Sabun Khusus Area Kewanitaan Aman Digunakan Sehari-hari

Sudahkah kita membersihkan area kewanitaan kita dengan benar? Biasanya pakai sabun apa nih? Nggak pakai sabun badan kan?

Area kewanitaan jangan dianggap sepele ya girls. Ini adalah area paling sensitif bagi wanita yang harus dijaga dan diperhatikan dengan merawatnya menggunakan sabun yang cocok untuk area kewanitaan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nielsen kepada 1000 wanita di Asia lebih dari 40% wanita masih menggunakan sabun badan untuk membersihkan area kewanitaannya. Padahal penggunaan sabun badan tersebut bisa berdampak kurang baik pada area kewanitaan kita.

Mungkin bagi sebagian orang karena sabun badan sering kita gunakan sehari-hari untuk mandi jadi sekaligus aja bersihin area kewanitaan dengan sabun badan, padahal kulit badan dengan kulit area kewanitaan nggak sama loh. Area kewanitaan kita itu lebih sensitif, harus menggunakan sabun khusus yang pH nya sesuai. Karena ketidakseimbangan pH pada area kewanitaan bisa membuat area kewanitaan kering, bahkan salah membersihkan area kewanitaan dapat menyebabkan infeksi juga, seperti infeksi panggul, infeksi saluran kencing, infertilitas, kerusakan sistem imun tubuh, sampai infeksi menyeluruh (sepsis). Trus sabun apa dong yang cocok dan bisa dipakai sehari-hari?

Tanggal 24 April 2018 lalu bertempat di Glass House The Ritz Carlton Pacific Place Senayan Jakarta, Betadine meluncurkan produk terbaru berupa sabun khusus area kewanitaan yang aman digunakan sehari-hari. Kalau sebelumnya ada sabun khusus berupa antiseptik untuk permasalahan area kewanitaan yang nggak boleh digunakan setiap hari, Betadine brand  yang kita kenal dan sudah terpercaya dalam pencegahan dan infeksi memperkenalkan Betadine Feminine Wash, produk pembersih khusus kewanitaan sehari-hari.

Sabun Khusus Area Kewanitaan
Betadine Feminine Wash dalam bentuk busa, cairan dan tisu

Mundipharma Perusahaan Trademark Betadine Turut Membantu Pemerintah Dalam Menjalankan Germas

Pada saat peluncuran Betadine Feminine Wash, Mada Shinta Dewi - Country Manager Mundipharma Indonesia memaparkan mengenai perusahaan yang merupakan trademark Betadine yakni Mundipharma. Mundipharma sendiri sudah berumur 60 tahun. Banyak orang menyangka Betadine adalah produk dalam negeri, sebenarnya Betadine produk luar tetapi sudah 35 tahun Betadine di produksi di Indonesia. Betadine sendiri sekarang ini sudah berusia 55 tahun dan dipercaya di kalangan kesehatan karena efektivitasnya. Visi dari Mundipharma adalah menjadi pioner layanan kesehatan bagi manusia. Sedangkan misi Mundipharma adalah untuk meringankan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup umat manusia. 

Semenjak tahun 2016 Mundipharma sering memberikan edukasi ke masyarakat untuk membantu pemerintah. Mundipharma di Indonesia nggak cuma fokus pada pemasaran produk saja, tetapi lebih penting lagi kepada aktivitas memberikan edukasi untuk kepentingan kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dalam menjalankan misinya Mundipharma berperan aktif dan bekerjasama dengan pemerintah, seperti pada Desember lalu Mundipharma menandatangi nota kesepahaman dengan Kementrian Republik Indonesia untuk membantu pemerintah dalam menjalankan Germas (Gerakan Masyarakat Sehat).

Sabun Untuk Area Kewanitaan
Mada Shinta Dewi
Apa peran Mundipharma dalam memberi edukasi kepada masyarakat terkait area kewanitaan? Bagi sebagian masyarakat kita membicarakan area kewanitan masih menjadi hal yang sensitif atau tabu kan ya. Tetapi di era sekarang ini dimana informasi sudah terbuka pemahaman yang benar mengenai area kewanitaan menjadi penting, terutama bagi ibu-ibu yang punya anak perempuan. Agar kita bicara area kewanitaan bukan hanya menjadi milik orang dewasa atau bagi wanita yang sudah menikah. Padahal saat anak perempuan kita sudah akil baligh itu adalah saat yang tepat untuk membicarakan seputar area kewanitaan. Mulai memahami dan mengetahui bagaimana menjaga kesehatan area kewanitaan.

Khusus untuk peningkatan edukasi terkait kesehatan area kewanitaan Mundipharma sudah menggelar beberapa rangkaian edukasi kepada ibu-ibu PKK diberbagai kota di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan terutama disaat menstruasi. Pada Mei 2017 lalu Mundipharma Indonesia mendukung Kementrian Kesehatan untuk mencanangkan tanggal 28 Mei diperingati sebagai Menstrual Hygiene Day. Dan 28 Mei merupakan simbol 2805 artinya siklus 28 yang berlangsung selama 5 hari seperti siklus menstruasi.

