karena saya merebus baksonya terlebih dahulu agak lama jadi kaldunya keluar. 

Tumis Sayur Bakso
Biasanya saya makan bakso tanpa mie. Jadi cuma semangkok bakso dengan sayuran, tahu, dan sambal. Apalagi kalau pedasnya nampol ditambah minum es campur, haha ini sih mertua lewat nggak kelihatan saking enaknya. Ngomong-ngomong nggak pake berlama-lama saya nyobain Bonanza Beef Bakso sebagai persiapan untuk sahur dan berbuka Ramadan nanti. Ada sop bakso, nasi goreng bakso, dan tumis sayur bakso. Ketiga menu ini benar-benar praktis nggak perlu berlama-lama di dapur hehe. Mudah-mudahan puasa saya lancar, ibadah lancar, masak untuk sahur dan berbuka juga lancar. 

Nasi Goreng Bakso Bonanza
Oh ya, produk Bonanza Beef Bakso tersedia dalam satu kantung berukuran 500 gram, isinya baksonya ada 30 butir. Bakso Bonanza dijual dengan harga eceran 85 ribu per bungkus. Kita bisa beli bakso ini di sejumlah ritel modern seperti  Superindo, Ranch Market, Farmers Market, Papaya, Lulu market, Market City dan Hero yang ada di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung. Yuk ah cobain Beef Bonanza Bakso nya. Lebih jelasnya mengenai informasi Bonanza Beef Bakso bisa cek Instagram, Facebook dan Website nya juga ya.