Harga Betadine Feminine Wash

Dalam mendukung Germas, Mundipharma mendukung Kementrian Kesehatan RI dan Perhimpunan Obstetric Gynekology Indonesia dengan mencetak ribuan buku edukasi tentang kesehatan reproduksi dan area kewanitaan yang akan dibagikan kepada remaja putri SMP dan SMA di Indonesia. Dengan meluncurkan varian baru Betadine Feminine Wash dengan inovasi terbaru dari Betadine bisa menjadi mitra bagi wanita Indonesia dalam menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. Betadine bisa menjadi referensi sebagai brand yang menjamin mutu dan kualitas.


Area Kewanitaan Perlu Dibersihkan Setiap Hari

Menurut dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia untuk menjaga kesehatan area kewanitaan maka area tersebut harus dibersihkan setiap hari. Area kewanitaan memiliki tingkat pH alami di angka 3,8 - 4,2. Keseimbangan pH alami ini harus dijaga agar bakteri baik di area kewanitaan tetap mendominasi. Bakteri baik ini berguna untuk mencegah area kewanitaan kita dari berbagai gejala infeksi seperti gatal, bau, dan keputihan berlebih.

Sabun Area Kewanitaan
dr. Mery Sulastri
Salah satu senyawa yang mampu membantu pertumbuhan bakteri baik di area intim kita adalah prebiotik. Prebiotik fungsinya sebagai nutrisi bagi perkembangan bakteri baik di area kewanitaan, jadi bisa tetap menjaga tingkat pH normal di area kewanitaan.

Oleh karena itu dr. Mery menyarankan agar kita memilih pembersih area kewanitaan yang memiliki pH sesuai dengan pH alami area kewanitaan, jangan menggunakan body wash atau sabun badan. Membersihkan area kewanitaan dengan sabun badan justru akan membuat kemeringan pada kulit area kewanitaan kita dan bisa menyebabkan peradangan.

Betadine Feminine Wash Inovasi Terbaru dari Betadine

Kini Betadine berinovasi mengeluarkan Betadine Feminine Wash sebagai pembersih area kewanitaan sehari-hari. Adi Prabowo, Marketing and Innovation Regional Mundipharma (Asia Pacific, Latin America, Africa,Middle East) mengatakan sebelumnya Betadine sudah memiliki Betadine Feminine Hygiene yaitu antiseptik untuk mengatasi kuman disaat ada risiko infeksi seperti pada saat menstruasi. Dengan inovasi terbaru dari Betadine meluncurkan Betadine Feminine Wash menjawab kekhawatiran perempuan dalam membersihkan area kewanitaan sehari-hari. Betadine Feminine Wash memiliki kandungan prebiotik dan formula alami TRI-CAREā„¢ yang membantu pertumbuhan bakteri baik serta menjaga keseimbangan pH alami wanita.

Adi Prabowo
Saya jadi penasaran dengan formula alami yang terkandung didalam Betadine Feminine Wash ini, apalagi ada 4 varian yang dihadirkan. Menurut mas Adi Betadine menyadari kalau karakteristik setiap perempuan berbeda-beda, makanya Betadine mengeluarkan 4 varian yang disesuaikan dengan kebutuhan. 

Empat Varian Betadine Feminine Wash

1. Gentle Protection 

Bermanfaat memberikan perlindungan antioksidan dari bunga Immortelle dan cocok digunakan di hari-hari normal. Bunga Immortelle dikenal sebagai bunga abadi yang memiliki sifat anti mikroba dan anti oksidan alami sehingga memberikan kelembutan dan mengurangi iritasi kulit. 

2. Fresh and Active

Dengan tambahan Lemon Verbena untuk kesegaran lebih lama, cocok digunakan saat berolahraga atau aktivitas yang banyak menimbulkan keringat.

3. Odour Control

Mengandung ekstrak alami Witch Hazel untuk perlindungan lebih dari bau tak sedap, cocok digunakan saat beraktivitas panjang (pagi sampai malam), juga untuk aktivitas yang menimbulkan keringat.

4. Moisturising

Dengan ekstrak Calendula Oil untuk kelembapan optimal pada kulit kering di area kewanitaan yang cocok digunakan untuk kondisi kering di area kewanitaan.

Oh ya, Betadine Feminine Wash tersedia dalam bentuk busa, cairan, dan tisu pembersih kewanitaan. Untuk cara penggunaan Betadine Feminine Wash yang berbentuk busa dan cairan dengan menuangkan produk ke tangan yang lembab kemudian basuh pada area kewanitaan dari depan ke belakang, bilas dengan air bersih dan keringkan. Sedangkan untuk Betadine Feminine Wipes Gentle Protection langsung dapat diusapkan ke area kewanitaan. Kelebihan Betadine Feminine Wipes Gentle Protection ini 100% biodegradable sehingga dapat di flush

Harga Betadine Feminine Wash sekitar Rp 45.000 untuk Betadine Feminine Wash Foam 100 ml, Rp 25.000 untuk Betadine Feminine Wash Liquid 50 ml, dan Rp 12.000 untuk Betadine Wipes Gentle Protection isi 10 lembar. Trus belinya dimana? Sekarang Betadine Feminine Wash sudah tersedia minimarket, supermarket, ataupun apotek. Yuk beli Betadine Feminine Wash sesuai kebutuhan dan aktivitas sehari-hari, jadi lebih amankan kalau bisa membersihkan area kewanitaan sehari-hari.